Penyebab asam urat – Makanan pantangan penderita Asam Urat

Makanan pantangan bagi penderita asam uratPenyebab asam urat – Makanan pantangan penderita Asam Urat – Keluhan nyeri pada persendian merupakan ciri dari penyakit artritis, seperti rematik dan asam urat. Rasa sakit yang luarbiasa pada penderita asam urat dikarenakan oleh penumpukan kristal pada persendian. Kristal yang bikin sakit pada persendian  tersebut terbentuk karena tingginya kadar asam urat dalam darah. Pada asam urat, berbagai persendian yang biasa diserang adalah  jari-jari pada kaki dan tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan,  dan siku. Sama dengan ciri penyakit rematik akibat virus, selain rasa nyeri pada persendian penderita pada asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.

Iklan

Berikut Penyebab dan Makanan pantangan bagi penderita asam urat

Sebagian besar pemicu tingginya kadar asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Dan sebagian kecil disebabkan karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penderita asam urat biasanya juga mendapat penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, ginjal, diabetes dan aterosklerosis.  Jika tak diobati atau dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih berat seperti batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause, dan  separuh dari penderita asam urat adalah akibat dari obesitas/ kegemukan.

Pantangan bagi penderita Asam Urat

Selain harus segera diobati, penderita penyakit asam urat juga harus menghindari beberapa hal dan makanan agar proses pengobatan cepat selesai dan tidak kambuh. Setiap penderita bisa memiliki kepekaan sendiri sendiri dengan beberapa zat yang dipantangkan untuk asam urat. Perubahan gaya hidup, mengkonsumsi  obat dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi bisa menjadi solusi untuk mengendalikan asam urat. Walaupun setiap orang belum tentu memiliki sensitivitas terhadap beberapa jenis makanan, sebaiknya anda berhati-hati untuk mengkonsumsinya.

Berikut Daftar Makanan tinggi Purine tiap 100 gramnya:

 Makanan mg/100g  Makanan  mg/100g
 Teobromin (kafein cokelat)  2300  Tahu  108
 Limpa Kambing  773  Tempe  141
 Hati Ayam  243  Kedelai/kacang2an  190
 Jantung Sapi  256  Biji melinjo  222
 Ginjal sapi 269  Daun melinjo  366
 Paru Sapi  339  Jamur Kuping  448
 Lidah sapi  160  kangkung& Bayam  290
 Daging Ayam  169  Jantung Kambing  241
 Dada&kulit Ayam  175  Udang  234
 Hati sapi  554  Ikan teri  239
 Daging bebek  138  Daging Kuda  200
 Lobster  118  Ikan sarden  480
 Kerang  136  Ikan Kakap  160

Pada Intinya, makanan yang bisa menjadi pantangan bagi penderita asam urat meliputi: Alk0hol dan soft drink, daun dan emping melinjo, kacang-kacangan, sayuran (seperti Jamur, bayam, dan kangkung), daging kambing, jeroan dan gajih (lemak), kerang-kerangan, bebek dan kalkun, ikan-ikanan (Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lainnya) dan Es krim.

Berikut beberapa hal yang  dianjurkan untuk mengatasi dan mengurangi asam urat:

@#Konsumsi makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kadar asam urat, agar asam urat tak kambuh lagi bahkan bisa menyembuhkan asam urat.

@#Tidak mengkonsumsi aspirin sebagai obat pengurang rasa sakit, coba ganti dengan jenis ibuprofen dan lainnya.
@#Memperbanyak minum air putih“ agar bagi penderita yang mengidap batu ginjal lebih mudah untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh. Baca >> Ukuran minum air putih yang baik
@#Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung potasium  seperti:

  • Kentang
  • Alpukat
  • Makan Susu dan yogurt
  • Makan Pisang
  • Makan buah-buahan mengandung vitamin C tinggi, seperti jeruk dan strawberry.
Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *