Khasiat Buah Pinang Muda

Khasiat Buah Pinang Muda–Buah pinang sudah akrab semenjak dulu sejak jaman nenek moyang.Pada umumnya buah pinang dipergunakan untuk nyirih (Jawa: nginang), yaitu buah pinang yang dikunyah bersama daun sirih dan kapur.Namun faktanya, orang yang nyirih ternyata memiliki gigi yang utuh hingga mereka renta.Gigi tidak keropos , goyah dan lepas, Benarkah buah pinang yang membuat cengkeraman gusi terhadap gigi menjadi kuat?,,,,dari dulu memang diyakini seperti itu.Khasiat buah pinang muda

Iklan

Tradisi nyirih konon sudah dilakukan oleh bangsa melayu semenjak 500 tahun yang lalu, di daerah asia tenggara yang meliputi Malaysia, Thailand, Srilangka, termasuk Indonesia.Walupun kini tradisi nyirih sudah mulai langka karena perkembangan alat kesehatan, beberapa daerah diindonesia masih ada orang yang masih menjaga tradisi ini.

Manfaat Buah Pinang

Obat cacing alami

Berdasarkan penelitian oleh para ahli, yang dikutip dari The Merck Index, zat yang terkandung didalam buah pinang seperti Arecoline yang merupakan sebuah ester metil-tetrahidrometil-nikotinat yang berwujud minyak basa keras. Dulu, zat tersebut digunakan dalam bentuk arecolinum hydrobromicum yang berfungsi untuk membasmi cacing pita pada hewan seperti unggas, kucing, dan anjing, sebelum ditemukannya obat cacing sintetik, seperti piperazine, tetramisole, dan pyrantel pamoate.

Jika manusia rajin mengkonsumsi pinang muda, penyerapan nutrisi oleh tubuh melalui usus  menjadi maksimal karena akan terbebas dari cacingan. Zat pada pinang muda bersifat alami, jadi masih jauh lebih baik dan aman daripada zat kimia sintetis. Cara mengkonsumsinya sangat mudah, jika buah pinang masih muda, tinggal dikunyah bijinya dan dihisap cairannya. Jika buah pinang sudah agak tua, tinggal diremukkan isinya, kemudian direbus dan air hasil rebusannya diminum.

Baca juga :

Mengencangkan gusi

Senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam biji pinang adalah Arecaidine atau arecaine, Choline atau bilineurine, Guvacine, Guvacoline, dan Tannin dari kelompok ester glukosa yang menggandeng beberapa gugusan pirogalol. Sifat astringent dan hemostatik dari zat tannin inilah yang berkhasiat untuk mengencangkan gusi dan menghentikan perdarahan.

Pinang muda untuk ramuan bagi penderita lemah sy*hwat

Buah pinang muda rasanya yang sedikit asam. Itu diyakini oleh masyarakat Nanggroe Aceh Darusaslam dapat menambah vitalitas hubungan int*m. Menurut salah seorang peramu obat tradisional di daerah tersebut, sudah banyak penderita l*mah sy*hwat yang disembuhkannya dengan cara memberi ramuan buah pinang muda yang dicampur dengan bahan ramuan alam lainnya.

Penderita lemah sy*hwat yang sudah lama menginginkan anak itu, setelah diberi ramuan dari buah pinang muda dengan campuran lainnya, kini mereka telah dianugerahi dua orang anak.

Ambil buah pinang muda dan akar pinang muda (akar yang baru muncul), dan ditumbuk hingga halus. Kemudian, airnya yang sudah disaring dicampur dengan satu sendok madu asli dan sebutir telur ayam kampung kedalam satu gelas dan dikocok sampai merata. Sebaiknya Minum ramuan buah pinang tersebut pada malam sebelum tidur.

Penderita lemah syahw*t dianjurkan meminum ramuan tradisional itu secara rutin selama satu minggu. Lebih baik kalau pasangan suami istri sama-sama meminumnya secara rutin. Dalam masa pengobatan selama seminggu itu, pasangan suami istri dianjurkan tidak melakukan hubungan pasutri.

Pemanfaatan tanaman obat ini jauh tertinggal dibanding dengan negara lain seperti Cina. Padahal, dari temuan masyarakat yang menyatakan khasiat buah pinang muda untuk meningkatkan “vitalitas” dapat dijadikan bahan penelitian masa depan.

Membantu berhenti mer*kok

Khasiat buah pinang muda lainnya adalah untuk membantu seseorang yang berusaha berhenti mer*kok.Banyak yang sudah membuktikan berhasil berhenti mer*kok dengan bantuan buah pinang.Dengan mengkonsumsi buah pinang muda, para perok0k mengaku tak nikmat lagi krtika mer*kok.

Mengonsumsi obat-obat tradisional seperti itu justru lebih baik dan efisien, serta jauh dari risiko daripada obat produk yang mengandung bahan kimia. Walaupun hingga saat ini belum ada temuan ilmiah yang menyatakan ramuan buah pinang muda berkhasiat meningkatkan hubungan pasutri, namun dicoba saja tidak ada salahnya karena alami dan tanpa efek samping.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *