Efek Alk0hol Terhadap Latihan Binaraga

Khasiat dan manfaat bir bagi kesehatanMinum minuman beralkoh0l memang tak ada baiknya bagi kesehatan, terutama memiliki efek buruk pada setiap jenis aktivitas fisik atau olahraga. Meskipun diminum setelah melakukan latihan, alkoh0l pasti tetap tidak ideal untuk penggantian cairan tubuh. Namun kenyataannya masih banyak atlet memilih alkoh0l sebagai obat pilihan. Sayangnya, alkoh0l dapat mengakibatkan dampak negatif baik di dalam maupun setelah di luar lapangan.

Iklan

Terlalu banyak asupan alkoh0l tidak hanya akan mengurangi aliran darah ke otot, sehingga menimbulkan kerusakan dan kelemahan, tetapi juga dapat mengurangi kadar testosteron dalam darah sekaligus meningkatkan transformasi testosteron menjadi estrogen, sehingga retensi cairan meningkat dan mendeposit lemak. Hasil dari minum alk*hol yang berlebihan juga menyebabkan ketidakseimbangan dalam hati, sehingga kadar gula darah menjadi rendah, lemak liver dan akumulasi lemak dalam aliran darah. Terlalu banyak lagi asupan alkoh0l dapat memotong suplai oksigen ke otak dan dapat menyebabkan ‘ blackout ‘ yang akan mematikan ribuan sel-sel otak .

Simak bagaimana alkoh0l dapat membuat kacau terhadap latihan olahraga rutin Anda :

Pemulihan otot yang lambat:

Latihan yang keras akan menguras toko glikogen ( karbohidrat yang tersimpan dalam hati dan otot ) , sehingga jaringan otot membutuhkan perbaikan. Minum alkoh0l saat selesai dengan latihan akan memperlambat proses pemulihan. Konsumsi alkoh0l yang tinggi akan menggeser menggeser karbohidrat dimana yang masih 50 persen lebih rendah dari biasanya bahkan setelah delapan jam. Dianjurkan untuk minum atau makan-makanan kombinasi untuk memperbaiki otot – protein dan karbohidrat, seperti dari susu coklat rendah lemak atau selai kacang dan biskuit gandum.

Menimbun lemak:

Orang yang mengkonsumsi alkoh0l tidak hanya harus berurusan dengan kalori yang berlebihan, tetapi juga tubuh mereka lebih mengutamakan mencerna alkoh0l daripada membakar lemak dan karbohidrat. Alk0hol akan memecah asam amino dan menyimpannya sebagai lemak. Mengkonsumsi terlalu banyak alkoh0lakan  membuat lemak lebih terlihat di daerah seperti paha dan perut . Hal ini juga meningkatkan kadar kortisol ( hormon stres ) , yang kemudian akan mendorong penyimpanan lemak, terutama di bagian tengah tubuh Anda.

Tidur Terganggu :

Konsumsi alkoh0l juga mengganggu pemulihan dan kinerja otot,  dengan jalan mengganggu tidur Anda. Siklus tidur yang terganggu dapat menurunkan produksi hormon pertumbuhan manusia yang membentuk otot hingga 70 persen .

Kehilangan cairan dan nutrisi dengan cepat:

Alk0hol dapat mengganggu lapisan lambung, yang dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Inilah sebabnya mengapa orang sakit perut dan banyak buang air kecil setelah minum terlalu banyak alkoh0l. Untuk setiap gram etanol yang ikut terminum akan memembuat 10 mililiter urin. Bahkan 2 persen dehidrasi saja dapat menurunkan kinerja daya tahan Anda. Selain itu, Anda tidak bisa rehidrasi tubuh dengan minum-minuman dehidrasi seperti bir.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *