Vitamin Paling penting bagi Pertumbuhan dan kesehatan rambut


Vitamin Paling penting bagi Pertumbuhan dan kesehatan rambutDengan bertambahnya usia, penurunan ketebalan rambut adalah respon yang sangat alami. Pada wanita cenderung tanda-tanda akan mulai terlihat di usia 30 tahun,  dan akan kehilangan lebih banyak lagi diusia 60 tahun. Sedangkan pada pria, ada banyak pola berbeda yang berhubungan dengan kebotakan.

 

Penyebab rambut rontok

  • Stres
  • Obat dan kondisi medis
  • Kekurangan gizi
  • Kelenjar gondok
  • Berhenti haid
  • Persalinan
  • alopecia
  • Infeksi jamur dikulit kepala
  • Perawatan rambut yang salah

Sering kali juga alasan rambut rontok terjadi karena kombinasi dari beberapa penyebab di atas, yang membuatnya menjadi sangat sulit untuk dihentikan. Yang terbaik yang dapat kita harapkan adalah dengan menguranginya. Untuk ini kita perlu melakukan banyak perawatan eksternal maupun internal.

Beberapa pengobatan mungkin bisa bekerja, dan beberapa mungkin juga tidak bekerja. Namun pilihlah salah satu cara pencegahan rambut rontok, untuk memastikan rambut menjadi lentur berlimpah nutrisi agar bisa bertahan dalam kerasnya kehidupan sehari-hari. Gaya hidup kita adalah contoh gambaran yang sempurna, dimana stres yang berlebihan dan hidup yang tidak sehat seringkali terjadi. Seperti kata pepatah, sehat di dalam,  sehat juga di luar. Oleh karena itu, sesuaikan diet Anda untuk menambah nilai gizi, karena kesehatan Anda akan mencerminkan rambut Anda.
Apa yang harus kita makan agar rambut menjadi sehat ?
Rambut Anda pada dasarnya adalah berbasis protein, dan akar rambut adalah yang menyebabkannya bisa tumbuh. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi dan vitamin yang tepat akan membantu Anda untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Nutrisi yang dibutuhkan tersebut meliputi vitamin, zat besi dan protein.

Berikut adalah daftar vitamin yang paling penting untuk pertumbuhan rambut .

1 . vitamin A

Vitamin A juga penting dalam pertumbuhan rambut, dan yang membuatnya menjadi hitam dan mengkilap. Vitamin A mengandung Antioksidan yang bersifat melembabkan kulit kepala dan mencegah rambut menjadi kering. Vitamin A Juga membantu menguatkan dan menebalkan rambut . Makanan yang kaya Vitamin A: Ubi Jalar, Wortel, hati, kuning telur, susu, bayam, Aprikot kering, mangga.

Lihat Juga :  Cara menghilangkan garis-garis putih pada kulit /perut (stretch mark)

2 . Biotin atau vitamin B7

Biotin banyak disebut juga vitamin H atau ‘ penumbuh rambut ‘  oleh orang di seluruh dunia. Vitamin ini adalah salah satu dari 12 anggota keluarga Vitamin B kompleks, yang merupakan favorit dari semua vitamin pertumbuhan rambut.  Bermanfaat untuk perbaikan rambut rapuh dan meningkatkan kesehatan dan tekstur rambut . Biotin juga diketahui vitamin ajaib peningkat volume dan ketebalan rambut. Hal ini membantu dalam produksi asam lemak dalam sel, pertumbuhan sel, dan proses-proses penting lainnya yang melibatkan asam amino dan lemak. Asam amino seperti yang kita tahu adalah blok protein. Plus juga berperan penting dalam proses glucogenesis.

Karena mencakup sangat banyak fungsi penting, berikut hasil dari asupan biotin yang cukup:

  • Peningkatan pertumbuhan dengan cepat
  • Menebalkan rambut lebih banyak
  • Meluruskan rambut

Makanan yang kaya biotin : telur, ragi, bungkul, raspberi, pisang, kenari, kacang almond dll.

3 . vitamin B12

Vitamin ini juga dari keluarga Vitamin B kompleks, dan sangat penting untuk mencegah rambut rontok. Hal ini berguna untuk membantu penyerapan zat besi pada, karena tanpa mineral ini Anda dapat kehilangan rambut . Makanan yang mengandung Vitamin B12: telur, keju, bubuk whey, susu, yoghurt dll.

4 . Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin  yang memiliki kemampuan untuk menghentikan rambut yang beruban prematur dan mengembalikan rambut kering secara efisien. Asupan harian vitamin C melalui makanan atau suplemen juga diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Makanan kaya vitamin C: jeruk, jambu, stroberi, dll

5 . vitamin E

Vitamin ini juga sangat penting untuk pertumbuhan rambut, karena akan mencegah masalah rambut kering dan kasar.  Fungsinya untuk Menjaga kelembaban dan melindungi rambut dari kekeringan dan menjaganya agar tetap mengkilap. Seiring dengan ini,  juga yang membuat kulit kepala sehat dan meningkatkan sirkulasi darah. Makanan kaya Vitamin E: kacang almond, ikan, susu, kacang tanah, bayam masak, biji bunga matahari, bumbu kering dll;

Lihat Juga :  Makanan Untuk meninggikan badan

6 . folic Acid atau asam folat

Asam folat adalah masih dalam satu kelompok vitamin B kompleks, atau kita juga menyebutnya ” vitamin rambut ” . Vitamin ini memainkan berpenting membuat rambutmenjadi lebih tebal dan menambah kelembabannya. Hal ini juga membantu memerangi rambut beruban dini. Makanan kaya asam folat: Cukup banyak sumber makanan yang memberikan vitamin B, yang berarti juga akan memberikan asam folat. Tetapi jika Anda merasa perlu suplemen, maka yang paling cocok adalah vitamin B kompleks. Selain semua biji-bijian,  gandum dan sereal mengandung asam folat.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: