Transplantasi Kepala Manusia Kini bisa Dilakukan


Transplantasi bukanlah hal baru dalam dunia kedokteran, dan hingga kini mungkin sudah menolong ribuan pasien diseluruh dunia akibat kerusakan fatal pada bagian organ tubuh tertentu.

Namun Bagaimana jadinya kalau transplantasi kepala bisa dilakukan???…

Kita semua mungkin ingat dengan Frankenstein; seorang pria yang disatukan oleh seorang ilmuwan gila dengan cara menjahit organ 2 tubuh manusia mati bersama-sama. Namun cerita fantasi ini berakhir hanya sampai saat ini. Meskipun ilmuwan yang akan kita bicarakan ini tidak gila dan tidak berencana untuk ‘menyambung bagian tubuh 2 manusia secara bersama-sama.
transplantasi kepala
Dr Sergio Canavero, adalah ilmuwan bidang Neuro Itali, dari Turin Neuromodulation Group. Ia yakin bahwa dengan kemajuan teknologi kita akan segera bisa melakukan transplantasi kepala. Namun Transplantasi kepala manusia dengan tubuh yang berbeda masih menjadi perdebatan selama beberapa waktu hingga sekarang.

Sejauh ini yang menjadi masalah adalah bagaimana menghubungkan kepala dengan sumsum tulang belakang ke tubuh yang lain? Kelihatannya cukup sederhana , tetapi ini sebenarnya adalah bagian tersulit. Namun, Dr Canavero baru-baru ini telah membuat terobosan baru dengan penciptaannya yang dikenal dengan fusogens. Ia yakin bahwa dengan Fusogens, membran plastik yang telah dibuat untuk memperbaiki saraf terputus, akan memungkinkan untuk proses transplantasi kepala. Fusogens ini memungkinkan transmisi impuls saraf ke sistem saraf si donor.

Transplantasi kepala monyet sudah berhasil sebelumnya

Dr. Canavero juga yakin bahwa transplantasi kepala bisa menjadi kenyataan dalam beberapa tahun lagi, dan kini ia sedang menyusun prosedurnya. Kembali lagi ke tahun 2008, ia telah menggunakan stimulasi listrik untuk membangunkan seorang pasien yang mengalami koma selama dua tahun. Teori-teorinya didasarkan pada orang-orang dari White Robert , yaitu ahli bedah saraf yang berhasil mentransplantasikan kepala monyet kembali .

Lihat Juga :  Sensasi Kopi Luwak, kopi termahal didunia

Dua tubuh manusia

Transplantasi kepala membutuhkan dua tubuh; yaitu pendonor dan penerima. Kedua tubuh ini akan didinginkan kedalam suhu tertentu. Setelah itu, dua ahli bedah akan memotong tali tulang belakang secara bersamaan dari kedua badan dan kepala yang didonorkan , dan segera ditempatkan pada tubuh penerima. Dengan menggunakan teknologi fusogens kedua bagian tubuh berbeda tadi akan melekat pada sumsum tulang belakang.

Meskipun ini mungkin akan membawa beberapa masalah etika, tapi satu hal yang pasti bahwa ide ini / prosedur akan menjadi terobosan baru bagi ilmu kedokteran.

Tonton saja videonya :

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: