Top 10 Makanan bergizi tinggi dan terbaik bagi Kehamilan


Makanan bergizi tinggi dan terbaik bagi KehamilanWanita yang sedang hamil sudah pasti akan membutuhkan gizi yang lebih banyak, karena saat ini ia sudah berbadan dua. Nutrisi penting tak hanya dibutuhkan demi kesehatan ibu, terlebih janin yang sedang dikandungnya agar dalam keadaan tumbuh yang baik. Dengan demikian, makan-makanan yang sehat dan terbaik sangat dibutuhkan selama kehamilan Anda dan bayi Anda.

Makan yang sehat juga akan menjadi perisai dari penyakit yang umum terjadi pada kehamilan, seperti anemia, sembelit dan bahkan wasir. Makanan yang ibu hamil makan adalah sumber nutrisi utama bagi bayi. Rasa tidak nyaman seperti mual juga bisa terhindari jika tubuh cukup mendapatkan nutrisi cukup dari makanan yang baik. Nutrisi yang tepat dapat meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan bayi. Oleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk makan makanan bergizi seimbang.

Makanan sehat terbaik untuk mendukung kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan

Jika Anda sedang mencari daftar diet yang ideal, berikut ini adalah top 10  makanan yang harus diikuti oleh wanita demi kehamilan yang sehat:

1 . Telur :

Telur adalah sumber protein yang baik, serta mengandung mineral penting dan vitamin. Protein yang cukup sangat penting bagi pertumbuhan sel anak, sehingga makan telur dapat memenuhi kebutuhan gizi ini dengan mudah. Selain itu, telur juga mengandung tinggi kolin, dimana yang sangat penting bagi perkembangan otak bayi yang sehat. Kolin bagi ibu hamil bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf pada bayi.

2 . Biji-bijian :

Sangat penting untuk mengkonsumsi biji-bijian selama kehamilan,  karena makanan ini kaya akan karbohidrat,  serat yang tinggi dan kandungan gizi . Oatmeal,  quinoa, roti gandum, barley, beras dan popcorn adalah beberapa pilihan populer yang banyak tersedia.

Lihat Juga :  Manfaat Kolin bagi ibu hamil dan menyusui

3 . Produk Susu :

Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang janin, dan sangat diperlukan dalam diet ibu hamil. Oleh karena mengkonsumsi produk susu juga menjadi sangat penting,karena tinggi kalium. Susu dan produk susu seperti, keju dan yogurt juga kaya protein dan vitamin D.

4 . Ubi Jalar :

Jangan pernah menganggap remeh makanan yang disebut dengan ubi jalar ini. Ubi jalar juga bisa menjadi salah satu dari makanan top bagi kehamilan, karena mengandung serat, potasium, zat besi, tembaga , vitamin C dan B6, dan beta karoten. Hanya Makan ubi jalar sudah akan memenuhi kebutuhan zat besi Anda.

5 . kacang-kacangan :

Kacang-kacangan adalah makanan yang dikenal tinggi mengandung lemak essensial. Lemak baik juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan otak bayi, dan dianjurkan untuk makan kacang setiap hari selama kehamilan. Makanan ringan yang renyah ini juga kaya akan magnesium, protein dan serat. Mengonsumsi diet kaya magnesium selama kehamilan akan mengurangi kemungkinan persalinan prematur. Serat juga berguna untuk mencegah gejala sembelit, dimana yang paling umum terjadi pada kehamilan. Jangan menambahkan banyak garam pada kacang, dan batasi hanya kira-kira 1 cangkir saja perhari. Baca juga Buah buahan yang mengandung serat tinggi

6 . Daging tanpa lemak :

Daging tanpa lemak merupakan sumber protein yang sangat baik dan berkualitas tinggi yang sangat penting bagi perkembangan bayi selama trimester terakhir. Makan daging daging sapi juga akan memberikan ibu hamil ekstra vitamin B dan zat besi.

7 . buah :

Mengonsumsi berbagai buah-buahan berwarna-warni selama kehamilan akan memastikan bayi yang sedang tumbuh mendapatkan manfaat penting antioksidan, vitamin dan mineral. Buah-buahan juga kaya serat, dimana yang juga membantu pencernaan yang lebih baik . Buah-buahan seperti alpukat merupakan sumber folat yang sangat baik.

Lihat Juga :  Tips mencegah autisme - Saat bayi dan selama kehamilan

8 . Sayuran hijau :

Sayuran juga merupakan bagian penting dari diet ibu hamil. Sayuran menyediakan hampir semua nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Dari semua sayuran, brokoli adalah sayuran penghasil kalsium dan Vitamin A, dan kebanyakan dianjurkan untuk ibu hamil. Sayuran berdaun hijau seperti slada swiss, sawi hijau, kale dan bayam merupakan sumber folat yang sangat baik, serta mineral seperti zat besi, vitamin C , K dan A.

9. Sayuran berwarna warni

Sayuran berwarna warni seperti wortel, kentang, tomat kubis merah, lobak, bunga kol juga akan memberikan gizi tersendiri, seperti betakaroten, likopen, serat, vitamin dll.

10. Ikan berlemak

Salmon, makerel, tuna terutama mengandung asam lemak  omega – 3 selain protein yang tinggi. Lemak esensial omega 3 akan membantu perkembangan otak dan mata bayi yang sehat. Salmon juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein bagi ibu hamil. Namun disarankan untuk membatasi asupan salmon atau makanan laut lain untuk hanya enam ons perminggu.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: