Cara mengambil screenshot di Windows 8


a Cara mengambil screenshot windows 8Mengambil screenshot di Windows 8 – Layar adalah cara termudah untuk menangkap informasi dalam sekejap. Artikel berikut ini adalah cara bagaimana mengambil screenshot  pada laptop atau komputer dengan OS Windows 8 .

Screenshot atau dikenal juga dengan screen capture atau layar dump, adalah alat yang sangat berguna bagi seseorang yang ingin menyimpan sebagian atau seluruh informasi yang ditampilkan dilayar komputer, dengan cara mengambil snapshot layar. Anda hanya cukup mengambil screenshot untuk menyimpan informasi penting, atau bahkan hal-hal sepele, seperti resep favorit atau berita yang mungkin menarik bagi Anda untuk disimpan. Baiknya adalah bahwa Anda dapat mengambil screenshot seluruh layar atau hanya hanya sebagian informasi tertentu saja yang Anda inginkan.  Anda juga dapat mengirim email screenshot ini kepada teman dan keluarga Anda.

Cara mengambil screenshot pada versi windows sebelumnya yaitu Windows 7  harus menggunakan tombol Print Screen untuk menangkap screenshot dari seluruh desktop. yang kemudian simpan di clipboard Windows, dan pengguna harus paste di Paint atau GIMP untuk memprosesnya. Namun dalam Windows 8, mengambil screenshot jauh lebih mudah.

Berikut adalah dua cara yang sangat sederhana mengambil screenshot menggunakan OS Windows 8 .

Menggunakan Print Screen dan Windows Key

Pada Versi sebelumnya untuk mengambil screenshot Anda perlu menekan PrtScn (print screen) pada keyboard, dan menyimpannya ke dalam clipboard sehingga bisa diimpor ke program grafis. Untuk menyimpan screenshot hanya dari jendela aktif saja(bukan seluruh layar), maka Alt dan Print Screen harus ditekan bersama-sama. Windows 8 memberikan jalan pintas yang lebih baik, yang memungkinkan Anda untuk memperluas fungsi dasar tombol Print Screen dan shortcut keyboard. Hal ini yang memungkinkan Anda akan secara otomatis menyimpan informasi yang ditangkap di layar komputer Anda.

  • Atur layar yang akan Anda ambil screenshotnya.
  • Tekan ke bawah Windows Key dan tombol Print Screen pada keyboard komputer Anda. Tombol Print Screen terletak di sudut kanan atas pada keyboard komputer standar.
  • Layar akan redup selama beberapa waktu , yang menandakan  screenshot sedang diambil .
  • Screenshot baru secara otomatis akan disimpan didalam folder Gambar pada daftar librari. Buka Explorer, dan masuk ke folder gambar. Dan Anda akan menemukan folder Screenshots yang baru dibuat, di mana screenshot disimpan dengan format gambar JPEG yang terlihat dalam urutan kronolgis.
Lihat Juga :  Tips Cara Alami mengusir kecoak selamanya

Cara jika mengambil screenshot menggunakan Tablet Windows 8

Untuk mengambil screenshot di Windows 8 Metro mode, tekan tombol Windows dan tombol volume pada bagian bawah chassis tablet secara bersamaan. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot pada tablet Windows 8.

Menggunakan Snipping Tool

Sniping tool tersedia tidak hanya pada Windows 8, tetapi juga ada di semua versi Windows Vista (kecuali Basic) dan Windows 7 – ini merupakan cara mudah untuk mengambil gambar screenshot. Snip objek yang diinginkan dari layar dan kemudian berikan nama, simpan, atau, mengirim screenshot dari tool ini .

Anda bisa memilih jenis snips dengan menggambar bentuk apapun di sekitar objek dengan menggunakan jari, mouse, atau pena tablet. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih snip persegi panjang dengan menyeret kursor pada objek. Anda juga bisa memilih snip layar penuh untuk mendapatkan screenshot untuk seluruh layar. Pilih window browser atau kotak dialog, dan mulailah menggunakan window snip untuk mengambil screenshot .

  • Klik tombol Start di bagian kiri bawah layar Windows.
  • Klik All Program dan pilih Accessories => Pilih snipping Tool. Secara bergantian ketik snipping Tool di kotak pencarian,  kemudian pilih opsi snipping Tool dari daftar hasil.
  • Untuk Mengambil Screenshot
  • Klik tombol New pada tool . Pada Drop down menu pilih dan klik jenis snip yang Anda inginkan.
  • Anda bisa memilih bentuk Snip  free, Rectangular Snip, Window Snip, atau snip layar penuh.
  • Pilih area layar yang ingin Anda ambil screenshotnya.
  • Screenshot tersebut langsung akan terbuka di jendela baru, dan kemudian Anda dapat menyimpannya di komputer. Cukup klik pada kotak dialog Save As,  dan masukkan nama file. Pilih jenis file dan lokasi penyimpanan, kemudian klik Save .
  • Sebagai alternatif, Anda juga dapat memilih untuk menyimpan screenshot di clipboard. Beri keterangan gambar dengan tool stabilo dan pena, atau kirim ke email ke seseorang.
  • Setelah Anda menyimpan gambar(JPEG , HTML , GIF , PNG), Anda juga dapat mengambil print layar. Klik dua kali untuk membukanya dengan menggunakan software/program pilihan Anda. Dari menu bar pilih File dan Print.
Lihat Juga :  Cara mengembalikan Facebook yang dihack

Metode mengambil screenshot di Windows 8 ini tidak hanya sangat sederhana, tetapi juga cukup menghemat waktu. Masih ada beberapa perangkat lunak gratis lainnya seperti screenshot Greenshot dan PC Screen Capture untuk mengambil screenshot. Anda bisa mendownloadnya jika perlu di web penyedia.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: