Tips tetap sehat bekerja setiap hari didepan Komputer


Tips sehat didepan komputerMungkin Anda sudah sering mendengar berita di media tentang risiko dan bahayanya terus-menerus bekerja didepan komputer. Banyak pengguna komputer, terutama yang menghabiskan berjam-jam di depan komputer cenderung mengabaikan masalah kesehatan jangka panjang yang bisa ditimbulkan. Orang-orang dengan penggunaan waktu sembilan sampai lima jam didepan komputer yang paling rentan dengan risiko sakit kepala, sakit punggung, nyeri pergelangan tangan, bahkan yang lebih parah lagi.

Masalah kesehatan yang disebabkan karena berjam-jam di depan komputer tidak benar-benar bisa dirasakan, karena seringkali hal ini tidak dirasakan. Masalah yang paling umum yang terkait dengan penggunaan komputer yang berlebihan adalah sakit kepala, ketegangan mata, sakit punggung, nyeri pergelangan tangan, kelelahan otot,  kelelahan, nyeri, kram di tangan, lengan, bahu atau punggung, yang dapat menyebabkan gangguan kronis otot dan tendon. Pada catatan yang lebih serius, kami mengalami gangguan seperti cedera stres yang berulang, yang meliputi tendonitis dan carpal tunnel syndrome.

Cedera stres yang berulang adalah semacam gangguan muskuloskeletal otot, saraf, tendon, ligamen, dan sendi . Tendonitis adalah peradangan tendon,  karena beberapa gerakan berulang atau stres pada tendon tersebut. Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah peradangan pada saraf yang menghubungkan lengan bawah dengan telapak pergelangan tangan.

Meskipun tidak ada bukti medis yang substansial yang membuktikan, bahwa radiasi dari monitor komputer menimbulkan risiko seperti dermatitis wajah, epilepsi, keguguran janin, atau melahirkan bayi cacat lahir, namun pengguna komputer harus berhati-hati.

Baca juga : Efek jika sering duduk terlalu lama

Berikut tips sederhana untuk tetap sehat bekerja didepan komputer setiap hari :

Tindakan pencegahan sederhana ini bisa menghambat banyak masalah. Pertama pastikan tempat kerja Anda dirancang ergonomis, yaitu yang pada dasarnya Anda hanya perlu untuk membuatnya nyaman, efisiens, dan keamanan ke dalam desain tempat kerja Anda.

Lihat Juga :  Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Mengatur letak dan pencahayaan monitor

Monitor harus ditempatkan sejajar dengan mata, dan jaraknya sekitar sepanjang lengan dari mata. Perhatikan pencahayaan dalam ruangan, dan hindari kemungkinan melotot kelayar monitor. Sesuaikan kecerahan layar dengan benar, kontras, posisi, tinggi, dan lebar gambar pada layar Anda. Kebanyakan monitor CRT saat ini juga sudah memenuhi standar MPR II, yaitu yang mendefinisikan tingkat radiasi elektromagnetik yang dapat diterima.

Penempatan keyboard

Keyboard juga harus bisa membuat pergelangan tangan bisa bertumpu. Sesuaikan juga letak keyboard pada posisi yang paling baik untuk mengetik. Cobalah untuk menjaga pergelangan tangan Anda agar lurus ketika mengetik.

Posisikan mouse agar mudah dijangkau

Penggunaan mouse yang terus menerus dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri di jari-jari, tangan, pergelangan tangan atau lengan. Posisikan mouse agar mudah dijangkau, sehingga bisa digunakan dengan pergelangan tangan yang lurus. Dukung lengan Anda di meja .

Perhatikan posisi duduk

Karena beban kerja dan tenggat waktu yang ketat, pengguna komputer cenderung terus bekerja dalam posisi canggung. Hal ini adalah sangat penting untuk memperhatikan posisi duduk. Hindari duduk dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama. Atur letak keyboard, mouse, dan barang-barang lainnya, sehingga Anda merasa nyaman. Berikan ruang kaki yang cukup untuk bisa bergerak bebas .

Mengatur fokus mata

Terlalu banyak menatap monitor dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome. Pengguna komputer mungkin akan merasa sulit bisa fokus pada objek, ketika tiba-tiba memalingkan mata dari komputer . Oleh karena itu, bila memungkinkan cobalah untuk mengatur fokus mata Anda dan jauhkan dari layar. Hal ini tidak hanya akan membantu mencegah kelelahan, tetapi penting variasi visual dan mental.

Lihat Juga :  Makanan yang bermanfaat untuk membersihkan darah

Mengambil waktu istirahat .

Sekali dalam setiap 60 menit usahakan untuk berdiri, berjalan-jalan, dan melakukan peregangan. Anda bisa mengatur alarm pada aplikasi Outlook atau Penjadwal, jika Anda cenderung lupa waktu. Jika kantor Anda tidak memperbolehkan untuk istirahat, maka bisa mencoba melakukan pekerjaan lainnya, seperti fotokopi , pengarsipan, dll.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: