Tips Pencegahan Kanker Payudara


tips mencegah kanker payudaraKanker payudara adalah momok terbesar kaum wanita. Stadium awal penyakit ini sulit dideteksi, dan pada umumnya bisa dirasakan ketika telah mencapai stadium lanjut. Ada beberapa metode yang bertujuan untuk mendeteksi secara dini penyakit yang mematikan ini, sehingga lebih mudah disembuhkan secara total. Untuk meminimalisir resiko kanker payudara, wanita bisa memulai dengan gaya hidup sehat, yang mencakup berolahraga secara teratur, diet yang tepat, menghindari junk food dan kebiasaan makan yang tidak sehat lainnya.

Berikut ini ada kebiasaan umum sehari-hari yang akan membantu menghindari kanker payudara sepenuhnya.

HindariĀ  kelebihan berat badan

Kaum perempuan cenderung beresiko tinggi dengan kanker payudara setelah menopause. Pada umumnya pada wanita yang cenderung mengabaikan kesehatan akan mengalami banyak kelebihan berat badan. Jadi jika Anda ingin menghindari kanker payudara, maka jagalah berat badan yang sehat terutama ketika memasuki usia 40-an.

Tambahkan sayuran dan buah-buahan kedalam diet Anda

Junk food umumnya memang memikat selera, namun cenderung meningkatkan asupan kalori Anda. Jadi kurangilah makanan cepat saji, dan lebih fokus pada makanan sehat. Sertakan lebih banyak sayuran mentah dan buah-buahan dalam diet Anda, yang berguna untuk meningkatkan asupan antioksidan.

Kenakan ukuran bra yang tepat

Pakaian yang tidak pas bukan hanya membuat rasa yang tak nyaman dan penampilan yang kurang bagus, tetapi juga bisa meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit. Kenakanlah bra dengan ukuran yang tepat, sehingga memungkinkan kulit untuk bisa bernapas.

Memeriksakan payudara

Selalu memeriksa setiap adanya pembengkakan, lesung pada payudara, atau perubahan kecil lainnya. Wanita harus memeriksakan payudara secara teratur untuk mengetahui secara dini kemungkinan kanker payudara..

Periksa silsilah keluarga
Anda bisa lebih rentan terhadap kanker payudara jika ada dari keluarga Anda yang memiliki riwayat kanker payudara. Jadi ketahuilah riwaya kesehatan keluarga Anda, karena 10 persen dari semua jenis kanker payudara di dunia diturunkan/secara genetik.

Lihat Juga :  Penyebab dan Cara mengatasi ASI Keluar Sedikit

Jauhi alkohol

Minum minuman yang beralkohol dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Wanita harus membatasi asupan alkohol tidak lebih dari satu gelas per hari, kalau perlu bahkan menghindarinya samasekali.

Jauhi merokok

Bukan rahasia lagi jika merokok bisa menyebabkan berbagai macam penyakit serius termasuk kanker ganas. Bukan hanya beresiko kanker paru-paru bagi semua orang, ribuan bahan kimia dalam rokok juga meningkatkan resiko kanker payudara bagi wanita.

Menyusui anak Anda dengan ASI

Penelitian menunjukkan bahwa Wanita yang menyusui bayinya selama setidaknya satu tahun, toal menurunkan risiko terkena kanker payudara di kemudian hari. Sementara itu menyusui akan mengurangi kadar estrogen yang tinggi pada wanita. Memberikan ASI tak hanya sangat bermanfaat bagi bayi Anda, tetapi juga akan bagus bagi kesehatan sang Ibu.

Cek up rutin dan tes skrining kanker

Cek-up rutin yang dilakukan wanita setelah usia 30 adalah penting, sehingga anda mengetahui apa yang dibutuhkan atau tidak oleh tubuh dan bisa menanganinya dengan tepat dan baik. pemeriksaan mamografi dan sonografi secara rutin sudah harus menjadi bagian dari rutinitas check-up Anda.

Iitulah beberapa tips dan cara sehat agar terhindar dari penyakit kanker payudara yang mematikan ini.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: