Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan


Menurunkan Berat Badan Setelah MelahirkanSekarang bayi Anda sudah berada disamping menemani, mungkin Anda kini banyak berpikir tentang beberapa hal: Kapan harus makan, apa yang harus dilakukan jika bayi menangis – dan bagaimana cara untuk melangsingkan kembali tubuh setelah mengalami penambahan berat badan yang terbentuk selama kehamilan.

Jika Anda asalnya mempunyai berat badan yang normal dan memperoleh tambahan 25-35 kilogram, Dokter mungkin akan mengatakan tidak memerlukan waktu lebih dari beberapa bulan untuk kembali lagi kepada berat badan sebelum hamil,  jika Anda memperhatikan apa yang anda makan dan melakukan berolahraga.

Di sisi lain, jika Anda memiliki kelebihan berat badan sebelum kehamilan atau Anda juga mengalami pertambahan berat , dokter mungkin akan mengatakan itu bisa memakan waktu yang lebih lama – sampai satu tahun – untuk mendapatkan berat badan kembali seperti semula.

“Ini sangat penting bahwa Anda mendapatkan berat badan, karena jika Anda tidak melakukannya telah dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan obesitas 15 sampai 20 tahun kemudian dalam hidup Anda,” kata Debra Krummel, PhD, RD, profesor diberkahi di Universitas Cincinnati departemen gizi.

Dan mungkin meskipun setiap ibu baru ingin terlihat seperti dirinya yang lama kembali, salah satu hal yang paling penting untuk diingat adalah untuk bersabar dengan diri sendiri. Selebriti favorit Anda mungkin langsung mendapatkan tubuhnya kembali keasal setelah melahirkan, tapi mungkin dia tidak melakukannya dengan cara yang baik untuk tubuhnya.

Banyak media yang menanyakan hal ini ‘Bagaimana cara dia melakukannya?’ . namun Pertanyaan yang lebih penting adalah, “Mengapa dia melakukannya? ‘” Kata Melinda Johnson, MS, RD, ahli diet terdaftar dan juru bicara American Dietetic Association (ADA).

“Mereka (selebrits) melakukan ini dengan diet yang sangat, sangat ketat, dan banyak dari mereka yang melakukannya kembali aktivitas sebelum tubuh mereka benar-benar siap untuk itu melakukan itu.”

Lihat Juga :  Penyebab kemandulan (Invertilitas) pada Wanita

Johnson menganjurkan pendekatan yang lebih bertahap untuk menurunkan berat badan bagi ibu habis melahirkan. “Hal Nomor satu yang harus dimiliki ibu adalah beberapa kesabaran dengan tubuh mereka,” katanya. “Butuh waktu sembilan bulan untuk itu. Ini minimal membutuhkan waktu lama untuk kembali kepada berat badan dengan berusaha.”

Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan setelah kehamilan, dan mendapatkan kembali tubuh langsing Anda

Jangan melakukan diet ketat.

Ini mungkin terdengar agak aneh, tapi “diet” justru bisa menggagalkan tujuan penurunan berat badan setelah kehamilan. Karena Merasa kehilangan makanan favorit pada saat Anda sudah tertekan dengan peran baru sebagai ibu, maka ini benar-benar bisa menyebabkan Anda justru mengalami kenaikan berat badan.

“Jika Anda kembali kepada pola makan yang seha,t dan makan hanya karena Anda merasa lapar, kebanyakan wanita akan mendapatkan kembali tubuh lamanya dengan cukup alami,” katanya.

Daripada diet, ia merekomendasikan makan berbagai makanan yang seimbang. Jauhkan makanan ringan yang berbeda di rumah Anda. Buah seperti apel, atau wortel, atau makanan sehat lain baik untuk Anda.

Tidak peduli berapa banyak Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk tidak mengkonsumsi kalori di bawah 1.800 per hari, terutama jika Anda sedang menyusui.

Memenuhi kebutuhan protein dan lemak esensial

Bila Anda seorang ibu yang baru saja memiliki bayi, tubuh Anda masih membutuhkan nutrisi yang maksimal, terutama jika Anda menyusui. Pilih makanan yang banyak mengandung nutrisi dan lemak sehat yang Anda butuhkan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: