Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan


Menurunkan Berat Badan Setelah MelahirkanSekarang bayi Anda sudah berada disamping menemani, mungkin Anda kini banyak berpikir tentang beberapa hal: Kapan harus makan, apa yang harus dilakukan jika bayi menangis – dan bagaimana cara untuk melangsingkan kembali tubuh setelah mengalami penambahan berat badan yang terbentuk selama kehamilan.

Jika Anda asalnya mempunyai berat badan yang normal dan memperoleh tambahan 25-35 kilogram, Dokter mungkin akan mengatakan tidak memerlukan waktu lebih dari beberapa bulan untuk kembali lagi kepada berat badan sebelum hamil,  jika Anda memperhatikan apa yang anda makan dan melakukan berolahraga.

Di sisi lain, jika Anda memiliki kelebihan berat badan sebelum kehamilan atau Anda juga mengalami pertambahan berat , dokter mungkin akan mengatakan itu bisa memakan waktu yang lebih lama – sampai satu tahun – untuk mendapatkan berat badan kembali seperti semula.

“Ini sangat penting bahwa Anda mendapatkan berat badan, karena jika Anda tidak melakukannya telah dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan obesitas 15 sampai 20 tahun kemudian dalam hidup Anda,” kata Debra Krummel, PhD, RD, profesor diberkahi di Universitas Cincinnati departemen gizi.

Dan mungkin meskipun setiap ibu baru ingin terlihat seperti dirinya yang lama kembali, salah satu hal yang paling penting untuk diingat adalah untuk bersabar dengan diri sendiri. Selebriti favorit Anda mungkin langsung mendapatkan tubuhnya kembali keasal setelah melahirkan, tapi mungkin dia tidak melakukannya dengan cara yang baik untuk tubuhnya.

Banyak media yang menanyakan hal ini ‘Bagaimana cara dia melakukannya?’ . namun Pertanyaan yang lebih penting adalah, “Mengapa dia melakukannya? ‘” Kata Melinda Johnson, MS, RD, ahli diet terdaftar dan juru bicara American Dietetic Association (ADA).

“Mereka (selebrits) melakukan ini dengan diet yang sangat, sangat ketat, dan banyak dari mereka yang melakukannya kembali aktivitas sebelum tubuh mereka benar-benar siap untuk itu melakukan itu.”

Johnson menganjurkan pendekatan yang lebih bertahap untuk menurunkan berat badan bagi ibu habis melahirkan. “Hal Nomor satu yang harus dimiliki ibu adalah beberapa kesabaran dengan tubuh mereka,” katanya. “Butuh waktu sembilan bulan untuk itu. Ini minimal membutuhkan waktu lama untuk kembali kepada berat badan dengan berusaha.”

Lihat Juga :  Bolehkah Olahraga di Malam hari?

Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan setelah kehamilan, dan mendapatkan kembali tubuh langsing Anda

Jangan melakukan diet ketat.

Ini mungkin terdengar agak aneh, tapi “diet” justru bisa menggagalkan tujuan penurunan berat badan setelah kehamilan. Karena Merasa kehilangan makanan favorit pada saat Anda sudah tertekan dengan peran baru sebagai ibu, maka ini benar-benar bisa menyebabkan Anda justru mengalami kenaikan berat badan.

“Jika Anda kembali kepada pola makan yang seha,t dan makan hanya karena Anda merasa lapar, kebanyakan wanita akan mendapatkan kembali tubuh lamanya dengan cukup alami,” katanya.

Daripada diet, ia merekomendasikan makan berbagai makanan yang seimbang. Jauhkan makanan ringan yang berbeda di rumah Anda. Buah seperti apel, atau wortel, atau makanan sehat lain baik untuk Anda.

Tidak peduli berapa banyak Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk tidak mengkonsumsi kalori di bawah 1.800 per hari, terutama jika Anda sedang menyusui.

Memenuhi kebutuhan protein dan lemak esensial

Bila Anda seorang ibu yang baru saja memiliki bayi, tubuh Anda masih membutuhkan nutrisi yang maksimal, terutama jika Anda menyusui. Pilih makanan yang banyak mengandung nutrisi dan lemak sehat yang Anda butuhkan.

Ikan merupakan salah satu “makanan super” karena mengandung DHA, lemak esensial omega-3 yang akan membantu bayi Anda untuk mengembangkan otak yang sehat dan sistem saraf. Sumber terbaik dario DHA adalah ikan air dingin seperti salmon, sarden, dan tuna kalengan (karena albacore cenderung tinggi di merkuri).

Minum susu dan yoghurt

Susu dan yogurt juga makanan super bagi ibu habis melahirkan karena tinggi kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga tulang yang kuat. Dan juga jangan lupa protein. Daging tanpa lemak, ayam, dan kacang yang rendah lemak tinggi protein dan serat. Makaan makanan tersebut baik bagi Anda, dan  akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Lihat Juga :  Makanan yang harus dihindari saat haid

Menyusui bayi dengan ASI eksklusif.

Apakah ASI memang benar-benar bisa  membantu menurunkan berat badan?- Beberapa studi menemukan bahwa memberikan ASI eksklusif akan membantu Anda mengembalikan berat badan ke asalnya dengan lebih cepat. Ibu yang tak menyusui bayinya dengan ASInya tidak mendapatkan perbedaan berat badan dibandingkan dengan yang menyusui ASI.

Yang pasti menyusui ASI secara eksclusif adalah sangat baik untuk bayi Anda, yang akan meningkatkan kekebalan tubuhnya serta akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan penting lainnya. Dan memberikan ASI eksklusif ini memungkinkan Anda untuk menambahkan asupan kalori tambahan sebanyak 300 kalori sehari (Anda mungkin bisa menambahkan sedikit lebih banyak kalori,  jika Anda bayi Anda berselera sangat besar atau bayi kembar). Namun Pastikan bahwa jika Anda menyusui tidak menggunakannya sebagai alasan untuk makan apa pun yang Anda inginkan.

Banyak Minum.

Minum banyak air sepanjang hari akan mencegah Anda dari dehidrasi. Hal ini juga akan mencegah Anda agar tidak makan terlalu banyak. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa  banyak minum air dapat mempercepat metabolisme Anda.

Berapa banyak minum air ?,, urin bisa dijadikan pertanda apakah Anda sudah cukup terhidrasi atau kurang dari warnanya. Jika Anda sudah cukup minum cairan, maka warna urin Anda harus jernih, dan Anda harus pergi ke kamar mandi setiap tiga sampai empat jam.

Latihan

Diet adalah penting, tetapi itu hanyalah salah satu bagian dari program penurunan berat badan pasca-kehamilan. Anda juga perlu untuk melakukan latihan aerobik dan latihan kekuatan setelah kehamilan, yang diperlukan untuk membakar kalori dan menjaga otot dan tulang yang kuat. “Latihan akan menurunkan berat badan, memberikan begitu banyak manfaat bagi ibu baru melahirkan,” kata Johnson. “Hal ini membantu menghindari depresi, membantu mengurangi masalah tidur, dan membantu mengurangi stres .

Lihat Juga :  Dampak memakai jeans ketat bagi kesehatan

Anda tidak harus pergi ke gym untuk mendapatkan kembali bentukbadan Anda setelah kehamilan – Melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat dengan bayi Anda di stroller sudah cukup untuk memompa jantung dan membekerjakan otot . Dengan bayi baru lahir, mendapatkan waktu 30 menit secara berturut-turut mungkin mustahil, sehingga disarankan dimulai dengan 10 menit secara bertahap. Kemudian cobalah untuk 20 – atau sesi 30 menit.

Tetapi Anda masih perlu menambahkan beberapa pelatihan kekuatan. Gunakan beban ringan – atau bahkan beberapa kaleng sup – sebagai beban. Banyak klub-klub kesehatan dan pusat komunitas yang bisa mengarahkan dan membantu Anda latihan. Tapi sebelum Anda mulai program latihan apapun, mintalah persetujuan dokter Anda, terutama jika Anda memiliki jadwal.

Tidurlah.

Sepertinya mustahil bagi ibu yang baru saja merawat bayi bisa mendapatkan waktu tidur cukup sebanyak 8 jam sehari. Tetapi kurang tidur bisa membuat Anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan bayi. Dalam satu studi, ibu baru melahirkan yang tidur malam hanya lima jam atau kurang lebih cenderung mendapatkan berat badan ekstra daripada wanita yang tidur tujuh jam. Ketika Anda lelah, tubuh melepaskan hormon stres kortisol dan lainnya yang dapat mempromosikan berat badan. Orang yang kelelahan cenderung akan melupakan makanan sehat, serta kurang memungkinkan untuk melakukan aktivitas fisik.”

Teman-teman atau anggota keluarga Anda mungkin telah menyarankan Anda untuk “tidur ketika bayi Anda tidur,” dan itu adalah nasihat yang baik.

Meminta bantuan Ahli.

Jika Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, mintalah bantuan kepada dokter dan ahli gizi. Para ahli diet bisa membantu Anda membuat rencana makan yang akan menurunkan berat badan dengan aman dan efektif. Sementara dokter akan membimbing Anda untuk nasehat berapa banyak berat badan Anda yang perlu diturunkan dan kapan Anda mulai bisa berolahraga.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: