Tips Membeli mobil Bekas

Hal ini sama bahanyanya dengan merokokHarapan utama dalam membeli mobil bekas adalah dapat mensiasati anggaran yang terbatas, namun sudah bisa membawa pulang mobil yang diimpikan. Namun sayangya, banyak orang yang mengalami penyesalan karena kenyataannya mobil bekas yang mereka dapat ternyata kondisinya membuat uang mereka justru terkuras. Mereka harus  mengeluarkan uang lagi gara-gara harus memperbaiki mesin, kaki-kaki, body, interior dll, karena kurang teliti saat membeli mobil bekas. Bahkan mereka pun sangat kesulitan menjualnya kembali, bahkan dengan harga yang lebih rendah dari saat membelinya. Untuk itu, kejadian semacam ini jangan sampai menimpa Anda. Alih-alih dapat menghemat anggaran, bahkan biaya reparasi kembali ternyata melampaui jika ditotal untuk membeli mobil yang baru.

Berikut beberapa tips membeli mobil bekas, agar mendapatkan mobil yang masih orisinil dan bikin puas

Tentukan mobil incaran

Pastikan untuk berburu mobil hanya yang memang Anda butuhkan. Sebab jangan sampai nanti bingung saat melihat banyak penawaran. Untuk itu, sebelum berburu mobil bekas, fikirkan baik-baik jenis, merk atau model yang memang sangat Anda butuhkan.

Periksa harga pasaran

Hal ini bisa dilakukan dengan mencari informasi dari teman, browsing, brosur dll. Mengetahui harga pasaran nanti akan memudahkan Anda untuk membuat penawaran, serta tak membeli harga mobil yang lebih mahal. Jika harga mobil bekas istimewa adalah 100 juta, karena ban mobil yang ditawarkan kepada Anda bannya sudah gundul, maka Anda bisa menawar harga mobil yang dipotong harga ban misalnya.

Awas!, mobil bekas tabrakan

Mobil bekas tabrakan itu harganya sangat jatuh, karena kemungkinan besar tak akan bisa normal kembali kenyamanannya saat dikendarai. Ini adalah sangat kritikal, jadi pastikan mobil yang anfda beli bukan mobil bekas tabrakan fatal. Caranya:

Periksa sasis – Jangan ragu untuk mengecek sasis mobil, karena keberuntungan Anda sangat dipertaruhkan disini. Caranya bisa diraba atau dilihat, jika sasis bergelombang, tidak rata kemungkinan bekas dilas dan dicat ulang. Hangan beli jika menemui yang demikian.

Periksa kap mesin – Mobil bekas tabrakan depan biasanya akan terlihat jika kap mesin dibuka. Lihatlah disetiap sudut, apakah ada hal yang mencurigakan(tak asli), misalnya ada cat yang berbeda warna, permukaan body yang tak rata atau bekas kena las atau cat. Perharikan celah-celah kap dan body kanan dan kiri, apakah masih simetris.

Periksa kabel-kabel- Lihat dan pastikan jika kabel yang ada memang masih asli, tidak terkesan amburadul. Kabel yang masih asli akan terlihat terpasang dan diikat dengan sempurna. Siapa tahu, mobil yang Anda beli adalah mobil habis kebakaran.

Periksa semua lampu – Lihat dan bandingkan antara rumah lampu kanan dan kiri. Biasanya jika mobil bekas menabrak, rumah lampu kanan dan kiri sudah ada perbedaan atau perubahan. Perhatikan juga, apakah lampu warnanya sama atau tidak, sebelah jernih dan sebelah kusam. Lampu yang original sama yang bukan itu sangat jelas perbedaannya.

Periksa keaslian Cat mobil

Taruh mobil ditempat yang tak terhalang oleh sinar matahari, dan amati dari jauh terutama disudut-sudut. Perhatikan apakah ada perbedaan kilau warna cat, jika ada itu kemungkinan besar adalah hasil cat ulang.

Anda juga wajib curiga jika bemper-bemper masih mulus, padahal mobil sudah agak berumur dan beroperasi didaerah padat. Sebab sangat jarang bemper yang masih mengkilap tanpa gores sama sekali dari mobil yang berumur dan beroperasi didaerah padat lalulintas..

Periksa karet-karet penyekat kaca, atau karet wiper

Karet penyekat atau karet wiper yang terlalu banyak terkena panas akan menjadi kaku bahkan retak. Jika keadaannya demikian, bisa jadi mobil terlalu sering dijemur dibawah sinar matahari dan tak terawat. Hal ini juga bisa ditandai dengan kusamnya warna cat.

Periksa pintu-pintu dll

Power window, pintu-pintu juga tak boleh luput dari pengamatan. Terutama apakah pintu mobil bagian dalam masih baik, dan tak ada tanda-tanda dicat ulang atau diketok. Pintu mobil yang masih baik itu jika ditutup terasa mudah, tak goyang dan mengunci dengan sempurna.

Periksa interior

Pastikan didalam mobil keadaannya rapi dan tak berbau apek. Bau apek bisa disebabkan oleh joroknya sipemilik, namun yang ditakutkan adalah karena mobil habis kebanjiran.

Periksa mesin

Pertama: Mesin mobil yang terawat itu dalam keadaan bersih, namun bukan itu yang paling penting. Lihat apakah mesin dalam keadaan kering, alias tak terlihat adanya kebocoran oli.

Untuk memeriksa mesin yang kedua, dibutuhkan orang yang hafal setiap kondisi mesin. Misalnya adanya suara-suara kasar yang tidak lazim dll. Hidupkan mesin, suruh orang lain menginjak gas, perhatikan knalpot apakah mengeluarkan asap putih atau tidak. Sebaiknya jangan dibeli jika knalpot mengeluarkan asap putih atau kehitaman, bahkan mesin dalam putaran idle.

Test drive

Test drive dilakukan untuk mengetahui performa mesin dan kenyamanan kendaraan. Lajukan mobil dengan kecepatan 60km jam keatas, karena semua masalah pada mobil akan terasa jika berjalan pada kecepatan tinggi. Rasakan apakah setir oleng, suspensi keras dan tak nyaman, dan bebagai bentuk tak nyaman lainnya.

 Surat-surat kendaraan

Surat servis – Mintalah surat-surat yang berkaitan dengan mobil bekas dari semua yang ada, termasuk buku manual, buku servis, kuitansi pembelian mobil ketika masih baru.

Pajak – Apakah Pajak sudah dibayar tiap tahun oleh si pemilik. Pastikan bahwa mobil bekas yang anda akan beli tidak ada tunggakan pembayaran pajak.

Gesek noka dan nosin – Kalau perlu Cocokan / gesek no.mesin, no.rangka, apakah sesuai dengan BPKB, dan STNK, jika mobil bekas tersebut memang benar-benar akan Anda beli.

Siapa pemiliknya – Ketahui status, pekerjaan, domisili penjual dengan pasti atau jelas beserta keadaan orangnya. Sehingga anda dengan mudah menghubungi pemilik lama ketika ada keperluan sehubungan mobil bekas yang anda beli

Mungkin Anda juga Menyukainya :

loading...

Berikan komentar Anda: