Tips Diet Sehat untuk Wanita umur 20 tahunan


Diet yang sehat untuk wanita 20-anTips Diet Sehat untuk Wanita umur 20 tahunan – Pada usia 20 tahunan, tubuh Anda sedang dalam mode membangun, menerapkan diet seimbang akan tetap mempertahankan berat badan yang sehat dan juga akan meningkatkan kesehatan. Wanita muda berumur 20-an dengan gaya hidup dan aktivitas yang padat tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dari seorang wanita yang lebih tua, begitupula dalam soal dietnya. Makanan yang baik untuk diet diantara buah dan sayuran, namun sayangnya menurut penelitian, konsumsi sehat buah sayur hanya dilakukan oleh 40% saja penduduk Indonesia.

Jika Anda berada diusia 20-an dan ingin mendapatkan berat badan yang ideal, mungkin perlu untuk mengikuti tips ini:

1. Mulailah Sejak Usia Dini

Semakin awal Anda memulai program diet atau penurunan berat badan, maka akan menjadi mudah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Hal ini karena metabolisme tubuh perempuan yang lebih muda cenderung lebih baik daripada semua orang yang sudah tua. Serta lebih mudah untuk menerapkan dan kebiasaan gaya hidup sehat , jika dimulai sejak usia muda.

2. Makan dengan porsi kecil namun rutin

Makan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari, dan makan 5 kali sehari dengan porsi yang kecil lebih baik jika dibandingkan makan tiga porsi yang besar. Karena dengan makan lima makanan porsi kecil sehari akan mencegah rasa lapar,  dan ini akan membuat Anda tahan terhadap godaan untuk ngemil. Ini karena makan terus-menerus dapat meningkatkan metabolisme. Lima porsi sayuran dan buah-buahan sangat penting , karena mengandung nutrisi penting bagi tubuh dan kaya serat yang baik untuk pencernaan dan membuat merasa kenyang lebih lama.

3. Dukungan dari keluarga

Jika Anda masih tinggal dengan orang tua, maka akan lebih mudah untuk menjalankan program diet. Beritahu mereka tentang program diet yang sedang Anda jalani, sehingga mereka akan membantu dalam pemilihan makanan yang baik yang disajikan untuk Anda. Jika mereka juga melakukan program diet, Anda atau mereka dapat mendukung dan mendorong satu sama lain.

Lihat Juga :  Makanan Ibu Hamil

4. Mengatur Porsi Makan

Tuangkan satu porsi sereal dalam mangkuk Anda. Kemudian hitung berapa banyak kalori dan nutrisi yang Anda konsumsi yang dilihat dari label nutrisi pada kotak sereal. Sesuaikan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dengan banyak kegiatan dan olahraga. Dengan begitu, tidak ada kelebihan nutrisi atau kalori yang tidak terpakai dan terakumulasi didalam tubuh Anda.

5. Makan Tepat Waktu

Gangguan makan seringkali terjadi pada wanita muda, terutama mereka yang sedang berusia 20 tahun. Hal ini karena aktivitas yang padat membuat mereka sering menunda makan mereka. Kebiasaan ini membuat tubuh tidak sehat,  dan juga tidak akan membantu keberhasilan progra diet yang dilakukan. Lebih baik makan porsi kecil secara teratur sepanjang hari, karena akan mencegah Anda dari perasaan lapar yang akan membuat keinginan ngemil. Camilan yang disukai untuk ngemil umumnya berkadar lemak yang tinggi, dan akan semakin mempercepat menggelembungkan tubuh Anda. Makan secara teratur juga membuat metabolisme tubuh yang baik.

6. Terkadang manjakan lidah Lidah

Menjalankan diet bukan berarti tidak lagi diizinkan untuk makan makanan ringan atau makanan yang Anda sukai. Kuncinya adalah makan sesekali, tapi itu hanya dalam porsi yang kecil. Jika Anda suka makan es krim, tidak ada salahnya jika hanya sesekali. Tapi tidak makan es krim dalam porsi besar sebelum tidur dan  setiap malam,  jelas ini akan merusak program diet yang sedang Anda jalani.

7. Perhatikan label makanan

Sebelum dimakan, ada baiknya untuk melihat label makanan. Periksa jumlah kalori, lemak, serat, protein untuk setiap kandungan yang terkandung dalam makanan tersebut. Dengan melihat makanan yang akan dikonsumsi, Anda dapat mengetahui apakah makanan benar-benar sehat atau ramah diet.

Lihat Juga :  Makanan Untuk meninggikan badan

8. Hindari Minuman berkarbonasi

Minuman ringan mengandung banyak kalori karena umumnya mengandung gula yang tinggi. Selain mengandung banyak gula, minuman ringan juga tidak memiliki nutrisi yang bermanfaat. Berdasarkan penelitian ini, minuman ringan dapat mengikis lapisan kalsium dalam tulang. Penelitian dari University of Texas Health Science Center di San Antonio menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi diet soda memiliki risiko kenaikan berat badan 43% lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengonsumsi soda biasa.

9. Hitung Jumlah Kalori Dikonsumsi makanan

Hitung kalori dari makanan yang akan Anda makan, termasuk saus, pasta dan mayones yang terkandung dalam sepiring makanan. Tidak perlu untuk menghitung menggunakan kalkulator atau matematika. Cukup untuk mengetahui jumlah kebutuhan kalori harian Anda dan mencocokkannya dengan jumlah kalori dalam makanan. Sebagai contoh, sepotong paha ayam panggang biasanya mengandung 300 kalori,  sementara cappuccino frappe dapat memiliki hingga 500 kalori. Jadi, pilihlah makanan secara cerdas. Tapi jangan hanya memperhatikan jumlah kalori, tetapi juga kandungan gizinya.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: