Tips Diet makanan sehat untuk wanita usia 40-an


Tips Diet makanan sehat untuk wanita usia 4oanUsia 40 adalah masa yang paling emosional dalam kehidupan seorang wanita. Pada usia ini, kebanyakan wanita akan mulai mengalami gejala menopause, yang bisa membuat stres. Untuk meminimalkan hal ini, solusinya adalah perbanyak konsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan seperti jeruk, pisang dan stroberi. Jangan tinggalkan makan buah-buahan dan sayuran pada setiap menu makanan sehari-hari, serta menghindari makanan mengandung lemak tidak sehat dan minuman ringan. Perubahan berat badan pada wanita saat mulai usia 40 tahun ke atas bisa terjadi dengan cukup cepat, yang dikarenakan oleh perubahan hormonal yang memicu kecenderungan tubuh penyimpanan lemak.

Berikut ini tips diet bagi wanita usia 40 tahun, agar kesehatan tetap terjaga secara optimal:

1. Asupan Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Jadi memenuhi asupan karbohidrat sangat dianjurkan setiap pagi dan sore hari saat tubuh masih aktif bergerak. Sementara itu, ketika tubuh tidak lagi banyak bergerak(seperti malam hari), justru harus menghindari karbohidrat. Karena jika tidak di bakar menjadi energi, karbohidrat akan disimpan menjadi lemak.

2. Jenis karbohidrat

Perhatikan juga jenis karbohidrat yang Anda makan. Karbohidrat olahan seperti makanan yang dikukus, roti, permen, atau makanan ringan(snack) lebih cepat dicerna oleh tubuh. Akibatnya, kadar insulin akan lebih cepat naik. Ketika insulin meningkat, tubuh akan membakar lemak lebih lambat dan membuat pinggang menjadi lebih lebar.

3. Menambahkan protein

Protein adalah salah satu kunci untuk mengendalikan jumlah lemak. Nutrisi ini bukan hanya untuk mengatur nafsu makan, tetapi juga bermanfaat merangsang produksi hormon glukagon. Hormon-hormon ini akan bekerja sama dengan insulin untuk mencegah akumulasi lemak dalam tubuh.

4. Membuat Catatan diet

Beberapa penelitian telah menunjukkan bawha  jurnal diet dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan, Andapun  juga harus mulai melakukannya. Karena melalui jurnal, Anda dapat mengelola dan mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi betis menjadi besar

5. Latihan atau olahraga

Jangan pernah meninggalkan olahraga. Kombinasikan latihan olahraga secara teratur , dan aktifitas bergerak setiap hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Karena semakin tinggi metabolisme, maka akan semakin banyak lemak yang dibakar dalam tubuh.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: