Tips Cara merawat Vagina yang benar, agar selalu sehat dan nyaman


Tips Cara merawat Vagina yang benar, agar selalu sehat dan nyamanVagina adalah bagian organ intim dan sangat sensitif, dan sangat mudah teriritasi. Ia perlu mendapat perhatian khusus, agar terhindar dari berbagai macam gangguan seperti infeksi, sakit kandung kemih, bau tak sedap, Gatal, panas , kemerahan, dan rasa tidak nyaman.  Hal ini tentu bisa mengurangi malam kemesraan Anda bersama suami, seperti tidak bersemangat, rasa sakit, hingga rasa malu karena tak mampu memberikan yang terbaik. Beberapa cara perawatan yang tidak tepat, justru dapat menyebabkan masalah.

Tips Cara merawat Vagina, agar bersih, sehat dan nyaman

Wanita pada umumnya sangat khawatir dengan bau, dan berfikir untuk bisa membuat “segar” area dibawah sana. Menggunakan deodoran dan semprotan wewangian justru bisa menyebabkan iritasi atau terasa terbakar. Makanan juga sangat menentukan kesehatan vagina, dan diet yang seimbang penuh gizi plus cukup air adalah kunci untuk mendapatkan kesehatan pada organ reproduksi.

Baca juga:

Berhubungan seks memang penting untuk menjaga keharmonisan, tapi seringkali juga disalahkan  menjadi penyebab suatu masalah pada vagina. Jadi jika Anda aktif secara seksual, kunjungilah dokter kandungan sekali dalam setahun untuk memeriksa kemungkinan adanya perubahan dan infeksi. Berikut ini beberapa tips dan cara untuk merawat vagina agar sehat dan terhidar dari berbagai macam masalah yang mengancam kesehatannya.

Diet seimbang

Kacang-kacangan, buah segar, dan sayuran tak hanya menyehatkan badan, juga termasuk menjaga kesehatan vagina. Vitamin E yang banyak ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat akan membantu untuk menjaga kulit dalam kondisi yang prima dan mencegah kekeringan vagina. Diet yang kaya buah-buahan dan sayuran segar juga bisa membantu mencegah kram menstruasi.

Lihat Juga :  Cara Alami mengatasi kram perut selama haid

Cukup minum Air

Air akan membantu semua fungsi tubuh Anda berjalan lancar, terutama untuk otot-otot dan kecukupan cairan tubuh. Membran mukosa ( yang ditemukan di tempat-tempat seperti mata, mulut, dan vagina) membutuhkan tubuh terhidrasi dengan baik agar bisa berfungsi dengan baik. Minumlair dalam jumlah yang cukup setiap hari – tidak hanya membantu pelumasan alami, tetapi juga menjaga aroma vagina lebih baik.

Minum yoghurt

Yogurt mengandung kultur hidup yang aktif alias probiotik. Hal ini yang bertanggung jawab untuk menjaga tingkat pH yang sedikit asam dalam vagina. Jus cranberi dan yoghurt dapat mencegah infeksi ragi pada vagina.

Mencucinya

Vulva dan vagina harus dibersihkan dengan menggunakan sabun batangan, bukan sabun cair karena sering mengiritasi daerah vulva yang bisa menyebabkan panas atau gatal-gatal. Namun juga tak perlu untuk mencuci vagina dengan sabun setiap kali Anda pergi kekamar kecil. Menyabun mis-V yang terlalu sering juga dapat menyebabkan iritasi .

Nggak mungkin miss V bisa berbau seperti bunga mawar

Hindari semua jenis semprotan, lotion dan deodoran khusus untuk diwilayah ini. Tidak seharusnya vagina selalu berbau seperti bunga mawar atau melati. Beberapa jenis tisu bayi dan tisu kesehatan wanita dapat menyebabkan iritasi. Juga untuk tidak menggunakan pembalut dan panty liners diluar seharusnya. Penggunaan yang terus menerus dapat menyebabkan iritasi kulit dan mencegah kulit diwilayah tersebut untuk bernapas lega.

Bersihkan dari depan

Selalu bersihkan mis v dari depan ke belakang . Cara menyeka yang salah, bisa menyeret bakteri dari lubang anus menuju area intim Anda. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan iritasi.

Hindari menggunakan Pelumas tertentu

Jika Anda merasa membutuhkan minyak pelumas saat malam kemesraan Anda, sebaiknya menghindari menggunakan Vaseline, alkohol dan pelumas keras lainnya. Pilihlah pelumas yang berbahan dasar air atau pelumas berbasis silikon. Lakukanlah hubungan seks yang aman, hanya satu pasangan, atau tidak melibatkan benda yang bukan seharusnya kedaerah intim Anda. Seks yang tidak aman beresiko tertular penyakit berbahaya (PMS). Baca juga tentang akibat dan cara penularan sifilis disini

Lihat Juga :  Makanan cepat saji yang harus dihindari wanita hamil

Perhatikan perubahan

Tanda-tanda utama adanya ketidakseimbangan pada miss v adalah adanya perubahan bau, debit cairan, bentuk, gatal atau rasa nyeri saat berhubungan seksual. Jika terjadi demikian, carilah pengobatan yang tepat seperti yang dikatakan dokter spesialis kandungan.

Lihat dan perhatikan

Pastikan Anda tahu segala sesuatu tentang organ intim Anda yang satu ini . Ambilah cermin, dan lihat apa yang sedang terjadi. Lihat dan sentuhlah ia, dan rasakan apakah ada perubahan?..

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: