Tips Cara Menurunkan Tekanan darah tinggi


Cara mencegah dan menurunkan darah tinggiPenyakit tekanan darah tinggi atau juga sering disebut hipertensi adalah penyakit yang kian populer saja dewasa ini. Namun Kondisi ini tak boleh dianggap remeh, komplikasi yang bisa ditimbulkan bisa sangat berat terutama penyakit jantung. Tekanan darah tinggi akan meningkatkan resiko mengalami serangan jantung, stroke dan bahkan disfungsi ereksi. Sayangnya, orang baru peduli terhadap tekanan darahnya ketika sudah sangat tinggi dan semakin sulit untuk diatasi. Baca juga: Cara alami Menurunkan darah tinggi dengan jus seledri

Tips Cara mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi

Ada beberapa cara yang mudah dan menyenangkan untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, yaitu:

Rajin mengukur tensi  sendiri dirumah

Jangan hanya merasa masih muda, lantas mengabaikan kesehatan pembuluh darah. Ingatlah, saat ini penyakit darah tinggi atau penyakit kardiovaskular tak hanya didominasi kaum tua Saja. Bahkan, usia 25 tahunpun banyak yang tiba-tiba diketahui terkena serangan stroke. Untuk itu rajin mengukur tekanan darah demi mencegah hal demikian sangat dibutuhkan demi menurunkan resiko,  atau agar segera mengetahui gejala dan segera melakukan tindakan pengobatan lebih dini. Namun secara teratur mengukur tekanan darah dirumah lebih baik untuk memprediksi risiko kardiovaskuler, jika dibandingkan dengan di rumah sakit. Seseorang bisa memilih alat pengukur tekanan darah digital yang akurat, sehingga dapat mengetahui tekanan darahnya setiap kali ia butuhkan.

Tertawa

Tertawa lepas karena merasa senang atau melihat hal yang lucuternyata dapat membuat pembuluh darah membesar sebesar 22 persen,  dan aktifitas fisik dari tertawa akan membuat pembuluh darah melebar dan meningkatkan aliran darah. Dengan demikian aliran darah pada pembuluh darah menjadi lancar, sehingga akan mengurangi tekanan darah. Sebaiknya seseorang tertawa 15 menit sehari, bisa dengan membaca cerita atau menonton hiburan lucu. Orang stres biasanya sulit tertawa, oleh karena itu stres bisa dikatakan sebagai biangnya penyakit.

Lihat Juga :  Khasiat dan Manfaat buah Jengkol

Mengonsumsi dark chocolate

Sebyah Penelitian yang pernah dilakukan di Italia pada tahun 2008 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi dark chocolate setiap hari selama 15 hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 4,5 poin dan diastolik(angka bawah) sebesar 4,2 poin. Tetapi cokelat yang sehat adalah yang mengandung antioksidan dan tervuat dari 65 persen kakao, ini bisa didapat dari dark chocolate.

Melakukan hubungan seks

Banyak Manfaat berhubungan seks bagi kesehatan, terutama bagi Pria yang melakukan hubungan seks dua kali dalam seminggu memiliki risiko 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung, dibandingkan yang hanya melakukannya hanya sekali saja dalam sebulan. Penelitian yang pernah dilakukan oleh New England Research Institute, menunjukkan tekanan darah yang lebih rendah dan respons pembuluh darah yang lebih baik saat dalam keadaan stres, terjadi pada mereka yang rajin melakukan seks.

Mendengarkan musik

Telah diketahui bahwa Manfaat mendengarkan musik baik bagi kesehatan, salah satunya dapat melebarkan arteri. Mendengarkan musik yang berirama homogen (beatnya stabil) selama 30 menit sehari, serta dikombinasikan dengan latihan pernapasan dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Musik yang tepat dapat menghilangkan cemas dan menghindari penyempitan pembuluh darah.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: