Tips Cara Menulis blog atau media online


Cara Menulis di BlogSeseorang yang mengelola dan  menulis sebuah media online atau blog,  pasti menginginkan tulisannya banyak disukai dan mendapat banyak kunjungan.Secara demikian, blog pasti akan memiliki”nilai ekonomis”,  sehingga mampu menghasilkan pemasukan tambahan bagi pengelola.

Agar blog menjadi demikian, ternyata tidak hanya bisa terjadi begitu saja sobat.Ada teknik menulis yang baik diblog, sehingga artikel hasil tulisan kita menarik dibaca hingga tuntas.
Bukan hanya itu saja sobat yang mesti diperhatikan, sebab menulis berita/artikel di blog itu beda dengan menulis dikoran atau majalah fisik.Sebagai seorang bloger(penulis dan pengelola blog), penting untuk memperhatikan sisi non pengunjung manusia atau seringkali disebut dengan crawler.

Apa itu Crawler?

Kalau orang IT/bloger pasti paham apa itu yang namanya crawler.Bagi yang belum tahu apa itu crawler nih, saya mohon ijin untu  menjelaskannya disini.

Crawler atau jika di Indonesiakan mungkin artinya adalah “perayap”.Perayap yang dimaksud adalah sebuah alat yang merupakan bagian dari mesin pencari, yang sanggup bekerja sendiri sesuai dengan program yang menjalankannya (seringkali disebut robot/bot/spider).
Dikatakan robot, namun Crawler bukanlah seperti  robot yang memiliki bentuk  fisik, dimana tubuhnya terbuat dari kaleng dan memakai baterai.Crawler disini adalah robot yang cuma terdiri dari barisan algoritma atau perintah tertentu dalam bahasa pemrograman komputer yang berjalan secara otomatis pada server mesin pencari.

Sebutan sebutan untuk crawler masing-masing mesin pencari:

Googlebot = Crawler Mesin pencari milik google
Yahoobot = Crawler Mesin pencari milik yahoo search
MSNbot = Crawler Mesin pencari milik MSN
Alexabot = Crawler Mesin pencari milik Alexa
Dan masih banyak lagi sebutan crawler yang dimiliki oleh masing-masing search engine yang ada.

Dalam melaksanakan kerjanya, crawler akan menelusuri seluruh situs yang diijinkan atau yang memungkinkan dan kemudian mengambil analisa, merekam, menyimpan data dan kemudian situs tersebut layak atau tidak untuk ditampilkan pada hasil penelusuran.

Lihat Juga :  Tips Belanja Online Aman

Crawl akan mengambil dan menyimpan data dari sebuah  situs, kemudian akan menampilkannya didalam hasil pencarian meliputi tittle (judul), url/permalink dan deskripsi artikel, berdasarkan kata kunci yang dikirim oleh pengguna mesin pencari.Selain itu, crawler juga akan menyimpan dan menampilkan data berstruktur seperti foto profil atau nama penulis, jika ini diinginkan oleh pemilik blog.Gambar: Hasil pencarian GoogleCara menulis diblog atau online media
Segala upaya yang dilakukan agar sebuah situs mendapat perhatian dan memiliki nilai lebih dimata crawler, dengan mengharapkan agar halaman situs bisa menduduki posisi terbaik pada hasil pencarian biasa disebut dengan istilah SEO (SEarch Engine Optimization).

Itulah sedikit perbedaan teknik menulis untuk media online (blog) dan menulis dikoran atau majalah offline.

Berikut ini beberapa tips untuk menulis artikel di blog, sehingga blog mendapatkan banyak kunjungan dan disukai pembaca:

(Seperti dikutip dari romeltea.com from advancingthestory.com)

  1. Keep it short “jaga naskah agar tetap ringkas.
  2. Be direct “langsung saja ke pokok masalah, inti berita.
  3. Use bullets “gunakan bullets atau numbering.
  4. Start with the most important “awali tulisan dengan info yang paling penting.
  5. Write conversationally “tulis dengan gaya bahasa percakapan.
  6. Link to other stories “tautkan ke berita lain .
  7. Dont cut & paste “jangan lakukan copy-paste dari berita orang lain.
  8. Use key words “gunakan kata-kata kunci.
  9. Use subheads “gunakan subjudul.
  10. Strive for clarity, not creativity “naskah online harus mengutamakan kejelasan, bukan kreativitas.

Ingin memiliki blog yang disukai dan memilki banyak pengunjung?, silahkan saja untuk menerapkan tips tips diatas.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: