Tips Cara Meningkatkan IQ anak


Cara meningkatkan IQ anakTips Cara Meningkatkan IQ anakĀ ~ Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas.Seringkali disekolahan diadakan test IQ untuk mengetahui kecerdasan si anak.Lalu apa yang anda lakukan jika mengetahui hasil test IQ anak anda dilbawah perkiraan?,,,,Jangan khawatir, IQ seorang anak bisa ditingkatkan dengan beberapa cara yang dapat diterapkan dalam keseharian dirumah.

Berikut Tips Cara Meningkatkan IQ anak berdasarkan banyak penelitian, sehingga anak menjadi cerdas dan pintar seperti harapan semua orang tua:

1. Menyediakan sarapan sehat setiap pagi

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Ulm University, Jerman, menyimpulkan bahwa seorang pelajar yang mengawali hari dengan sarapan pagi setiap harinya, memiliki memori yang tajam dan lebih waspada dibandingkan dengan pelajar lain yang melewatkan sarapan pagi. Sementara sebuah studi lainnya dari Inggris juga menyimpulkan bahwa sarapan yang kaya karbohidrat kompleks ternyata sangat membantu anak-anak mempertahankan kinerja mental, khususnya mempengaruhi perhatian dan memori.

Dengan memberikan sarapan yang sehat seperti buah, sereal gandum, susu rendah lemak dan makanan kaya protein seperti kacang-kacangan dan telur agar anak mendapatkan sumber utama bahan bakar yang dibutuhkan otak.

2. Membuat pertanyaan untuk memancing ide anak

Tanyakan kepada anak beberapa pertanyaan, seperti bagaimana harinya di sekolah, atau dimana liburan terbaik menurutnya. Hal ini akan mendorong anak Anda untuk memikirkan ide-ide baru yang dapat membantu menciptakan hubungan saraf baru di otak.

3. Pemenuhan asupan asam lemak omega-3 pada anak

Asam lemak omega-3 bermanfaat bagi otak dengan mengaktifkan area otak yang berpotensi mendorong peningkatan perhatian, memori dan aspek kognitif lainnya.

Berikan suplemen minyak ikan dan beberapa makanan lain yang diperkaya oleh asam lemak omega-3 dan DHA.

Lihat Juga :  Ramuan Obat Kuat Seks Alami Khusus Pria

4. Kenalkan permainan edukatif pada anak

Permainan seperti teka-teki membutuhkan ketrampilan, strategi dan memori otak untuk menyelesaikannya. Bermain permainan yang edukatif dapat membantu otak anak Anda menjalin hubungan saraf baru.

5. Memprioritaskan jam tidur anak

Jika anak Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, dirinya mungkin akan kehilangan kemampuan otak yang berharga. Tidur mempengaruhi setiap aspek fungsi kognitif anak, termasuk perhatian, memori, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Dari berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak mendapatkan cukup tidur lebih mungkin untuk berperilaku buruk di sekolah dan kesulitan memusatkan perhatian pada pelajaran.

Tetapkan waktu tidur yang konsisten dan waktu bangun untuk anak Anda, matikan TV, komputer atau perangkat lain dua jam sebelum anak berangkat tidur.

6. Membangun suasana keluarga yang hangat

Suasana emosional yang hangat dan stabil sangat penting untuk perkembangan fungsi kognitif dan ketrampilan anak. Sebaliknya, anak-anak dengan orang tua yang keras memiliki risiko yang lebih besar terhadap masalah ketrampilan. Demikian menurut sebuah penelitian yang mengemuka akhir-akhir ini.

7. Ajak anak berolahraga

Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur bermanfaat terhadap kesehatan secara keseluruhan dan juga fungsi otak.

Sebuah penelitian terbaru di Medical College of Georgia di Augusta menemukan bahwa ketika anak-anak yang kelebihan berat badan pada usia 7 sampai 11 dan berolahraga selama 20 atau 40 menit sehari, mengalami perbaikan fungsi kognitif otak setelah 13 minggu.

Hal tersebut terjadi karena gerak mengaktifkan daerah penting di otak yang mempengaruhi daya pikir anak. Ajak anak untuk melakukan olahraga pilihannya atau ajaklah anak bersepeda secara rutin.

8. Ajak anak berlatih memainkan alat musik

Peneliti dari Perancis menyatakan bahwa pelatihan musik selama 6 bulan saja dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak.

Lihat Juga :  Tips mencegah autisme - Saat bayi dan selama kehamilan

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: