Tips Cara Mengecilkan Perut


jogging olahraga mengecilkan perutMasalah perut gendut saat ini merupakan hal yang paling banyak dibicarakan dalam hal kesehatan. Tak hanya merusak penampilan, perut yang gendut pada umumnya juga dapat menimbulkan masalah lain terkait kesehatan. Ada ungkapan yang mengatakan ” Semakin pangang ukuran ikat pinggang, maka akan semakin pendek umur seseorang”. Tidak menakut-nakuti, karena perut gendut pada umumnya dipicu oleh kebiasaan yang tak sehat. Pola makan yang buruk,serta gaya hidup yang tak sehat adalah faktor umum penyebabnya. Pada akhirnya produksi lemak yang tak terkontrol akan disimpan, dan memenuhi lapisan bawah kulit perut Anda. Lama-kelamaan lemak ini akan menebal, dan semakin sulit untuk dihilangkan.

Tips Cara Mengecilkan Perut

Sebelum Anda melakukan tips cara untuk mengecilkan perut, ada baiknya untuk segera merubah gaya hidup Anda. Jika tidak, upaya apapun akan sangat sulit untuk membantu. Tidak ada tongkat ajaib yang dapat menyelesaikan masalah ini hanya satu malam.

Atur Pola Makan

  1. Jangan makan berlebihan, asal cukup gizi dan protein. Makan maksimal cukup hanya 3 kali saja dalam sehari . Sediakan ruang dalam perut Anda yang cukup, antara air, makanan dan udara. Membiasakan makan dalam porsi besar dapat menyebabkan lambung melar, sehingga semakin mudah merasa kelaparan.
  2. Untuk sarapan, sebaiknya hanya memasukkan 200 kalori kedalam tubuh. Sedikit nasi, satu butir telur dan segelas susu sudah baik.
  3. Perbanyak makan sayur dan buah yang mengandung serat tinggi, untuk melancarkan proses pencernaan didalam perut.
  4. Jangan makan makanan cepat saji, dimana sangat tinggi mengandung kalori dan lemak tinggi. Terutama makanan yang diolah dengan digoreng.
  5. Jangan ngemil, karena ngemil biasanya dilakukan sedikit-sedikit namun sering. Ngemil makanan yang tidak sehat seperti ini akan sangat mempercepat menumpuk lemak di bawah lapisan kulit perut. Biasakan kenyang pada pagi hari dengan sarapan, untuk mencegah kelaparan pada siang harinya yang mendorong keinginan ngemil. Jika masih kelaparan, sebaiknya makan buah-buahan yang rendah kalori.
  6. Jangan melakukan diet yang menjauhi makanan berprotein. Jangan menambah karbohidrat yang Anda makan secara berlebihan, misalnya nasi putih, roti,mie, dll. Sebagai gantinya Anda bisa makan sayuran dan buah-buahan.
Lihat Juga :  Diet dan beban glikemik untuk menjaga diabetes

Atur pola hidup

  1. Jangan makan malam 3 jam sebelum tidur, serta mendapatkan tidur yang cukup. Tidur cukup artinya tak kurang dan tak kelebihan, orang dewasa rata-rata bisa tidur dengan cukup antara 7 sampai 8 jam.
  2. Hindari minum alkohol, dan minuman yang manis-manis seperti soft drink. Lebih baik perbanyak minum air putih, terutama dipagi hari.
  3. Jaga diri Anda agar jangan sampai mengalami stress. Sters bisa memicu hormon-hormon tertentu dalam tubuh yang bisa membuat tubuh Anda semakin banyak menyimpan lemak diperut. Untuk menghindari stres, yang umum saja adalah dengan melakukan kegiatan outdoor, atau menjalankan hobi yang positif. Jika Anda muslim,  menekatkan diri dengan perbanyak Dzikir kepada Allah adala cara jitu untuk menghindari stress.

Meakukan cara-cara mengecilkan perut

Setelah Anda berhasil menjaga pola makan dan gaya hidup diatas, mungkin beberapa hal dibawah ini bisa Anda lakukan untuk membantu mengecilkan perut Anda.

  1. Berpuasa sunnah. Selain mendapatkan pahala, puasa sunah juga akan menjaga kesehatan Anda, khususnya untuk mengecilkan perut buncit. Namun malam harinya jangan balas denda, dengan makan yang berlebihan.
  2. Selain mengatur  pola makan, mengecilkan perut buncit bisa dibantu dengan melakukan olahraga yang bisa mengecilkan perut.  Anda bisa melakukan Olahraga kardio ( exercise cardiovasculer), yang dikenal sangat efektif untuk membakar kalori. Jika tubuh kehabisan kalori dari makanan yang Anda makan, maka akan mengambilnya dari lemak yang disimpan dalam perut Anda untuk dibakar sebagai energi. Tentu saja hal ini akan semakin merampingkan perut, karena cadangan lemak anda akan terus menipis. Selain itu Anda juga bisa melakukan olahraga super kardio-aerobik, atau olahraga yang paling bikin jantung terpacu seperti lari, renang, sepakbola, dan sebagainya.
  3. Olahraga melatih otot perut yang murah meriah yang dapat membantu adalah olahraga seperti sit up atau push up. Olahraga sit up yang dilakukan dengan benar dan teratur juga akan membantu untuk mengecilkan perut  buncit Anda, yang penting kedisiplinan untuk melakukan setiap hari.
  4. Beberapa suplemen untuk membantu mengecilkan perut bisa juga menjadi pilihan untuk mendapatkan optimasi yang tepat. Suplemen biasanya bersifat membantu mendetoksifikasi tubuh, membantu agar lemak mudah di keluarkan, menyediakan nutrisi yang tepat untuk diet, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Lihat Juga :  Dampak Sering kurang tidur dan Kematian Dini

Tak ada jalan pintas untuk mengecilkan perut buncit selain melakukan operasi sedot lemak. Meskipun melakukan operasi, jika pola makan dan gaya hidup tak diubah juga pada akhirnya bisa tak berguna. Dalam hal ini, hanya kedisiplinanlah yang dapat mengubah bentuk tubuh ideal Anda.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: