Tips Cara mengatasi kutu rambut


mengatasi kutu rambutKutu rambut(jawa: Tumo) yang hinggap dikepala benar-benar membuat banyak orang jengkel. Bagaimana tidak, akibat gigitan kutu ini menimbulkan rasa yang benar-benar menyiksa  yang ditandai dengan rasa sangat gatal, panas, dan biasanya disertai dengan tanda bintik merah bekas gigitan. Tidak hanya itu, telur kutu yang bertebaran itu sulit untuk diambil, walaupun menggunakan sisir anti kutu. Selain bikin orang tersiksa, masalah kutu pada umumnya seringkali juga bikin malu.

Kalau pada orang dewasa, mengatasi kutu bisa dibilang lebih mudah, karena orang dewasa pada umumnya bisa konsisten untuk membasmi kutu rambut sampai ke telur-telurnya. Sedangkan anak-anak pada umumnya relatif lebih sulit, karena mereka seringkali tidak tahan dengan “terapi” membasmi kutu yang harus dilakukan berulangkali.

Lalu bagaimana cara mengatasi kutu rambut ini?

Periksa rambut anak secara rutin.

Sangat umum kutu rambut menyerang anak-anak, karena pada umumnya mereka masih suka bermain dan berkumpul dengan banyak teman-temannya. Hal ini karena kutu sangat mudah berpindah dari rambut anak yang satu ke rambut anak yang lain.  Jadi jika Anda menemukan  anak-Anda sering menggaruk kepala, sebaiknya segera diperiksa kemungkinan adanya kutu. Perkembangan serangga ini sangat cepat sekali, sehingga penanganan akan semakin sulit jika semakin bertambah banyak.
menggunakan sisir gigi rapat khusus kutu dan cuka.

Sisir ini cukup membantu, walaupun tidak bisa membasmi kutu hingga tuntas. Agar kutu mudah terlepas dari rambut ketika disisir, sebelumnya Anda bisa menggunakan bantuan cuka. Caranya, bikin larutan cuka dan air hangat dengan perbandingan yang sama, setelah itu rendam handuk pada larutan dan gunakan handuk tersebut gunakan untuk menutup kepala selama 1 jam. Setelah itu kutu akan lebih mudah jatuh ketika disisir. Lakukan sesering mungkin, karena telur kutu(Jawa: Lingso) tidak akan hilang dengan cara ini – jadi tunggu setelah menetas.

Lihat Juga :  Cara menyukai pekerjaan yang sebenarnya kita benci

Menggunakan obat anti kutu rambut.

Menggunakan obat pembasmi kutu bisa menjadi pilihan, walaupun terkadang tidak bisa membersihkan hingga samasekali tuntas. Perlu beberapa kali dilakukan, karena telur kutu biasanya tidak terpengaruh dengan obat ini. Jadi, penggunaan beberapa kali akan memastikan jika kutu yang baru menetas akan mati terkena obat sebelum sempat berkembang biak kembali.

Menggunakan daun mindi

Memanfaatkan Daun mindi adalah cara alternatif yang baik untuk membasmi serangga rambut ini. Jika pohon ini mudah didapatkan ditempat Anda, maka Anda bisa mencoba cara tradisional ini. Pohon mindi, atau memiliki beberapa nama ditempat lain yaitu gringging, dan  cakra-cikri, memiliki biji yang sangat beracun terhadap serangga dan ikan. Caranya cukup mudah, ambil daun mindi, tumbuk hingga hancur, tambahkan air biasa dan diperas. Air perasan daun mindi ini bisa digunakan pada rambut beberapa lama sebelum keramas. Atau bisa juga digunakan pada saat sebelum tidur, dan keramas pada pagi harinya. Lakukan berkali kali hingga kutu benar benar pergi dari rambut anda atau anak Anda.

Coba gunakan jeruk nipis.

Jeruk nipis juga bisa dipergunakan untuk mengusir kutu, selain bisa membantu membersihkan ketomb. Bisa juga dicampur dengan sedikit minyak kayu putih, kemudian dibalurkan ke rambut hingga ke akarnya. Atau bisa juga secara langsung dengan cara menggosokkan potongan jeruk nipis langsung ke kepala, dan kutu-kutu  akan mati dan tertempel  pada potongan jeruk. Pada saat keramas dan sebelum membilas rambut(masih berbuih), gunakan kaos dalam atau kain putih yang bahannya agak kasar yang sudah dibasahi untuk menyisir area kepala. Kutu dan telur kutu biasanya akan ikut tertempel pada kaos tsb. Lakukan beberapa kali pada saat keramas.

Lihat Juga :  Cara mengembalikan Facebook yang dihack

Cuci sprei dan selimut

Kutu bisa hidup sementara di sprei, selimut, atau bahan kain lainnya termasuk boneka anak-anak dll. Jadi supaya kutu tida sempat berpindah lagi kekepala, sebaiknya cuci dengan sebelumnya direndam dengan air panas selama sekitar 10-20menit.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: