Cara mudah Hidup Sehat


Tips Cara Hidup SehatApakah hidup sehat itu?, Bagaimana cara hidup sehat?. Hidup sehat adalah cara hidup yang dilakukan, yang bertujuan untuk memastikan kesehatan fisik dan mental. Cara hidup sehat itu mudah, dan tak selalu harus mahal. bahkan yang mahal pun belum tentu bisa menjamin kesehatan tubuh kita. Yang penting adalah konsistensi dalam melaksanakannya, yang didasari atas kemauan dan kedisiplinan.

Lalu cara-cara apa saja yang harus dilakukan, untuk memastikan kesehatan tubuh kita?

Ada beberapa faktor yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dikatakan sehat. Seperti lingkungan, gaya hidup, kebersihan, diet dan pola makan.

Kebersihan lingkungan dan tempat tinggal

Untuk menunjang kesehatan, lingkungan tinggal kita harus dipastikan bersih. Seperti kita tahu, lingkungan yang kotor berpotensi tinggi untuk mengundang berbagai macam penyakit. Hewan-hewan pembawa penyakit seperti tikus, lalat, kecoa, bakteri, dll adalah paling suka tinggal dilingkungan yang tidak bersih. Pastikan lingkungan tinggal kita bersih, dengan melakukan berbagai aktifitas yang mendukung kebersihan.

Rumah adalah Tempat tinggal kita sehari-hari, sehingga harus mendukung beberapa syarat sebagai rumah yang sehat. Rumah yang sehat harus memiliki sistem sanitasi, sirkulasi udara yang baik, serta seluruh ruangan cukup mendapatkan cahaya matahari. Rumah yang sehat adalah rumah yang letaknya jauh dari polutan, seperti pembuangan limbah pabrik, dll. Dan alangkah sempurnanya jika rumah juga memiliki pekarangan, yang bisa ditanami berbagai macam tanaman. Pohon adalah filter udara, yang akan mengubah zat co2 menjadi oksigen, yang akan menjaga udara dilingkungan rumah tetap segar dan bersih. Sebaiknya tidak tinggal satu ruangan dengan hewan piaraan, karena hewan seperti anjing dan kucing bisa membawa parasit yang bisa membahayakan kesehatan.

Lihat Juga :  Manfaat dan efek samping terapi ikan

Gaya hidup

Gaya hidup yang baik akan memastikan kesehatan yang baik. Untuk menjalankan gaya hidup yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan jauhi:

#Perlu dijauhi atau dikurangi

Merokok, dan minuman keras dan narkoba – Sebenarnya semua orang sudah pada tahu dampak akibat merokok, narkoba serta minuman keras. Semuanya merupakan aditif, yang akan sulit dihilangkan jika sudah terbiasa. Jika ingin hidup sehat, harus mau meninggalkan itu semua. Baca juga:Dampak minuman keras, dan  Bahan kimia berbahaya pada rokok

Menjauhi makanan yang tidak sehat – Junkfood atau makanan cepat saji adalah makanan tidak sehat, karena umumnya mereka banyak mengandung garam dan bahan kimia lain, seperti macam-macam zat pengawet dan pewarna. Minuman mengandung soda juga perlu untuk diperhatikan. Banyak dampak buruk bagi kesehatan yang bisa ditimbulkan dari minuman bersoda, diantaranya diabetes, ginjal dll. Solusinya, Anda bisa mengganti minuman bersoda dengan minuman alami lain yang menyehatkan, seperti air kelapa muda. Air kelapa mengandung elektrolit yang sangat baik dan dibutuhkan tubuh manusia, yaitu kalium. Baca juga: Khasiat Khasiat manfaat air kelapa bagi tubuhDampak buruk makanan cepat saji, Efek samping softdrink dapat membahayakan Ginjal

Kurang tidur – Untuk memiliki tubuh yang sehat, manusia juga perlu untuk cukup istirtahat. Orang dewasa sehat perlu tidur malam minimal 7 jam setiap hari. Hindari kurang tidur, sebab beberapa hormon penting manusia hanya bisa diproduksi ketika tidur malam yang nyenyak. Jagalah kualitas tidur Anda dengan cara mengurangi waktu begadang, tidur tepat waktu, dan melakukan beberapa hal yang dapat menunjang kualitas tidur. Baca juga: Resiko sering tidur larut malam

Lihat Juga :  Inilah 10 Buah eksotik Asli Indonesia

Jangan sering mengalami kelelahan – Beraktifitas fisik memang baik, akan tetapi jika berlebihan dan menimbulkan kelelahan justru akan menjadi tidak baik. Lakukan aktifitas yang terukur, sesuai dengan kemampuan fisik manusia. Duduk yang terlalu lama juga dapat membuat tubuh kelelahan, dan akibatnya juga sangat tidak baik bagi kesehatan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: