Cara mudah Hidup Sehat


Tips Cara Hidup SehatApakah hidup sehat itu?, Bagaimana cara hidup sehat?. Hidup sehat adalah cara hidup yang dilakukan, yang bertujuan untuk memastikan kesehatan fisik dan mental. Cara hidup sehat itu mudah, dan tak selalu harus mahal. bahkan yang mahal pun belum tentu bisa menjamin kesehatan tubuh kita. Yang penting adalah konsistensi dalam melaksanakannya, yang didasari atas kemauan dan kedisiplinan.

Lalu cara-cara apa saja yang harus dilakukan, untuk memastikan kesehatan tubuh kita?

Ada beberapa faktor yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dikatakan sehat. Seperti lingkungan, gaya hidup, kebersihan, diet dan pola makan.

Kebersihan lingkungan dan tempat tinggal

Untuk menunjang kesehatan, lingkungan tinggal kita harus dipastikan bersih. Seperti kita tahu, lingkungan yang kotor berpotensi tinggi untuk mengundang berbagai macam penyakit. Hewan-hewan pembawa penyakit seperti tikus, lalat, kecoa, bakteri, dll adalah paling suka tinggal dilingkungan yang tidak bersih. Pastikan lingkungan tinggal kita bersih, dengan melakukan berbagai aktifitas yang mendukung kebersihan.

Rumah adalah Tempat tinggal kita sehari-hari, sehingga harus mendukung beberapa syarat sebagai rumah yang sehat. Rumah yang sehat harus memiliki sistem sanitasi, sirkulasi udara yang baik, serta seluruh ruangan cukup mendapatkan cahaya matahari. Rumah yang sehat adalah rumah yang letaknya jauh dari polutan, seperti pembuangan limbah pabrik, dll. Dan alangkah sempurnanya jika rumah juga memiliki pekarangan, yang bisa ditanami berbagai macam tanaman. Pohon adalah filter udara, yang akan mengubah zat co2 menjadi oksigen, yang akan menjaga udara dilingkungan rumah tetap segar dan bersih. Sebaiknya tidak tinggal satu ruangan dengan hewan piaraan, karena hewan seperti anjing dan kucing bisa membawa parasit yang bisa membahayakan kesehatan.

Gaya hidup

Gaya hidup yang baik akan memastikan kesehatan yang baik. Untuk menjalankan gaya hidup yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan jauhi:

#Perlu dijauhi atau dikurangi

Merokok, dan minuman keras dan narkoba – Sebenarnya semua orang sudah pada tahu dampak akibat merokok, narkoba serta minuman keras. Semuanya merupakan aditif, yang akan sulit dihilangkan jika sudah terbiasa. Jika ingin hidup sehat, harus mau meninggalkan itu semua. Baca juga:Dampak minuman keras, dan  Bahan kimia berbahaya pada rokok

Menjauhi makanan yang tidak sehat – Junkfood atau makanan cepat saji adalah makanan tidak sehat, karena umumnya mereka banyak mengandung garam dan bahan kimia lain, seperti macam-macam zat pengawet dan pewarna. Minuman mengandung soda juga perlu untuk diperhatikan. Banyak dampak buruk bagi kesehatan yang bisa ditimbulkan dari minuman bersoda, diantaranya diabetes, ginjal dll. Solusinya, Anda bisa mengganti minuman bersoda dengan minuman alami lain yang menyehatkan, seperti air kelapa muda. Air kelapa mengandung elektrolit yang sangat baik dan dibutuhkan tubuh manusia, yaitu kalium. Baca juga: Khasiat Khasiat manfaat air kelapa bagi tubuhDampak buruk makanan cepat saji, Efek samping softdrink dapat membahayakan Ginjal

Kurang tidur – Untuk memiliki tubuh yang sehat, manusia juga perlu untuk cukup istirtahat. Orang dewasa sehat perlu tidur malam minimal 7 jam setiap hari. Hindari kurang tidur, sebab beberapa hormon penting manusia hanya bisa diproduksi ketika tidur malam yang nyenyak. Jagalah kualitas tidur Anda dengan cara mengurangi waktu begadang, tidur tepat waktu, dan melakukan beberapa hal yang dapat menunjang kualitas tidur. Baca juga: Resiko sering tidur larut malam

Jangan sering mengalami kelelahan – Beraktifitas fisik memang baik, akan tetapi jika berlebihan dan menimbulkan kelelahan justru akan menjadi tidak baik. Lakukan aktifitas yang terukur, sesuai dengan kemampuan fisik manusia. Duduk yang terlalu lama juga dapat membuat tubuh kelelahan, dan akibatnya juga sangat tidak baik bagi kesehatan.

Lihat Juga :  Nutrisi dan Gizi penting yang dibutuhkan saat Hamil

Kurangi minum kopi – Maksimal minum kopi yang sehat adalah 2 cangkir perhari. Kurang atau bahkan kalau perlu mengganti kopi dengan minuman yang lebih sehat, seperti teh, teh jahe dan teh hijau alami.

Kurangi asupan garam dan gula yang tinggi – jangan suka menambahkan garam kedalam makanan anda yang sudah dimasak dengan cukup garam. Ada takaran sehat asupan garam perhari. Berlebihan garam beresiko terhadap penyakit kardiovaskular, yang akan mengarah kepada penyakit darah tinggi, stroke dan jantung. [Baca juga: Dampak terlalu banyak makan garam ] . Terlalu banyak makan gula juga sangat buruk bagi kesehatan, baca juga: Dampak terlalu banyak dan sering makan gula

Jangan menahan – Ingin kebelakang(kamar kecil),  adalah proses alami tubuh untuk membuang zat-zat beracun sisa metabolisme. Menahan pipis dan BAB, sama saja dengan mempertahankan zat beracun bertahan lama dalam tubuh. Segera mungkin untuk pipis, adalah salah satu upaya untuk mempertahankan kesehatan. Sementara sering menahan pipis, akan meningkatkan resiko penyakit seperti batu ginjal.

Harus atau penting dilakukan

Mangatur pola makan yang baik- Pola makan yang baik adalah cukup untuk membuat agar kita tidak kelaparan. Makan jangan sampai kekenyangan, juga jangan sampai terlambat ketika sudah merasa lapar.

Mendapatkan tubuh Cukup cairan – Minum air dalam jumlah yang disarankan untuk memastikan tubuh agar tidak dehidrasi. Tubuh manusia 80% adalah cairan, dan kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi yang akan mengganggu metabolisme dan kerja organ tubuh. Ginjal adalah organ yang akan sangat keras bekerja, jika tubuh dehidrasi. Sumber cairan tubuh terbaik adalah air putih, dan ada aturan untuk mendapatkan jumlah air putih yang harus dipenuhi. Air putih juga bermanfaat untuk membantu tubuh mendetoksifikasi semua racun yang masuk kedalam tubuh melalui udara dan makanan. Baca: Pentingnya minum air putih, dan Ukuran Minum air putih perhari yang benar

Makan banyak jenis sayuran dan buah-buahan – Setiap jenis sayuran akan memberikan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda bagi tubuh. Maka semakin bervariasai sayuran yang kita makan, maka kita akan memenuhi banyak nutrisi yang sangat diperlukan. Sayuran berwarna seperti wortel, ketela rambat, labu, dll merupakan sumber betakaroten, sementara sayuran hijau mengandung zat besi, vitamin, mineral dan serat. Buah-buahan juga terkenal akan kandungan vitamin, serat, mineral, dan zat antioksidan. Banyak nutrisi penting dari sayuran dan buah yang tidak bisa diperoleh dari jenis makanan lain. Baca: Manfaat sayuran

Makan Ikan dan daging (sapi, unggas) – Ikan, daging, unggas adalah adalah sumber protein terbaik yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan jaringan. Protein juga merupakan sumber energi yang baik tanpa memberikan banyak glukosa seperti halnya karbohidrat. Ikan laut seperi salmon dan tuna dikenal sangat banyak mengandung omega 3, yaitu asam lemak yang akan menutrisi otak kita.

Makan Biji-bijian dan kacang-kacangan – Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung serat, omega 3, vitamin B kompleks dll. Nasi putih yang kita makan sehari hari adalah sumber karbohidrat yang baik, yang digunakan untuk memproduksi energi tubuh kita. Walaupun protein bisa diambil sebagai sumber energi, tubuh kita juga masih sangat membutuhkan karbohidrat.

Minum Susu – Susu adalah sumber kalsium, yang dikenal penting untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Walaupun banyak sumber kalsium lain, namun susu adalah sumber terbaiknya. Selain itu, susu juga sumber vitamin dan mineral penting lainnya. Susu skim rendah lemak, bisa menjadi pilihan jika takut akan efek kegemukan.

Lihat Juga :  Kesalahan umum Binaragawan pemula

Melakukan Aktifitas fisik – Dokter manapun pasti akan mengharuskan tubuh manusia untuk mendapatkan aktifitas fisik yang cukup. Olahraga adalah aktifitas fisik yang dilakukan dengan terarah dan teratur, dan sangat dianjurkan oleh orang yang kerja atau aktifitasnya nya tak banyak melibatkan fisik. Manfaat olahraga adalah untuk melatih ketahanan otot, melancarkan peredaran darah, mengeluarkan racun melalui keringat, membakar kelebihan lemak. Dampak baik kesehatan karena olahraga terutama adalah jantung yang sehat,  tubuh yang bugar dan selalu bersemangat.

Menjaga kebersihan tubuh – Mandi, menyikat gigi, mencuci tangan sebelum makan, adalah beberapa rutinitas menjaga kebersihan tubuh yang wajib dilakukan demi kesehatan. Semuanya juga harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Sebagai contoh; mandi yang baik adalah saat pagi hari dan sore hari. Pada saat mandi pagi, sebaiknya tidak menggunakan airt hangat/panas. Jangan mandi terlalu malam, karena dapat menyebabkan otot mengerut. Jika harus terpaksa mandi malam, sebaiknya menggunakan air hangat. Namun jangan berendam (pakai gayung atau shower), karena berendam air hangat tak baik juga terutama bagi penderita darah tinggi.

Lin-lain

Suplemen – Kebutuhan Suplemen adalah sari vitamin dan mineral yang ditujukan untuk membantu menjaga kesehatan, namun bukan berarti minum suplemen tanpa aturan. Minumlah suplemen sesuai dengan kebutuhan Anda, atau sesuai dengan anjuran ahli kesehatan. Segala sesuatu yang berlebihan juga akan berakibat buruk, bahkan vitamin dan mineral sekalipun. Anda tak harus mengkonsumsi suplemen vitamin C, jika setiap hari sudah banyak makan buah yang kaya akan nutrisi ini. Dosis harian suplemen vitamin C 500mg, mungkin diperlukan jika Anda hidup dilingkungan yang tinggi polusi udara. baca: Jika kelebihan vitamin c

Suplemen sehat alami alternatif adalah jamu gendong(dengan catatan dibuat secara higienis). Mengapa jamu gendong?,,,,Jamu gendong biasanya diproses hanya dengan menggunakan bahan alami yang baik bagi kesehatan, seperti kunyit, daun beluntas, daun sirih, jahe, merica, pinang muda dll, tanpa melibatkan bahan kimia. Terutama kunyit dan daun sirih, yang telah diakui oleh banyak penelitian diseluruh dunia.

Pemakaian Kosmetik – Tidak semua kosmetika aman tanpa efek samping. Beberapa jenis kosmetika juga mengandung bahan kimia berbahaya, yang dapat meracuni tubuh manusia. Menggunakan kosmetika berlebih, hanya jika ada acara yang sangat penting saja.  Baca juga: Bahan kimia berbahaya dalam kosmetika

Menghirup udara bersih – Menghirup udara yang bersih tidak harus setiap hari harus pergi kepegunungan atau pedesaan. Untuk bisa menghirup udara bersih, Anda hanya cukup untuk bangun pagi setiap hari, dan melakukan senam kecil sambil bernafas yang dalam. Hal ini perlu untuk dilakukan, agar udara bersih mengaliri otak agar supaya segar sebelum digunakan berfikir pada siang harinya.

Keluar ruangan – Jangan hanya terkungkung terus-menerus setiap hari didalam ruangan, karena kulit kita juga perlu untuk bersentuhan dengan sinar matahari. Selain karena mengandung vitamin D tertinggi, sinar matahari pagi  juga akan membantu mematikan jamur serta bakteri penyebab sakit kulit.

Hiburan atau refreshing – Hiburan juga penting untuk menjaga kesehatan. Hiburan yang baik dan cukup akan memberikan ruang kepada otak Anda beristirahat setelah dibebani stres tinggi oleh pekerjaan sehari-hari. Anda bisa mendapatkan hiburan dengan menjalankan hobi yang positif, wisata alam, mendengarkan musik, atau kegiatan yang paling Anda sukai.

Demikian beberapa tips cara untuk melaksanakan hidup sehat. Perubahan sedikit gaya hidup, bisa memastikan kesehatan jangka panjang bagi tubuh.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: