Tips Cara alami mengobati gejala sakit asma


Tips Cara alami mengobati gejala sakit asmaAsma adalah penyakit yang mempengaruhi saluran pernafasan, dan mempersulit udara untuk bisa masuk ke paru-paru. Hal ini karena terjadinya peradangan kronis pada saluran bronkial atau saluran udara, yang  menyebabkan penyempitan dan pembengkakan pada saluran pernafasan. Perawatan tepat yang dilakukan bagi penderita asma adalah untuk mungkinkan bisa mengurangi kesulitan bernapas . Asma bisa mempengaruhi siapa saja dari segala usia. Pengaruh asma pada setiap orang berbeda-beda, dan orang memiliki reaksi  yang berbeda terhadap pemicu asma. Jenis obat dan dosis yang diberikan bisa bervariasi untuk setiap individu, sesuai dengan intensitas dan faktor yang memicu asma. Diperkirakan lebih dari 300 juta orang di dunia terpengaruh oleh asma setiap tahun .

 

Apa Penyebab Asma ?

Faktor-faktor penting penyebab  asma

  • Alergi – Ini adalah penyebab utama asma di seluruh dunia. Ditemukan lebih dari 25 % orang yang telah mengalami alergi Rhinitis, atau demam yang mengembangkan asma. Antibodi dalam darah bereaksi dengan alergen,  dan reaksi ini menyebabkan peradangan di saluran napas, yang sering terlihat pada pasien asma. Sumber-sumber alergen di rumah termasuk bulu dan kulit kering dari  anjing dan kucing, tungau debu, jamur, kecoa dll. Penyebab yang bisa diperoleh dari luar ruangan adalah sapa knalpot, hingga serbuk sari bunga.
  • Rokok– Asap rokok juga merupakan faktor penyebab tingkat kematian tinggi akibat asma. Asma dan penyakit pernapasan lain seringkali terjadi pada perokok. Bahkan Orang yang terpapar asap rokok secara pasif berisiko lebih besar terkena asma .
  • Faktor Lingkungan  – Asma bisa disebabkan akibat oleh polusi udara. Asap dari pembersih rumah tangga dan cat bisa memicu asma pada beberapa orang. Suhu yang dingin, gas elpiji, kelembaban yang tinggi,  juga diketahui dapat menyebabkan asma pada individu tertentu. Di daerah dengan polusi udara nitrogen oksida, sulfur dioksida dan ozon dapat menyebabkan sesak napas , batuk dll
  • Obesitas – Telah ditemukan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan beresiko lebih besar mengembangkan asma. Jika Berat Anda adalah antara 25 dan 30 diatas berat normal, maka kemungkinan bisa terkena asma meningkat menjadi 38 % lebih. Orang dengan obesitas memiliki kemungkinan terkena asma non – alergen.
  • Genetika – Gen juga banyak berperan menurunkan kerentanan seseorang  terhadap asma. Telah ditemukan bahwa 3/5 dari semua kasus asma adalah diwariskan turun-temurun.
  • Stres – Orang yang berada di lingkungan stres tinggi berisiko lebih besar terkena asma. Stres umumnya akan mendorong peningkatan merokok,  dan secara tidak langsung menyebabkan asma. Selain itu ada perubahan yang terjadi dalam sistem kekebalan tubuh akibat stres.
  • Makanan – Dalam beberapa,  serangan orang asma terjadi karena mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten, kacang atau udang. Beberapa Jenis pengawet dalam makanan atau obat anti inflamasi, bisa mneyebabkan asma pada sebagian orang .
Lihat Juga :  Pengobatan sakit gigi menggunakan antibiotik

Bagaimana Asma  bisa mempengaruhi Proses Pernapasan ?

Ketika seseorang terkena asma, hal-hal berikut inilah terjadi

  • Penyempitan saluran udara terjadi,  yang disebabkan karena mengencangnya otot-otot pernafasan
  • Hanya lebih sedikit udara yang bisa mengalir melalui jalan napas.
  • Peradangan pada bagian pernapasan yang meningkat, yang pada akhirnya akan mempersempit jalan napas.
  • Aliran udara terhambat karena kelebihan produksi lendir oleh tabung bronkial .

Penyempitan pernafasan disebabkan Oleh Tiga Faktor

  1. Peradangan – ini adalah penyebab utama dari penyempitan jalan napas. Tabung bronkial menjadi merah, bengkak dan menghambat. Peradangan akan meningkatkan ketebalan dinding tabung bronkial, sehingga aliran udara menjadi terbatas. Peradangan ini disebabkan oleh kerja sistem kekebalan tubuh. Jaringan yang meradang selanjutnya akan menghasilkan lendir lebih banyak .
  2. Bronkospasme – Otot-otot sekitar saluran bronkial mengencang selama serangan asma . Hal ini dikenal dengan kejadian bronkospasme, yang selanjutnya menyebabkan saluran udara mempersempit. Ini bisa meningkat dengan menghirup udara yang dingin atau kering .
  3. Hiperaktif – Selama mengalami asma,  saluran udara menjadi lebih sensitif oleh karena pemicu,  seperti alergen, iritasi dan infeksi. Pemicu ini akan menyebabkan peradangan menjadi lebih parah, sehingga menyebabkan penyempitan saluran bronkial.

Faktor-faktor ini secara kolektif akan mengakibatkan kesulitan membuang nafas dan bisa menyebabkan suara mengi. Karena berkurangnya aliran oksigen yang masuk dan mengurangi pengeluaran karbon dioksida dari paru-paru, maka tingkat kenaikan karbon dioksida menjadi parah dan menyebabkan kondisi yang berbahaya.

Gejala Dan Komplikasi Asma

Ekspresi gejala asma bisa bervariasi untuk beberapa orang. Beberapa orang mungkin akan merasakan gejala yang terus menerus, sedangkan beberapa orang lain gejala terjadi hanya jika terpicu oleh alergi atau bukan alergi. Gejala yang umum untuk asma termasuk:

  • Sesak di dada
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Suara mengi

Pada orang dengan asma yang berat,  gejala muncul terutama terjadi pada malam hari. Meskipun mengi adalah gejala asma yang paling umum, namun  tidak semua orang dengan asma memiliki gejala ini.

Mengobati Dan Mencegah Asma

Karena asma adalah kondisi kronis, sehingga akan berlangsung seumur hidup dan tidak ada obat yang lengkap yang benar-benar menyembuhkan secara total. Tujuan utama dari pengobatan asma adalah untuk mengendalikan gejala, dan memberikan kualitas hidup bagi orang dengan asma . Dengan memberikan pengobatan terhadap pasien asma, maka pasien diharapkan dapat melakukan aktivitas secara normal,  dan mengurangi penggunaan obat.
Anda bisa mengurangi saat terburuk dari asma, dengan jalan menggunakan beberapa pengobatan rumah alami.

Lihat Juga :  Cara mengenali Keputihan yang Tidak Normal atau normal

Anda bisa mengelola asma  dengan cara menghindari faktor pemicu,  dan menggunakan beberapa pengobatan alami untuk mencegah serangan asma yang parah. Namun hal ini tidak selalu mungkin untuk dapat mencegah serangan asma.

Beberapa paparan alergen atau infeksi saluran pernapasan dapat menyebabkan serangan akut. Jika asma tidak responsif terhadap pengobatan rumah,  atau obat bantuan cepat, maka perlu untuk mencari bantuan medis. Jika Anda dapat memahami tanda-tanda awal serangan asma, Anda dapat melakukan pengobatan yang diperlukan dirumah untuk mengurangi intensitas serangan.

Berikut tips cara sederhana untuk mencegah timbulnya gejala asma yang menyiksa

Jauhi hewan piaraan

Jika Anda menderita asma, sebaiknya tidak memelihara hewan peliharaan apapun,  seperti anjing, kucing atau burung. Kulit kering mati dan bulu hewan peliharaan adalah alergen utama yang dapat memicu asma pada manusia. Jadi, sangat disarankan untuk tidak memelihara atau  menjauhi hewan peliharaan jika memiliki kecenderungan asma. Jika Anda sudah terlanjur kontak langsung dengan hewan peliharaan, sangat untuk segera mencuci tangan.

Usir Tungau Debu

Salah satu cara yang paling penting untuk mencegah asma adalah untuk membersihkan tungau dan debu dari rumah And . Tungau ini biasanya diketemukan di dalam kamar tidur, karena mereka tertarik pada kulit mati manusia yang rontok dari tubuh. Beberapa tips untuk mengurangi jumlah tungau di rumah Anda adalah :

  • Selalu menutupi kasur dengan penutup kedap udara,  dan kemudian melapiskan seprai diatas atas kasur.
  • Gunakan bantal poliester,  dan juga menutup bantal ini dengan penutup kedap udara sebelum membungkusnya dengan selimut bantal.
  • Hindari menggunakan karpet di lantai rumah Anda.
  • Cuci selimut dan sprai kedalam dalam air panas, dalam waktu 10 sampai 14 hari waktu.
  • Jangan gunakan alat penghisap debu, dan hindari menyimpan sprei bersama sama dengan pakaian didalam kamar.

Melawan jamur

Jamur berkembang dengan spora, dan spora yang dilepaskan jamur dapat dengan mudah memicu asma. Jadi, cobalah untuk mencegah perkembangan jamur didalam rumah Anda dengan cara:

  • Cobalah untuk menjaga jendela rumah tertutup sejauh mungkin .
  • Kenakan masker wajah ketika Anda membersihkan daerah yang gelap di rumah Anda,  seperti di belakang lemari, di bawah wastafel dan sebagainya.
  • Periksa sepatu yang tidak terpakai dalam lemari secara teratur,  untuk memeriksa apakah ada pertumbuhan jamur.
  • Periksa juga tanaman dalam rumah dan pendingin udara di rumah Anda dari pertumbuhan jamur.
Lihat Juga :  Ramuan Herbal Untuk Mengesatkan Miss V

Hindari Serbuk sari

  • Serbuk sari akan dilepaskan oleh tanaman ketika bunganya sedang mekar.
    Penyerbukan oleh angin adalah salah satu cara yang mudah untuk memicu asma pada orang dengan gejala asma .
  • Adalah penting untuk tidak berdiri di luar ruangan, ketika ada yang memotong rumput atau memotong tanaman lain saat musin berbunga. Jika cuaca sedang panas,  gunakan AC untuk mendinginkan ruangan Anda.
  • Jika Anda habis dari perkebunan atau taman berbunga,  sebaiknya mengganti pakaian dan mencuci rambut untuk mencegah serbuk sari yang memicu asma.

Berhenti Merokok

Tembakau adalah bahan utama dalam rokok yang merupakan pemicu asma. Bahkan Perokok pasif dengan asma juga bisa menjadi kornbannya. Jadi, jangan merokok dan hindari orang merokok didalam ruangan rumah Anda.

Waspada terhadap Cuaca

Perubahan pola cuaca dapat memicu asma. Penderita asma dianjurkan untuk tinggal di dalam rumah selama cuaca sedang dingin atau ada angin kencang. Hujan justru adalah waktu terbaik bagi penderita yang pergi ke luar rumah, karena udara akan bersih dari serbuk sari atau iritan lain.

Yoga

Salah satu pengobatan utama alami untuk mengatasi asma adalah  berlatih yoga. Ada banyak orang yang cenderung menderita asma karena stres dan ketegangan dalam kehidupan sehari-hari. Latihan pernapasan yang digunakan dalam yoga adalah cara terbaik untuk mengontrol asma. Latihan pernapasan  juga akan membuat Anda segar, bebas stres dan sehat.

Hindari Alkohol

Hal ini sangat penting bagi Anda untuk menjauh minum minuman beralkohol jika Anda menderita gejala asma. Zat dalam alkohol dapat memicu gejala alergi pada tubuh Anda .

Memberikan perlindungan Kesehatan Diri

Hal ini penting bagi Anda untuk melindungi tubuh Anda,  sehingga Anda tidak rentan mendapatkan gejala asma . Beberapa cara untuk menjauh pemicu asma adalah :

  • Jangan pernah dekat dengan orang yang menderita pilek atau flu
  • Meningkatkan asupan cairan
  • Mengambil vaksinasi flu setiap tahun sekali
  • Hindari klelahan
  • Hindari Obat tertentu

Salah satu cara terbaik untuk mencegah asma adalah dengan menghindari aspirin atau obat-obatan yang memicu asma. Obat anti inflamasi dan aspirin adalah obat yang  tidak baik untuk orang yang menderita asma .

Kunyit

Salah satu pengobatan asma alami yang efektif dan g bisa dilakukan sendiri dirumah rumah adalah dengan menambahkan sejumput bubuk kunyit kedalam susu Anda,  dan mengkonsumsi setiap hari pada saat  perut kosong. [ Baca juga : Kunyit dan manfaatnya, disini ] . Kunyit adalah rermpah alami yang telah banyak diakui diseluruh dunia baik untuk membantu mengatasi beberapa kondisi kesehatan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: