Tips Cara alami Mengatasi sulit tidur

Tips Cara alami Mengatasi sulit tidurManfaat tidur yang cukup adalah baik terutama untuk menjaga kesehatan jantung, meminimalkan stres, menjaga ingatan yang lebih baik, dan menjaga berat badan. Banyak akibat buruk dari sering kurang tidur, silahkan membaca lebih banyak tentang akibat jika kurang tidur disini

Ada banyak orang yang mengaku kurang tidur (dibawah 7 jam/hari), karena merasakan kesulitan untuk memejamkan mata. Sisanya karena pekerjaan, serta sulit melewatkan waktu malam untuk tidak menonton TV atau hiburan multimedia lain.

Bagi yang selalu mengalami kesulitan tidur, berikut tips alami agar cepat bisa tidur dengan pulas.

Jika Anda memiliki masalah tidur malam setiap waktu, mungkin ada sesuatu yang harus dirubah dari kebiasaan Anda. Karena kebiasaan buruk inilah, yang paling banyak berujung pada sulitnya tidur dimalam hari. Berikut tips alami agar cepat bisa tidur dengan pulas.

Membiasakan diri untuk Tidur secara rutin

Tidur pada malam minggu hingga bangun siang pada hari minggunya memang selalu menggoda banyak orang. Akan tetapi, cara tidur yang demikian hanya akan mengganggu jam biologis Anda, dan dapat menyebabkan masalah tidur. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap malam, tak terkecuali pada akhir pekan. Membiasakan rutin tidur akan membantu mengatur jam tidur-bangun biologis Anda, dan akan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk bisa terlelap.

Berolahragalah

Para peneliti di Departemen Northwestern University of Neurobiologi dan Fisiologi melaporkan bahwa, orang dewasa yang mendapat latihan aerobik empat kali dalam seminggu mengalami peningkatkan kualitas tidur mereka. Hal ini dilaporkan dapat meminimalisasi gejala depresi, vitalitas lebih baik, dan tidak mudah mengantuk di siang hari. Pastikan latihan olahraga Anda selesai beberapa jam sebelum waktu tidur,  sehingga Anda mendapatkan tidur malam yang baik .

Ubah cara makan Anda

Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman ringan, dan cokelat – menjelang malam. Makan malam hanya makanan ringan, dan telah selesai dilakukan beberapa jam sebelum waktu tidur . Hindari makanan pedas atau makanan yang berat, karena hal ini dapat membuat Anda terbangun karena mulas atau gangguan pencernaan.

Jangan Merokok

Sebuah studi menemukan bahwa perokok empat kali lebih mungkin untuk tidak merasakan telah beristirahat setelah tidur malam, dibandingkan dengan bukan perokok. Para peneliti di Johns Hopkins University School of Medicine menjelaskan, bahwa hal ini karena efek stimulatif dari nikotin. Merokok juga memperburuk kondisi sleep apnea, dan gangguan pernapasan lainnya yang membuat sulit untuk bisa tidur nyenyak .

Katakan ” Tidak” untuk Nightcap

Alkohol dapat mengganggu pola tidur, serta mengganggu gelombang otak yang bertugas membantu Kita untuk merasakan segar pada pagi harinya. Mungkin miras bisa membantu Anda mudah tertidur pada awalnya, tetapi penelitian dalam jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research menunjukkan bahwa setelah efek miras habis, Anda akan cenderung untuk bangun dan akan kesulitan untuk kembali tidur.

Tidak menggunakan gadget menjelang tidur

A National Sleep Foundation ( NSF ) melakukan survei terhadap hampir semua peserta yang menggunakan beberapa jenis alat elektronik seperti televisi, komputer, video game atau ponsel dalam waktu satu jam sebelum tidur. Hasilnya, menyalakan gadget sebelum tidur adalah ide yang buruk. Cahaya dari perangkat elektronik akan merangsang otak, sehingga justru akan membuat sulit untuk bisa tidur. Masukan gadget Anda satu jam sebelum tidur, agar bisa tertidur secara lebih cepat dan lebih nyenyak.

Mungkin saatnya tidur terpisah dari mereka

Sebuah studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic Dr John Shepard menemukan bahwa 53 persen pemilik hewan peliharaan yang tidur dengan hewan peliharaannya mengalami gangguan tidur setiap malam. Serta Lebih dari 80 persen orang dewasa yang tidur dengan anak-anak, juga mengalami kesulitan memperoleh tidur malam yang baik. Saatnya untuk membuatkan kamar tersendiri untuk Anak-anak,  dan hewan piaraan juga seharusnya berada ditempat yang semestinya.

Berikan kamar hawa sejuk

Suhu kamar yang terlalu panas dapat membuat seseorang mengalami kesulitan tidur. Setel suhu yang lebih dingin, biarkan selimut dan pakaian tidur yang akan mengurangi suhu tubuh inti Anda dan membantu Anda agar cepat tertidur.

Matikan lampu

Cahaya bisa memberitahu otak, bahwa sudah tiba waktunya untuk bangun. Dengan demikian, buat ruangan Anda menjadi gelap agar lebih mungkin untuk mudah tertidur. Sebuah studi terbaru dari The Ohio State University di Columbus menemukan bahwa, cahaya kecil pendaran dari ponsel atau komputer saja dapat mengganggu produksi hormon melatonin dan tidur secara keseluruhan. Baca juga: Manfaat tidur dengan mematikan lampu, disini

Kamar tidur adalah hanya tempat tidur

Tempat tidur sebaiknya hanya ruangan yang digunakan khusus untuk tidur, atau hal terkait lainnya seperti  seks. Tempat tidur bukanlah ruangan untuk bekerja, menyimpan makanan atau makan, atau tepat menonton TV. Jika Anda terbangun pada malam hari, janganlah menyalakan komputer atau TV , dan sebaiknya melakukan sesuatu yang menenangkan,  seperti meditasi atau membaca sampai Anda merasa mengantuk lagi.

Terimakasih telah membaca artikel Tips Cara alami Mengatasi sulit tidur. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Tips Sehat and tagged , .

Komentar: