Tips Cara Alami mengatasi Gejala Asam Lambung Tinggi


tips cara alami mengatasi gejala asam lambungAsam Lambung tinggi dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman seperti nyeri terbakar pada tenggorokan, rasa perut kembung, tidak nafsu makan, bahkan sakit kepala. Dengan demikian, siapapun yang merasakan ketidaknyamanan akibat asam lambung ini akan berharap menemukan obat mujarab yang segera bisa menyelesaikannya. Sebenarnya banyak obat asam lambung tinggi ini tersedia diapotrik maupun toko obat, namun menggunakan obat-obatan yang tanpa pengawasan yang tepat bisa membawa berbagai efek samping yang tidak diinginkan. Gejala sakit asam lambung ini juga sering disebut dengan gejala maag.

Penyebab Asam lambung tinggi

Ada beberapa pilihan pengobatan asam lambung secara alami, walaupun sederhana namun sudah banyak diyakini efektif terhadap asam lambung. Sebelum kita membahas hal itu, sebelumnya kita harus tahu dulu apa saja yang dapat menyebabkan asam lambung :

Gejala Penyakit asam lambung umumya disebabkan oleh asam yang meningkat dan menjadi berlebihan. Hal ini bisa dipicu oleh makanan tertentu dan minuman, seperti makan makanan yang terlalu asam, pedas, kopi atau alkohol. Selain itu, sering terlambat makan atau makan yang tidak teratur juga bisa menjadi menyebabkan asam lambung.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan asam lambung tinggi. Faktor terbesar adalah karena dari gaya hidup serta kebiasan makan dan makanan makanan yang dikonsumsi setiap hari . Faktor penyebab asam lambung tinggi meliputi:

  • Gaya Hidup tak sehat
  • Rokok
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asam dan pedas
  • Rutin Minum alkohol
  • Stres
  • Kurang makan sayur dan serat
  • Kurangnya minum
  • Minum kopi terlalu banyak dan sering

Tips mengatasi gejala asam lambung secara alami

Berikut beberapa cara pengobatan tradisional alami untuk mengatasi beberapa gejala umum sakit maag yang diakibatkan karena asam lambung tinggi:

Lihat Juga :  Hukum dan manfaat Khitan bagi kesehatan Laki-laki

1 . Baking soda

Baking soda umum digunakan untuk meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh asam lambung tinggi. Campurkan setengah sendok teh baking soda kedalam segelas besar air. Efek baking soda akan segera langsung mengurangi keadaan asam dalam lambung, menetralkan, dan mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Minuman ini bisa dibuat sepanjang hari jika diperlukan, namun dengan dosis maksimum baking soda perhari adalah 3 sendok makan .

2 . Cuka sari apel

Campur 1-2 sendok teh cuka sari apel organik dengan segelas air besar dan minum. Cuka apel yang tinggi kalium akan  membantu untuk menetralkan asam lambung. Jika dirasa  terlalu kuat, Anda dapat mengurangi jumlah cuka sampai terasa nyaman.

3 . Madu

1-2 sdt madu asli yang langsung dimasukkan di mulut dapat meredakan rasa ketidaknyamanan, menenangkan dan cepat mengatasi sakit maag yang menyakitkan. Madu organik juga tinggi kalium, sehingga akan membantu meningkatkan pencernaan dan membentuk lapisan alkali di dalam lambung. Bisa juga mencampur madu dengan cuka sari apel untuk membuat minuman, yang dapat mengurangi gejala asam lambung secara langsung. Satu sdm madu juga dapat membantu tidur pada malam hari,  jika terbangun karena asam lambung.

4 . Apel merah

Makan sepotong apel juga sangat baik bagi yang mengalami mengalami gejala GERD (gastroesophageal reflux disease). Apel khususnya yang jenis apel merah dapat membantu untuk membuat lapisan dasar perut, mengurangi kecenderungan asam naik kembali ke kerongkonganyang dapat menyebabkan rasa sakit. Apel juga sangat baik dimakan sebelum waktu tidur, untuk mencegah asam lambung pada malam hari.

5 .Akar licorice

Akar licorice juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gejala GERD yang menyakitkan. Akar licorice tersedia dalam bentuk teh, yang telah banyak dijual di toko makanan kesehatan. Licorice bisa diseduh kedalam air panas, dan tidak perlu ditambahkan susu atau jenis creamer lainnya bisa meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh asam lambung. Namun jika Anda dengan tekanan darah tinggi, sebaiknya diskip karena pada beberapa orang, licorice dapat meningkatkan tekanan darah .

Lihat Juga :  Khasiat dan Manfaat Teh

6 . Oatmeal .

Selain sangat baik dikonsumsi untuk sarapan, oatmeal secara bertahap juga dapat mengurangi tingkat keasaman dilambung, serta mudah dicerna karena teksturnya yang lembut. Dapatkan semangkuk oatmeal jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan di lambung Anda .

7 . Jahe .

Jahebanyak diakui sebagai ramuan berkhasiat obat, karena kemampuannyayang bisa menyembuhkan dan memperbaiki berbagai jenis kondisi medis termasuk asam lambung meningkat. Jahe telah lama banyak digunakan sebagai obat anti – inflamasi untuk mengobati berbagai macam kondisi pencernaan.

8 . Chamomile dan teh adas.

Adalah teh herbal yang dianggap sebagai teh terbaik untuk mengatasi keasaman pada lambung. Satu cangkir Teh ini bisa konsumsi pada pagi dan sore hari, untuk membantu meredakan kondisi maag yang Anda alami.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: