Tips Cara agar anak suka membaca


manfaat membacakan buku kepada anakMembaca adalah kunci untuk menjadi pintar, sehingga akan lebih baik jika mulai dibiasakan atau diperkenalkan kepada anak sejak ia masih bayi. Dengan demikian, ketika anak Anda sudah besar, maka Anda tak akan repot repot lagi menyuruh anak agar membaca setiap hari. Bahkan anak akan menganggap bahwa membaca itu adalah hal yang menyenangkan, dan sudah seperti menjadi bagian dari dia sehari-hari. Perlu diketahui bahwa, jika anak sudah terlanjur besar maka akan lebih repot lagi untuk mendorong agar ia menyukai membaca.

Anda sudah bisa membacakan untuk anak sejak ia masih bayi, dan Anda akan mengambil manfaatnya bagi Anda terutama bagi anak Anda. Apa saja guna dan manfaat membacakan kepada anak?, Baca artikelnya disini

Tips Cara agar anak suka membaca

Disini Kita akan membahas bagaimana cara  agar anak  menyukai membaca, sehingga anak merasa bahwa membaca itu adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Dan ketika ia sudah besar nanti, maka membaca bagi anak adalah sudah menjadi bagian yang menyenangkan dalam kesehariannya.

Berikut ini adalah beberapa tips agar anak menyukai membaca, terapkan semenjak anak masih kecil atau prasekolah :

  • Terapkan teknik membaca untuk anak-anak yang membuatnya interaktif, berfikir, menarik, dan mendidik.
  • Gunakan strategi yang sesuai dengan usia membaca untuk anak Anda. Membaca untuk anak-anak dengan berbagai usia menyajikan peluang dan tantangan baru.
  • Karena anak meniru perilaku orang tua, biarkanlah dia melihat Anda saat membaca buku.
  • Biarkan dia mengetahui bahwa membaca adalah bagian dari kehidupan.
  • Biarkan anak merasa, bahwa membaca buku dengan dia adalah pengalaman yang menyenangkan, dan bukan kegiatan yang terkesan stres dan memaksa anak untuk melakukan.
  • Membentuk kebiasaan membaca kepada anak pada waktu yang sama setiap hari, atau setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Pilihlah waktu ketika Anda dan anak Anda berdua sedang santai dan tidak terburu-buru.
  • Pilih buku yang sangat tertarik untuk anak, dan buku yang sesuai untuk anak seusianya. Seorang anak kecil suka gambar dan gambar orang yang berwarna-warni.
  • Untuk membantu anak Anda agar memahami huruf dan kata-kata adalah simbol yang digunakan untuk berkomunikasi, jalankan jari Anda pada lembar halaman buku saat membaca,  tapi jangan memaksa anak Anda untuk mengikuti jari Anda.
  • Kadang-kadang anak suka buku tertentu, dan ingin membacanya berulang kali. Jangan mencegahnya, karena ia telah menemukan bahwa membaca buku ini menyenangkan – dan kesenangan adalah apa yang harus anak dapatkan dari membaca!. Juga, ia mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah buku, dan memberikan Anda petunjuk tentang minatnya!
  • Ekspos anak dengan banyaki buku.
  • Gunakan membaca sebagai cara untuk menghilangkan ketakutan anak,  atau mempersiapkan dirinya untuk perubahan dalam hidupnya. Sebagai contoh, Anda dapat memilihkan buku-buku tentang menggunakan toilet, pergi ke sekolah, atau pindah ke rumah baru ketika tentang ia untuk memiliki pengalaman baru.
  • Ajarkan anak Anda untuk menghargai buku,  dan memperlakukan dengan baik – jaga buku agar bersih dan dalam kondisi baik .
  • Jauhkan buku dari anak, namun ia masih dapat dengan mudah untuk menjangkaunya. Hal ini bertujuan agar anak akan mampu untuk mencari buku kesenangannya sendiri.
  • Ambilkan buku untuk anak agar ia membaca, misalnya saat dalam antrian mengunggu periksa dokter, atau saat diperjalanan.
Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi bayi sungsang

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: