Tips Bisnis Online Bagi pemula

CTips Bisnis Online Bagi pemulaBagi Anda baru saja tertarik untuk mempelajari bisnis internet, setelah sedikit menerima info bocoran tentang penghasilan yang fantastis dari bisnis ini dari orang lain. Bahkan Anda mungkin juga pernah mendengar, jika penghasilan dari bisnis ini bisa membuat orang malas untuk meneruskan pekerjaan utamanya. Tak sedikit memang orang yang memamerkan sejumlah digit Angka yang cukup menggiurkan, baik itu melalui social media, blog, forum atau yang lainnya.

Boleh saja Anda langsung terkesima mendengar Angka penghasilan dari pelaku bisnis ini, akan tetapi yang perlu diingat adalah bahwa hal itu tidaklah bisa didapat dengan cara yang instan. Ada banyak proses, sama saja dengan cara-cara bisnis yang lain. Nah, supaya Anda benar-benar bisa sesukses mereka, ada beberapa tips umum yang perlu Anda ketahui.

Berikut beberapa tips umum berbisnis internet yang wajib diketahui oleh pemula

1. Banyak Belajar

Tak ada ilmu yang bisa didapat tanpa belajar. Dan didalam berbisnis online juga ada ilmunya. Perdalam apa yang Anda minati dengan banyak belajar dan mencari informasi terbaru yang terkait dengan minat Anda.

2. Take Action

Belajar, kalau dituruti juga tidak ada habisnya. Jangan hanya tenggelam dalam hal belajar, apalagi takut mulai hanya karena merasa belum cukup mendapat ilmu. “Learning by Doing”, adalah salah satu kunci sukses bisnis online. Dapet ilmu sedikit, pelajari hingga benar-benar menguasai dengan langsung dipraktekkan.

Jika Anda hanya akan memulai jika seluruhnya ilmu sudah Anda kuasai, saya jamin Anda akan bosan dan tidak jadi meneruskan tujuan awal. Learning by doing justru akan memacu semangat Anda untuk bisa berhasil.

3. Fokus

Fokuslah hanya pada salah satu jenis bisnis internet yang banyak di jalankan oleh orang(eg: Internet marketing, blogging, berjualan dll), hingga Anda sudah merasa benar-benar telah berhasil. Jika Anda merasa apa yang anda jalankan tersebut masih berpotensi, janganlah berpaling untuk hal baru yang belum tentu Anda bisa lakukan. Lebih baik gali terus potensinya, hingga Anda sudah benar-benar merasa berhasil.

Baca Juga: Cara-cara Bisnis Internet Disini

Tertarik untuk berpindah kebisnis lain hanya karena gara-gara latah, justru akan membuat Anda kecewa dan berhenti. Janganlah berpindah kepada jenis bisnis online yang lain, jika hanya tergiur dengan iming-iming pendapatan yang lebih tinggi . Hal ini hanya akan membuat Anda tidak fokus,  sehingga kemungkinan gagal menjadi sangat tinggi.

4. Siap

Menemukan masalah adalah hal biasa dalam hal bisnis apapun, termasuk dalam bisnis online. Ditipu, dibohongi, atau menjadi korban dari bentuk kenakalan lain dari partner bisnis adalah hal yang biasa. Jika menghadapi hal demikian jangan lantas menyerah, dan menjadikan hal tersebut sebagai alasan kuat untuk segera berhenti. Sebaiknya hal seperti ini di jadikan pelajaran yang berharga, sehingga tidak akan terulangi lagi dimasa depan. Faktanya, justru hal-hal demikian yang banyak menjadikan para pebisnis online bisa sukses dan bertahan hingga kini.

5. Modal

Memang bisa saja berbisnis online tanpa modal. Namun faktanya, modal adalah hal pokok yang harus mau Anda korbankan untuk menunjang keberhasilan Anda. Hanya mengandalkan tool gratisan, bisnis Anda akan sangat lama berkembang. Anda berjualan barang bisa saja hanya mengandalkan twiter, FB atau jejaring sosial yang lain. Namun orang sekarang sudah pada pintar, karena mereka banyak yang percaya hanya jika berhubungan dengan situs yang officialnya jelas. Social media memang sudah terbukti sangat penting untuk pemasaran, namun Anda juga butuh kantor yang beralamat jelas kan?.. Jadi jangan sayang mengeluarkan modal untuk membangun web dan tetek bengeknya, karena bisnis online itu tak lepas dari website.

4. Jangan galau dengan kemampuan IT Anda

Internet adalah termasuk teknologi informasi, dan memang membutuhkan sentuhan teknologi agar bisa berhubungan disana. Namun Anda adalah pebisnis, bukan ahli IT. Jadi Anda hanya perlu fokus untuk mengembangkan usaha Anda. Anda tak harus bisa menguasai ilmu programing untuk membuat situs Anda, karena hal itu bisa dibangun dengan memanfaatkan jasa ahli yang banyak tersebar dimana-mana.

Meskipun begitu, mungkin Anda hanya perlu untuk mengenal beberapa permasalahan seputar web, internet, layanan, dan fitur-fitur online lainnya. Hal ini agar tidak bingung jika menemui sedikit kendala teknis yang menyangkut web dan internet.

5.Carilah seorang Mentor

Sangat direkomendasikan untuk memiliki seorang mentor, yang sangat dibutuhkan agar langkah yang Anda ambil tidak salah arah. Siapa saja bisa Anda jadikan mentor, asalkan dia sudah lebih tahu dan berpengalaman tentang bisnis yang Anda jalankan. Tanpa mentor Anda akan kesulitan untuk bisa berkembang, karena tidak ada yang menunjukkan jalan keluar jika Anda merasa buntu ketika menemukan permasalahan. Strategi jitu tertentu adalah kebanyakan based on experience, yang hanya bisa diperoleh dari suatu pengujian yang panjang. So, Anda hanya tinggal berjalan dengan cara  mencontek strategi dari mentor Anda.

Tak sulit menemukan mentor yang bisa membantu Anda di Internet, yang gratis adalah dengan jalan mengunjungi forum diskusi online(forum).

6. Melahirkan Ide atau strategi baru

Strategi adalah hal yang juga sangat menunjang sebuah keberhasilan, dan strategi bisnis internet yang lama belum tentu relevan dengan kondisi yang terjadi saat ini. Jadi, cobalah untuk memikirkan strategi tertentu, dan jangan takut untuk mencoba menerapkannya. Untuk mendapatkan sebuah ide yang cemerlang, Anda juga dituntut untuk mau melakukan riset. Jangan hanya pasrah dengan mencontek strategi dari orang lain saja, akibatnya akan membuat sulit untuk berkembang.

7. Kesabaran

Sudah dikatakan bahwa, cara-cara berhasil di bisnis online itu tidak ada yang instan sekali jadi. Butuh proses panjang, membangun dari nol, butuh perawatan, dll,  supaya mendapat penghasilan yang memuaskan dan juga bersifat long term. Butuh waktu dan kesabaran selama melewati banyak proses, sebentar atau lamanya tergantung dari keseriusan dan konsistensi.

Jika ada yang mengatakan bahwa penghasilan dari online itu bisa bersifat  “passive income” , adalah salah besar. Jangan terdoktrin dengan kata-kata “passive income”, karena faktanya tidak ada jenis bisnis online yang bersifat demikian. Anda berhenti bekerja, maka penghasilan Anda juga akan berhenti.

8. Berani bersaing

Persaingan tinggi tak hanya terjadi dalam dunia bisnis real, bisnis online juga sangat tinggi tingkat persaingannya. Beranilah bersaing, namun bukan hanya cuma “berani” saja. Berani bersaing dalam artian berani meningkatkan kemampuan dan kualitas. Dimanapun, untuk bisa memenangkan persaingan,  jalan satu-satunya adalah dengan cara meningkatkan kemampuan dan kualitas. Kembali kepada poin 6, bahwa ide yang jitu adalah senjata yang paling ampuh bagi pebisnis online.

Mungkin Anda juga Menyukainya :

loading...

Berikan komentar Anda: