Tips Belanja Online Aman


Tips Belanja online amanTips Belanja Online Aman РBelanja online sekarang ini sudah mulai menjadi trend seiring dengan semakin mudahnya akses internet.Sebuah studi melaporkan bahwa pada saat-saat menjelang liburan, konsumen yang berbelanja secara online meningkat.Keuntungan belanja online adalah mudah mendapatkan  barang jika tak tersedia dikota anda, dan biasanya harga barang ditoko online lebih murah. Atau paling tidak anda tak perlu repot repot keliling ketoko sana sini, hanya untuk menemukan barang incaran anda.Namun belanja online bukan tanpa resiko, karena bisa jadi anda terjebak membeli ditoko online nya para penipu. Tapi semua resiko bisa diatasi, yakni dengan cara memperhatikan tips belanja online aman.

Tips Belanja Online Aman, terhindar dari penipuan.

Cek dan riset situs web

Ketahuilah siapa pemilik toko tersebut, alamat, telepon atau BBM yang bisa dihubungi. kalau tokonya menurut anda tidak meyakinkan, sebaiknya cari info di google tentang reputasi toko tersebut.Jika banyak pendapat miring, sebaiknya tinggalkan.

Baca baik-baik kebijakan situs web (Terms Of Services)

Lihat pada peraturan yang mereka cantumkan, terutama kebijakan pengembalian barang. Harus ada garansi kalau barang yang dikirim ternyata cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja harus bisa diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali.Yang jelas, kebijakan itu harusnya menguntungkan kedua belah pihak, jangan beli disana jika peraturan yang ada dirasa tidak menguntungkan anda.

Periksa barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik.

Anda wajib curiga jika barang yang dijual adalah barang bermerk, namun harga baru yang ditawarkan jauh lebih murah hingga 30%.Mana ada toko mau rugi, jadi sebaiknya anda waspada jika demikian.

Jangan mudah tergoda dengan barang murah

Ingat, penipu biasanya bergerilya dengan cara nyepam diemail.Dengan kata-kata yang lihai, mereka biasanya pintar merayu pembeli.Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer.Yang dipertanyakan adalah, bagaimana tahu ia dengan alamat email anda?,,, hati hatilah jika ada penawaran yang tak lazim melalui email.

Lihat Juga :  Tentang Honda Civic Wonder

Cari tanda kalau situs web itu aman

Jika pembayaran dilakukan dengan credit card, periksalah ciri sambungan aman pada web browser.Alamat situs yang aman seharusnya ada tanda ‘shttp’ atau ‘https’, setelah anda diarahkan kehalaman transaksi. HTTPS artinya sambungan terenskripsi, yaitu sambungan aman yang tak bisa dibaca pihak lain.

Pastikan PC anda bebas virus

PC Anda harus punya antivirus, anti spyware dan firewall aktif. Hal ini agar tak terjadi aktifitas spyware oleh trojan yang mengendap didalam komputer anda.

Simpan bukti pembayaran

Jka anda membayar melalui transfer BANK, sebaiknya simpan bukti transfer hingga barang sudah anda terima dengan baik.Atau credit card juga bisa, karena disitu sudah ada bukti kuat pembayaran anda. Hal ini penting, karena jika barang tak diantar/belum sampai anda memiliki bukti jika anda memang membelinya(bisa komplain).

Cara pembayaran lain yang lebih aman juga bisa anda lakukan, yaitu menggunakan paypal atau COD atau barang dibayar setelah diantar kerumah anda.

Simpan bukti transaksi

Deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan toko/penjual.Bisa memanfaatkan fitur printscreen pada keyboard, yaitu membuat screenshoot halaman web.

Demikian tips belanja online aman, semoga bisa menjadi masukan yang berguna. Sekedar Informasi tambahan, berikut Cara – cara umum pembayaran online shop

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: