Tentang Honda Civic Wonder

Tentang Honda Civic Wonder – Civic wonder merupakan varian ketiga dari seri Civic ini diproduksi dalam berbagai varian yaitu mulai dari jenis sedan, hatchback 3 pintu hingga yang 5 pintu (station wagon). Kapasitas mesinnya pun beragam mulai dari 1300 cc, 1500 cc hingga 1600 cc. Bahkan muncul pula 2 varian yang cukup canggih di zamannya yakni Civic Hatchback 5 pintu 4 WD & Civic CRX coupe yang sudah menggunakan injeksi PGM-FI.

Honda civic wonder hatchback

Civic Wonder Hatchback

honda-civic-wonder-sedan[1]

Civic Wonder Sedan

Civic Wonder dipasarkan antara tahun 1984 “ 1987, ada 2 varian yang ditawarkan yakni sedan (1500 cc) dan hatchback 3 pintu (1300 cc), semuanya bertransmisi manual. Berbeda dengan Civic generasi sebelumnya yang hadir dalam 2 pilihan manual & matik.

Pada Civic Wonder belum menganut sistem  suspensi double wishbone khas Honda, tapi masih menganut torsion bar springs alias batang torsi. Kelebihannya jenis suspensi ini adalah mudahnya untuk mengatur tinggi rendahnya mobil, cukup hanya  dengan nyetel batang torsi (khusus untuk penggemar mobil ceper).Bantingan suspensi cukup empuk, namun sayang  belom ada power steering-nya.

Konsumsi bahan bakar Civic Wonder cukup irit yaitu 1:15, namun  jika mesin dalam keadaan. Sangat irit karena jumlah katupnya masih menganut mesin 12 valve.

Berikut cara mengetahui perbedaan Civic Wonder buatan 1984 hingga 1987 , yang paling mudah adalah mengenaliya lewat lampu belakang /bagasi  dan  lampu sein samping.

Tahun 1984 di bagian tengah bagasi warnanya hitam dan lampu sein samping di deket fender.
Tahun 1985 di bagian tengah bagasi warnanya merah dan lampu sein samping di dekat fender.
Tahun 1986 di bagian tengah bagasi warnanya hitam dan lampu sein samping menyatu dengan lampu utama.
Tahun 1987 di bagian tengah bagasi warnanya merah & lampu sein samping menyatu dengan lampu utama. Selain itu varian terakhir sudah dibekali dengan power window.

Harga pasaran CIVIC WONDER di Jakarta masih sekitar Rp30-35 jutaan, kalau  di daerah pasti akan lebih tinggi harganya

Terimakasih telah membaca artikel Tentang Honda Civic Wonder. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Otomotif, Teknologi and tagged , .

Komentar: