Tempat-tempat yang disukai Jin tinggal


Tempat yang disukai jin tinggalTempat-tempat yang disukai Jin tinggal – Jin adalah makhluk tak tampak mata manusia sehingga sering disebut dengan makhluk ghaib atau makhluk halus.Meski demikian, kehidupan makhluk jin hakikatnya sama dengan manusia, yaitu mereka beranak pinak,  membangun istana, bekerja bahkan mereka juga bisa mati.Jin juga ada yang baik dan juga ada yang jahat, Jin yang jahat disebut syetan.Manusia juga begitu, jika ia jahat maka bisa juga disebut setan.Omong-omong, bagaimana kah tempat dibumi ini yang disukai jin untuk tinggal?

Tempat-tempat  yang disukai jin untuk tinggal

Dalam berbagai literatur, disebutkan bahwa sebelum Nabi Muhammad SAW diutus menjadi rasul, kaum jin pernah menduduki beberapa tempat yang ada di langit. Di sana, mereka dapat mendengar berita dan informasi yang ada di langit. Namun, ketika Muhammad diangkat menjadi nabi dan rasul, para jin ini tidak lagi tinggal di tempat tersebut. Bahkan, mereka juga tak mampu mencari informasi atau kabar dari langit. Lihat surah Al-Jin [71] ayat 8-9.

Sejak tak mampu lagi menembus kabar dari langit dan bertempat tinggal di sana, para jin mencari tempat tinggal yang baru. Mereka tinggal di atas muka bumi ini. Rasul SAW mengabarkan, banyak tempat yang disukai oleh jin, di antaranya laut, kamar mandi, tempat-tempat yang kotor (sampah), tempat yang sepi dan lainnya.Baiklah, berikut tempat yang paling disukai jin untuk tinggal:

Toilet

Dari Zaid bin Arqam r.a. dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Tempat-tempat buang hajat ini dihadiri oleh setan (dengan tujuan mengganggu).
Menurut fungsinya, Toilet adalah tempat yang kotor dan merupakan tempat yang disukai oleh Jin jahat untuk tinggal.Karena itu, Nabi SAW menganjurkan setiap orang yang akan memasuki toilet memohon perlindungan Allah SWT dengan membaca, “Allahumma inni a’udzu bika min al-khubutsi wa al-khaba’its (Ya, Allah, aku memohon perlindunganmu dari gangguan jin pria dan jin wanita).”

jualan online

Rumah rumah yang sepi atau sering ditinggal penghuninya

Dari Abu Hurairah r.a. behwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah-rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah.” (HR.Muslim:780-Shahih Muslim:752)

Tempat-tempat yang sepi

Hal ini berdasarkan hadits Ibnu Mas’ud r.a. yang diriwayatkan oleh Imam Muslim: “Pada suatu malam kami bersama Rasulullah SAW, lalu kami kehilangan beliau lantas kamipun mencari beliau di lembah-lembah dan gang-gang. Kami mengatakan “Rasulullah SAW telah diculik.” Maka kamipun tidur malam dengan sejelek-jelek malam yang suatu kaum bermalam dengannya. Tatkala tiba waktu pagi hari, tiba-tiba beliau datang dari arah Haro’, maka kami mengatakan:”Ya Rasulullah, kami kehilangan anda dan kami mencari anda namun kami tidak menjumpai anda, lantas kami bermalam dengan sejelek-jelek malam yang suatu kaum bermalam dengannya.” (Mendengar ucapan tersebut) maka Rasulullah menjawab: “Datang kepadaku seorang yang mengundang dari kalangan jin, maka akupun pergi bersamanya dan aku membacakan Al-Qur’an kepada mereka.” (HR.Muslim, 1007)
Menurut Syekh Abdul Mun’im Ibrahim, para jin ini adalah penghuni dunia yang hidup di tempat-tempat sepi dari manusia seperti di padang pasir, pulau-pulau terpencil, lembah-lembah sempit, gunung gunung.Jin juga menyukai tempat /gedung rusak yang telah lama ditinggalkan penghuninya, lorong-lorong dan kemudian mereka akan mendirikan istana.Kuburan adalah tempat yang sepi, dan sebagian mereka juga menyukai tinggal dipekuburan apalagi jika dikeramatkan.

Pohon-pohon besar,  tempat yang diangkerkan atau tempat kesyirikan.

Pohon besar-besar yang teduh dan sejuk juga disukai oleh bangsa jin, sehingga mereka kerasan dan mendirikan istananya.Apalagi pohon tersebut diangkerkan oleh masyarakat, maka bangsa jin akan semakin kerasan tinggal disana.Selain itu, batu-batu besar, atau tempat apapun yang dikeramatkan, maka jin akan kerasan dan menyukai tempat seperti itu.

Tempat-tempat maksiat

Sebagian dari Jin juga menyukai tinggal bersama manusia ditempat maksiat.Karena Jin menganggap manusia yang maksiat adalah teman mereka.Dengan mereka tinggal ditempat maksiat,  maka manusia juga akan semakin betah berada disana.

Baca Juga :

Gambaran Kehidupan di Surga Menurut Al Quran dan hadist Allah telah menjanjikan Surga bagi hamba-Nya yang beriman, rajin beramal, berbuat baik, dan bertakwa kepada-Nya, serta yang selalu mengikuti dan menta...
Voodo Ilmu hitam Afrika ataukah religi? Voodo Ilmu hitam Afrika ataukah religi? -Mendengar istilah Voodo, sebagian besar kita akan berfikiran tentang tenung khas Afrika, dimana seorang dukun...
Hewan hewan pertanda adanya makhluk halus Makhluk halus memang tidak memiliki bentuk fisik seperti manusia, sehingga mereka tidak dapat terlihat oleh mata biasa.Manusia hanya bisa merasakan ke...
Cara Jin masuk kedalam tubuh manusia Cara Jin masuk kedalam tubuh manusia - Seringkali kita mendengar cerita-cerita tentang manusia yang kesurupan atau kerasukan Jin.Bahkan anda menyaksik...
Aturan makan yang baik menurut Rasulullah SAW Salah satu faktor terpenting menjaga kesehatan adalah melihat dari cara kita makan. Bahkan, salah makan bisa menyebabkan impact buruk yang tinggi terh...
Perjodohan Paksa(kawin paksa), menurut Hukum Islam dan Undang-Undang Hukum Negara Perjodohan yang dipaksakan yang biasa disebut Kawin paksa , dalam bahasa Indonesia berasal dari dua suku kata yaitu kawin dan paksa. Kawin dalam ka...

Berikan komentar Anda: