Tanda-Tanda atau gejala Awal Kanker Payudara

Tanda-tanda atau gejala awal kanker payudaraTanda-Tanda atau gejala Awal Kanker Payudara – Kanker payudara secara khusus merupakan epidemi tersendiri bagi kaum wanita. Namun, dewasa ini juga diketemukan kasus kanker payudara pada laki-laki. Namun rasio kanker payudara ini masih sangat sedikit kemungkinannya terjadi pada kaum Adam, yaitu sekitar 1:1000.

Sungguh mengerikan, ternyata kanker mematikan ini ternyata juga bisa menimpa kaum laki walaupun sangat jarang kasusnya. Terlepas dari itu semua, kanker payudara sendiri adalah kanker yang terjadi di jaringan payudara.  Kanker sendiri diakibatkan oleh  keadaan dimana sel tidak mampu lagi mengendalikan diri,  sehingga menjadi tumbuh secara tidak normal.

Kanker payudara pun proses terbentuknya juga sama seperti itu,  dan biasanya disebabkan oleh parenchyma. Penyakit kanker payudara masuk kedalam daftar ICD “ International Classification of Diseases oleh WHO(Organisasi Kesehatan Dunia). Jumlah penderitanya pun adalah yang paling banyak, yaitu berada pada urutan nomor 2  dunia!.

Kanker payudara menyebar dimulai dari lapisan dalam saluran susu/lobulus,  hingga kearah puting susu. Bahkan seringkali payudara wanita menjadi membusuk akibat kanker payudara. Nah karena sebegitu berbahaya dan banyaknya penyakit kanker payudara,  maka Anda khsusunya kaum perempuan harus mengenal tanda-tandanya. Dengan mengenali tanda-tanda stadium awal kanker payudara, maka kemungkinan untuk bisa sembuh akan semakin lebih besar. Hal ini mengingat bahwa kanker merupakan jenis penyakit yang sulit disembuhkan, apalagi jika sudah mencapai tahap stadium lanjut.

Berikut Tanda-tanda dan Kanker Payudara dan gejalanya

Tanda-tanda awal atau gejala kanker payudara biasanya dimulai dengan adanya benjolan pada payudara, dan benjolan tersebut terasa sangat nyeri jika ditekan. Bermula dari benjolan yang  berukuran kecil ini, lama-kelamaan akan melekat pada kulit  sehingga puting susu atau payudara akan mengalami perubahan.

Berikut beberapa gejala awal benjolan pertanda kanker payudara yang harus diwaspadai:

  • Terdapat benjolan pada payudara yang membuat payudara mengalami perubahan bentuk.
  • Kulit payudara mengalami perubahan warna menjadi merah muda, cokelat, atau seperti kulit jeruk.
  • Puting susu masuk ke dalam payudara, disebut juga dengan retraksi.
  • Puting susu bisa saja hilang atau bahkan putus.
  • Rasa sakit hilang-timbul ketika tumor semakin besar.
  • Kulit payudara terasa panas seperti terbakar.
  • Payudara mengeluarkan cairan, bisa darah atau bentuk cairan lainnya.
  • Timbul borok pada payudara.

Nah, itulah tanda-tanda dan gejala awal kanker payudara, dan bisa diwaspadai dengan cara melakukan pemeriksaan sendiri. Cara memeriksa gejala atau tanda awal kanker paudara:

1. Di depan cermin dan melihat payudara:

  • Payudara yang normal memiliki berukuran simetris antara payudara yang kanan dan kiri.
  • Warna dan bentuk payudara normal seperti biasanya.

2. Mengangkat kedua tangan dan memencet payudara:

  • Apakah keluar cairan berwarna kuning atau seperti darah?, jika “ya” maka Anda harus waspada jika tidak sedang menyusui.

Dan Apakah terasa ada benjolan didalam payudara?.

Berlanjut untuk memeriksakan diri kedokter sangat disarankan walaupun Anda menemukan tanda yang tidak begitu nampak. Hal ini karena sifat kanker payudara kebanyakan hampir tanpa terlihat atau secara diam-diam.  Oleh karena itu,  Anda perlu untuk benar-benar rutin memeriksa sendiri atau berkonsultasi dengan dokter.

Selain melakukan pemeriksaan, Anda pun juga perlu untuk mengetahui penyebab kanker payudara agar Anda bisa mengantisipasi supaya tidak terkena kanker yang sangat mematikan ini.

Berikut faktor-faktor penyebab kanker payudara

  • Faktor genetik atau ada riwayat keluarga yang mengalami penyakit kanker payudara.
  • Terkena radiasi ionisasi sebelum atau sesudah pubertas.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak serta tinggi serat.
  • Merokok dan minum alkohol.
  • Payudara terlalu sering dipencet atau diremas.
  • Akibat penggunaan hormon estrogen yang tak terkontrol.
  • Zat-zat buruk yang ikut terkonsumsi bersama makanan.
  • Sistem pertahanan tubuh yang gagal dibangun oleh tubuh.
  • Sel payudara mengalami perubahan sifat menjadi ganas.

Tidak hanya terjadi karena salah satu faktor penyebab saja, tetapi kanker payudara bisa juga dipicu oleh kombinasi dari beberapa faktor diatas. Untuk pengobatan penyakit kanker payudara hingga saat ini masih hanya bisa dilakukan dengan cara pembedahan; yang selanjutnya akan dilakukan kemoterapi atau radiasi.

Kanker payudara adalah termasuk salah satu penyakit kanker ganas, yang paling banyak dan merenggut nyawa di seluruh dunia . Oleh karena itu kita perlu waspada agar tidak mengidap penyakit kanker payudara, atau paling tidak mengenali tanda awal dan segera mengobatinya.  Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, kemungkinan besar akan mengetahui tanda-tanda awal, dan ini akan memudahkan proses penyembuhan. Namun yang paling penting adalah untuk tetap menjaga pola dan gaya hidup yang sehat, dengan demikian akan mengurangi resiko segala penyakit yang ada.

Pada intinya jika Anda merasakan ada sesuatu yang janggal pada payudara. Misalnya saja ada benjolan atau keluar cairan dalam bentuk apapun sebaiknya datang ke dokter ahli, meskipun hal ini tak selalu sebagai tanda kanker namun alangkah baiknya waspada.

loading...

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Berikan komentar Anda: