Mengenali 10 tanda orang depresi


Depresi dan kesehatan mental sangat penting untuk disertakan dalam agenda kesehatan. Kesehatan mental telah diakui sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan memang jika Anda sedang stres atau marah maka ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik juga. Jadi baca juga yang ini : Kenapa stress bisa menyebabkan penyakit?

Lalu bagaimana caranya bagi kita untuk bisa mengetahui jika anggota keluarga atau teman dekat kita ada yang sedang berjuang secara emosional?

Berikut adalah 10 tanda-tanda jika seseorang mungkin mengalami depresi yang bisa Anda perhatikan :

1. Menjadi pemurung

Jika kekasih atau orang terdekat Anda tiba-tiba menjadi pendiam, ini mungkin berarti dia menyimpan rasa sakit secara emosional. Tanyakan apakah dia bersedia menerima seseorang untuk mengobrol?

2. Mencari-cari stimulan

Jika seseorang tiba-tiba menjadi peminum miras, minum kopi berlebih, atau menggunakan obat-obatan, maka ini adalah tanda jika mereka sedang mencari cara untuk melarikan diri dari rasa ketidak bahagiaan atau rasa sakitnya secara emosional.

Baca juga : Tanda Orang yang kecanduan heroin dan Narkoba

3. Kurang antusias

Jika teman Anda atau anggota keluarga terlihat seperti hanya memiliki sedikit emosi yang positif terhadap sesuatu, mereka mungkin mengalami depresi. Maksudnya lebih banyak mengesankan rasa berprasangka buruk.

4. Naik turun secara emosional

Apakah teman Anda terlihat senang satu menit, tapi kemudian terlihat susah? Ini bisa menjadi tanda dari akar masalah yang menancap lebih dalam yang perlu diselesaikan.

5. Hanya terpaku pada satu aspek dari kehidupannya

Jika seseorang terlihat sedikit obsesif tentang salah satu dari bidang dikehidupan mereka, mungkin bisa diartikan jika mereka sedang stres. Ia menggunakan hobi atau kegemaran sebagai cara untuk merasa lebih memegang kendali atas dirinya.

Lihat Juga :  Cara membuat seseorang jatuh cinta dengan Anda

6. Mudah kesal dan marah

Jika seseorang terlihat semakin kesal atau mudah marah, itu berarti emosinya sedang di ambang permukaan; dan mereka tidak pernah merasa tenang atau santai. Ini bisa menjadi tanda lain dari depresi.

7. Kurang terarah dan fokus

Jika seseorang yang Anda kenal tidak bisa terarah dan fokus, kemudian ia mungkin akan merasa sedih. Ia mungkin sedang berjuang untuk mengetahui apa yang sedang ia inginkan, atau ia sedang menetapkan tujuan namun gagal mencapainya.

8. Terlihat Bingung dengan kehidupannya

Jika Anda mengetahui seseorang terlihat seperti muram dan bingung tentang kehidupannya, kemungkinan ia sedang tertekan.

9. Terlihat tidak mau bersosialisasi dengan banyak orang

Dengan mengucilkan diri dari teman-teman, seseorang mungkin hanya ingin menyelesaikan masalahnya sendiri.

10. Banyak tidur atau memiliki masalah tidur

Jika orang tersebut gelisah, maka hal ini bisa berarti ia  mengalami kesulitan secara emosional. Demikian pula jika orang tidur secara berlebihan dan sulit untuk keluar dari tempat tidur, itu mungkin mereka sedang merasa terkuras secara emosional.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk seseorang yang mungkin menderita stres, kecemasan, atau depresi adalah membiarkan ia tahu bahwa Anda berada di sana untuknya. Dan berikan saran kepada dia untuk mengobati dirinya sendiri untuk  :

  1. Mengikuti gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur, diet seimbang, dan menghindari perilaku yang merusak diri sendiri yang berlebihan, termasuk  minum, merokok dan obat-obatan terlarang.
  2. Menyadarkan dirinya untuk selalu positif dalam mengelola tantangan yang mereka perjuangkan.
  3. Mencari dukungan sosial, dan bila perlu mencari bantuan profesional oleh dokter atau konselor.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: