Tanda Gejala alergi Kacang tanah dan cara mengatasinya


Tanda Gejala alergi Kacang tanah dan cara mengatasinyaKacang tanah adalah salah satu makanan yang paling umum dapat menyebabkan alergi. Sayangnya banyak sekali produk penganan yang mengandung kacang, sehingga sangat sulit bagi orang-orang yang alergi kacang untuk menghindarinya. Alergi kacang bahkan tidak bisa disembuhkan, sehingga jalan satu-satunya adalah menghindari makan kacang tanah atau produk makanan yang menggunakan kacang tanah.

Beberapa orang mungkin hanya alergi jika makan kacang tanah, tetapi yang lain hanya akan menunjukkan reaksi alergi jika makan produk yang mengandung kacang.

Gejala Alergi Kacang

Gejala alergi kacang bisa saja hanya ringan, tetapi pada kasus tertentu bisa juga menjadi parah dan bahkan mengancam jiwa. Berikut adalah tanda-tanda dan gejala alergi kacang:

1 . reaksi kulit

Seseorang yang alergi kacang tanah bisa mengalami gatal-gatal, ruam merah, eksim, bengkak, kemerahan, di sekitar mulut dan muka. Reaksi pada kulit adalah salah satu gejala alergi kacang yang paling umum. Antihistamin bisa membantu mengobati reaksi alergi ringan dikulit, seperti gatal-gatal .

2 . reaksi gastrointestinal

Alergi kacang juga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Orang-orang dengan alergi kacang mungkin akan mengalami kram perut, kembung, muntah dan atau diare setelah makan kacang .

3 . masalah pernapasan

Masalah pernapasan bisa jadi ringan atau sampai parah. Gangguan pernapasan ringan seperti pilek dan hidung tersumbat, mata berair dan gatal, dan bersin-bersin. Gejala pernapasan yang lebih parah termasuk batuk dan sesak napas atau mengi. Alergi kacang juga dapat memicu serangan asma.

4 . anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi terhadap kacang yang paling parah, dan dapat mengancam jiwa. Syok anafilaksis bisa menyebabkan pembengkakan pada mulut, bibir dan tenggorokan, serta penurunan tekanan darah yang mengakibatkan kesulitan bernafas dan kehilangan kesadaran. Jika gejala ini terjadi, tentunya harus segera kedokter. Dokter mungkin akan meresepkan epinefrin untuk mengurangi keluhan.

Lihat Juga :  Makan alpukat untuk menjaga kesehatan liver

Tips mengatasi dan Mencegah Alergi Kacang

  1. Hindari makan kacang tanah dan semua makanan yang mengandung kacang tanah, termasuk selai kacang, cokelat dengan kacang atau makanan lain .
  2. Baca label makanan dengan teliti. Kacang banyak digunakan dalam bebagai produk. Kata-kata seperti ” protein nabati terhidrolisis ” mungkin menunjukkan produk yang menggunakan kacang tanah.
  3. Berhati-hatilah makan-makanan Cina dan Thailand,  karena mungkin dimasak dengan minyak yang mengandung kacang tanah.
  4. Hati-hati membeli permen , sebab banyak permen yang juga mengandung kacang .
  5. Hindari asap atau uapnya kacang yang dimasak. Uap bisa memicu terutama jika Anda menderita alergi kacang parah.
  6. Tambahkan suplemen vitamin C dengan bioflavonoid, karena Zat ini dapat membantu tubuh untuk mengatasi alergen, mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  7. Gunakan multienzim kompleks untuk membantu meningkatkan kerja pencernaan, namun harus sesuai dengan petunjuk yang direkomendasikan .

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: