Tanda awal kehamilan usia beberapa minggu


Tanda awal kehamilan usia beberapa mingguAnda mungkin akan mendapatkan firasat jika sedang hamil, ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Hal seperti ini biasanya akan terjadi sekitar 10 hari setelah terjadinya pembuahan. Atau bahkan Anda tidak menyadari jika ada perubahan dalam diri Anda setelah beberapa minggu, kecuali bertanya-tanya tentang kehamilan setelah mengalami terlambat datang bulan. Seperti apa sih tanda-tanda awal kehamilan, selain yang ditandai dengan terlambat datang bulan?.

Baca juga:

  • Perkembangan bayi dalam kandungan “ Trimester kedua (14-26 minggu) Disini
  • Pertumbuhan janin dari minggu-keminggu trimester pertama kehamilan(3 bulan) Disini

Berikut ini 10 tanda awal kehamilan, yang mungkin semuanya atau beberapa saja yang akan Anda rasakan :

1 . Rasa seperti menusuk-nusuk, atau kesemutan diputing

Hormon kehamilan akan meningkatkan pasokan darah ke payudara, sehingga Anda mungkin akan merasakan seperti  kesemutan di sekitar puting Anda. Ini bisa saja menjadi salah satu tanda-tanda awal kehamilan, dan kadang-kadang juga baru terlihat setelah seminggu atau lebih setelah pembuahan.

Setelah tubuh Anda sudah terbiasa dengan lonjakan hormon ini, maka sensasi ini akan mereda.

2 . Mendapati bercak pada CD, dan merasakan kram

Beberapa bercak mungkin sudah umum ketika wanita sedang mendekati periode menstruasinya. Anda mungkin juga akan menemukan sedikit bercak berwarna merah muda atau coklat di CD Anda pada awal kehamilan, atau juga bisa merasakan sedikit kram. Para ahli tidak yakin mengapa ada bercak di awal kehamilan, tapi itu dianggap baik yang mungkin disebabkan karena telur yang mengimplan di dalam rahim Anda.

3 . Merasakan sakit dan mual

Jika Anda beruntung , Anda tidak akan merasakan ini sama sekali. Namun, morning sickness adalah gejala yang umum di awal kehamilan. Hal ini seringkali baru dimulai pada sekitar enam minggu usia kehamilan, meskipun bisa juga setelah empat minggu. Anda mungkin merasa sakit dan mual, atau bahkan muntah. Meskipun namanya ” morning sickness”, tapi pengalaman ini bisa  mempengaruhi   setiap saat sepanjang hari bahkan malam hari. Baca juga: Cara mengatasi gejala mual saat hamil muda Disini

Lihat Juga :  Tanda-tanda,penyebab dan akibat jika Bayi terlilit tali pusat

4 . Bengkak dipayudara

Setelah Anda hamil sekitar enam minggu, payudara Anda mungkin akan menjadi semakin lembut jika disentuh. Hal ini mirip seperti yang dirasakan sebelum Anda haid, namun keadaanya lebih dari itu.

Anda mungkin akan menyadari jika payudara Anda terasa lebih besar dan bengkak, dengan urat berwarna biru yang terlihat tepat di bawah kulit. Keadaan ini cenderung paling umum terjadi pada trimester pertama, dan akan terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

5 . Merasa lelah

Mungkin anda akan merasakan lelah dan ingin untuk lebih lama dikamar tidur, hal ini karena tubuh merasa perlu untuk mendukung bayi Anda pada tahap awal kehamilan. Hormon-hormon kehamilan akan membuat tubuh Anda merasakan lelah, ingin marah atau emosional.

Meskipun merasa kelelahan bukanlah merupakan gejala yang meyakinkan, tapi itu  adalah gejala umum kehamilan. Anda mungkin akan merasakan perasaan kelelahan pada awal kehamilan, dan paling tidak hingga trimester pertama dan trimester ketiga.

6 . Sering Pipis

Sekitar usia enam minggu kehamilan, Anda mungkin akan lebih sering kekamar kecil untuk pipis.

Hal ini karena kombinasi hormon kehamilan, volume darah yang lebih besar, dan ginjal yang bekerja ekstra keras. Jika Anda merasakan sakit atau sensasi rasa terbakar ketika pipis, bisa mungkin Anda mengalami infeksi saluran kemih (ISK) .

7 . Puting berwarna Gelap

Perubahan warna kuli umum selama kehamilan. Salah satu perubahan yang pertama kali mungkin melihat adalah lingkaran kulit bundar pada puting (areola) mulai berwarna gelap. Hal ini bisa terjadi sekitar delapan minggu usia kehamilan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: