Soal test Psikologi/Psikotest

Test Psikologi adalah suatu ujian yang dilakukan untuk menguji mental yang bertujuan untuk menyeleksi dan menetapkan psikis individu dalam rangka mengevaluasi bakat, minat yang digunakan untuk kepentingan hasil dari pengujian.Melalui hasil test psikologi inilah seorang yang diuji bisa diprediksi mengenai mental dan kepribadiannya.Setiap individu tentu memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dari hasil test psikologi akan diketahui mulai dari karakternya, mentalnya, cara pandang pada pekerjaan, sosialita, sikap saat menyelesaikan masalah, wawasannya, pengembangan diri, mortivasinya dsb, yang berhubungaan dengan suatu pekerjaan yang menjadi tujuannya.Ini bukanlah test kepintaran, melainkan seperti pendapat pribadi tentang bagaimana menyikapi sebuah pertanyaan dalam test.Itulah kenapa test psikologi kadang seolah seperti sulit untuk dijawab atau bahkan terkadang seolah seperti sangat mudah dijawab.Tidak sedikit pula yang menganggap seolah menjawab pertanyaan jebakan.
Mengenai soal tentu bisa bermacamSoal Psikotest macam, bisa tergantung seperti apa pekerjaan yang akan dijalaninya.Misalnya jika kamu ingin melamar sebagai akuntan, namun kamu tak menyukai pekerjaan itu, maka dari hasil test akan diketahui bahwa minat kamu bukan pada akuntan.Atau misalnya lagi, kamu seseorang yang penakut, dalam test psikologi untuk menjadi SATPAM, dijamin kamu tak bakal lulus.Jadi , sulit atau tidaknya kamu menjawab soal test psikologi itu umumnya tergantung dari minat atau kesesuaian pribadi kamu terhadap sebuah pekerjaan.

Bahkan dalam psikotest, yang dinilai adalah waktu dalam mengerjakan soal.Bukan berarti yang cepat selesai berarti yang terbaik, justru yang dinilai bisa berbalik.Dari situ contohnya seseorang bisa dinilai mengenai kepribadiannya, apakah dia orang yang suka terburu-buru, atau dinilai sebagai seseorang yang penuh ketelitian dalam mengerjakan sesuatu.Tentang hasil penilaian, tergantung bagaimana pribadi yang diinginkan untuk mendapatkan posisi setelah lulus test.

Adapun penguji dalam membuat soal psikotest  umum, dibagi dalam beberapa jenis soal test yaitu:Tes Bakat Skolastik,Tes Gambar / GrafisTes, Matematika dasar, Tes Pengetahuan Umum, Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Indonesia, Tes Analog VerbalTes, Test Numerik dan test kepribadian.Beberapa pertanyaan mungkin sudah disesuaikan dengan posisi pekerjaan atau apapun tujuan dari test psikologi tsb.

Berikut contoh dari beberapa jenis Soal test Psikologi:

Tes Deret Angka :

D, E, F, I, J, K, N, O, P, … , … , … : (a) T,U,V (b) Q,R,S (c) V,W,X (d) S,T,U
2, 2, 4, 3, 3, 5, 4, 4, 6, … , … , … : (a) 4,4,7 (b) 5,5,7 (c) 4,4,8 (d) 5,5,8
8, 4, 8, 6, 4, 6, 4, 4, 4, … , … , … : (a) 3,4,3 (b) 2,4,2 (c) 4,2,4 (d) 1,4,1
4, 7, 10, 14, 18, 23, 28, 34, 40, …, … : (a) 46,52 (b) 46,53 (c) 47,54 (d) 47,55
B,C,D,P,C,D,E,Q,D,E,F,R,..,..,..,.. : (a) F,G,H,S (b) E,F,G,S (c) F,G,H,T (d) E,F,G,T
D,D,B,B,G,G,E,E,J,J,H,H,.. ,.. ,..,.. : (a) K,K,L,L (b) N,N,K,K (c) M,M,K,K (d) M,M,L,L
C,C,D,C,H,H,I,H,M,M,N,M,..,..,..,.. : (a) P,Q,P,R (b) P,P,Q,P (c) S,S,R,S (d) R,R,S,R
1, 2, 4, 6, 7, 10, 10, 14, 13, 18, … , … : (a) 17,20 (b) 16,22 (c) 20,24 (d) 19,22
6, 7, 8, 6, 7, 8, 9, 6, 7, 8, 9, 10, … , … : (a) 6,7 (b) 11,12 (c) 8,9 (d) 10,11

Antonim / Lawan Kata :

ABOLISI >< …. a. Keringanan b. Pemberatan c. Pengurangan d. Pemotongan

ABSEN >< …. a. Sakit b. Masuk c. Ijin d. Hadir

AKTUAL >< …. a. Kadaluwarsa b. Nyata c. Lama d. Baru

AKURAT >< …. a. Teratur b. Sembarangan c. Ceroboh d. Meleset

ANTAGONIS >< …. a. Setingkat b. Selaras c. Seimbang d. Searah

ANTIPATI >< …. a. Apatis b. Peduli c. Simpati d. Acuh

ASLI >< …. a. Tiruan b. Orisinil c. Autentik d. Murni

CHAOS >< …. a. Labil b. Hancur c. Normal d. Kacau

DIALOG >< …. a. Monolog b. Prolog c. Epilog d. Interaktif

Tes Kemampuan teknikal :

1. Kecepatan mobil Adri 90 km per jam. Jarak Bogor-Jakarta 60 km. Jika Adri berangkat dari Bogor pukul 10, pukul berapa Adri akan tiba di Jakarta?
a. 11.30
b. 11.00
c. 10.30
d. 10.40

2. Sebuah pesawat terbang menempuh jarak 3 km dalam waktu 15 detik. Berapa kecepatan pesawat terbang tersebut ?
A. 440 km/jam
B. 520 km/jam
C. 600 km/jam
D. 720 km/jam

3. Jatmiko berjalan dari kota A ke kota B dengan kecepatan 8 km/jam selama 5 jam dan ia kembali ke kota A dengan naik motor. Berapakah kecepatan rata-rata seluruh perjalanan Jatmiko bila ia kembali dari kota B ke kota A selama 3 jam ?
A. 5 km/jam
B. 8 km/jam
C. 10 km/jam
D. 12 km/jam

4. Suatu perlombaan lari diadakan dengan dua kali perhentian. Jarak tempuh antara start sampai perhentian A adalah 2 km, antara perhentian A sampai dengan perhentian B adalah 7,5 km, dan antara perhentian B sampai dengan finish adalah 1,5 km. Berapa kilo meterkah total jarak tempuh pada perlombaan lari tersebut?
a. 10 km
b. 11 km
c. 12 km
d. 13 km

5. Wiwik berangkat dari kota P pukul 6:15 dan sesampainya di kota M pukul 9:45. Jika Wiwik mengendarai mobilnya dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam dan beristirahat selama satu jam untuk makan dan minum, berapa km jarak kota P dan M ?
A. 120 km
B. 135 km
C. 150 km
D. 155 km

Tes Penalaran Analitik

1. Di sini ada perempatan jalan yang saling tegak lurus. Salah satu jalan itu menuju ke kota Semarang. Jika saya menghadap utara, maka jalan yang ke kiri dan belakang saya adalah jalan yang menuju ke tempat lain. Jalan yang tepat di hadapan saya menuju ke Laut Jawa. Jalan mananakah yang menuju Semarang ?
a. Ke utara
b. Ke Timur
c. Ke Barat
d. Jawaban a, b, dan c salah

2. Dalam satu kelas ada sejumlah anak yang menyukai olahraga. Lisa menyukai olahraga bola Volley dan tidak menyukai atletik, Dino menyukai olahraga bola basket dan volley. Perdi menyukai semua olahraga kecuali volley. Susi menyukai olahraga tanpa bola. Sedangkan Gino menyukai olahraga dengan bola. Mereka yang menyukai olahraga volley adalah…
a. Dino, Gina, dan Lisa
b. Susi, Gino, dan Dino
c. Pardi, Gino, dan Lisa
d. Dino, Susi, dan Lisa

3. Lazimnya, entrepreneur dipandang sebagai seorang individu yang memiliki dan menjalankan usaha kecil. Namun , sekedar memiliki dan menjalankan usaha kecil atau usaha besar sekalipun tidak menjadikan seseorang sebagai entrepreneur. Jika seseorang adalah entrepreneur sejati, maka ada produk baru yang ia ciptakan dan ada cara baru yang ia ciptakan untuk menjalankan usahanya. Dari pernyataan berikut, manakah kesimpulan terbaik dari paragraf di atas?
a. Seorang pemilik perusahan besar bisa merupakan seorang entrepreneur
b. Seorang yang membangun sebuah perusahaan dapat dianggap seorang
entrepreneur.
c. Entrepreneur tidak memiliki dan menjalankan usaha kecil.
d. Entrepreneur adalah investor.

4. P, Q, R, S, T adalah lima orang diplomat. P hanya dapat berbicara bahasa Inggris dan Jerman. Q hanya berbicara dalam bahasa Perancis, Jepang, dan Cina. R hanya dapat berbicara bahasa Jerman. S hanya berbicara dalam bahsa Inggris, Jepang, dan Cina. T hanya dapat berbicara dalam bahasa Perancis dan Jerman. Satu-satunya pasangan diplomat yang harus menggunakan penterjemah dalam berkomunikasi adalah…
a. P dan R
b. Q dan R
c. R dan T
d. Q dan S

5. A adalah seorang anak dari pasangan suami isteri B dengan C. E adalah anak dari pasangan D dengan B. Hubungan antara A dengan E disebut:
a. Saudara sepupu
b. Saudara misan
c. Saudara ipar
d. a, b, c, salah (source)

Diatas hanyalah sebagian contoh saja, sebab seperti yang sudah kita jelaskan diatas, soal test psikologis bisa bergantung dari pekerjaan/jabatan atau tujuan dari test psikologi itu sendiri.Ada baiknya bertanya kepada orang yang pernah menjalani psikotest pada saat meraih pekerjaan yang sama dengan pekerjaan tujuan kamu.Walaupun mungkin berbeda, setidaknya ada sedikit persamaan.

Terimakasih telah membaca artikel Soal test Psikologi/Psikotest. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Tips Umum.

Komentar: