Sejarah Hacker


Sejarah HackerSejarah Hacker –Istilah Hacker sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 1990 dengan diterjemahkan menjadi kata “peretas”.Bagi orang yang lama mengenal internet dan teknologi informasi, hacker adalah bukan suatu istilah yang  asing lagi.

Namun siapakah gerangan mereka, bagaimana mereka ada dan apa saja aktifitas  mereka didunia maya, mungkin tidak banyak orang yang tahu.

Hacker adalah orang orang yang memiliki kemampuan tinggi dalam bidang pengetahuan ilmu komputer seperti pemrograman dan jaringan.Dengan pengetahuan mereka tersebut,  mereka menjadi tahu betul apa yang bisa menjadi kelemahan dari sebuah sistem komputer.Jika seorang hacker mengetahui setitik lubang kelemahan/bug dalam sebuah sistem, maka mereka bisa melakukan apa saja terhadap bug tersebut.Ada 2 keputusan yang ada ditangan mereka, Membobolnya atau justru membantu menutup security hole tersebut.,,,,

Sejak dari jaman tahun jebot, yang namanya penggunaan ilmu itu tergantung dari yang punya.Jika ilmu berada pada tangan pendekar berwatak jahat, maka ilmu bisa menjadi senjata yang berbahaya.Dan sebaliknya, jika ilmu berada pada tangan pendekar berwatak baik, maka akan bermanfaat ilmu tersebut.

Begitu juga dengan hacker, mereka ada yang jahat (perusak) dan ada juga yang baik,  bertugas sebagai penjaga sebuah sistem komputer.Bahkan mereka yang dalam aliran hacker putih , yang justru ikut andil dalam sejarah perkembangan komputer.Banyak hacker yang dulunya tersohor dan diakui canggih, kini justru mereka bekerja sebagai security dari jaringan komputer.

Ada 3 faktor terbesar mengapa hacker sampai membobol sebuah sistem komputer atau situs web.

Karena memang penjahat: Mereka memang sengaja melaksanakan aksinya untuk mencari keuntungan pribadi atau kelompok, pendek kata mereka hanya bertujuan mencuri.Hacker yang bertujuan seperti ini bukan hanya berbahaya bagi pemilik situs, melainkan berbahaya juga bagi pengunjung situs jika tak segera tertangani.Mereka bisa saja menginjeksi situs yang baik-baik menjadi situs yang menyebarkan trojan ataupun virus.

Lihat Juga :  Cara mengembalikan Facebook yang dihack

Ketidak puasan sosial: Kebijakan sosial pemerintah disuatu negara bisa berdampak  serangan hacker, selain mendapatkan aksi demo massa dijalanan.Hacker-hacker ini biasanya akan serempak melaksanakan aksinya terhadap situs pemerintahan sebagai simbol ketidakpuasan.

Hacker iseng: Hacker iseng biasanya hanya ngedeface situs atau meyebabkan kerusakan kerusakan ringan saja.Mereka yang suka iseng biasanya hanya hacker tingkat pemula, dimana mereka hanya ingin menjajal sedikit ilmu jaringan yang baru saja dikuasainya.Dan sasarannya pun hanyanyalah situs-situs pribadi yang lemah sistem keamanannya.

Tahukah kamu bahwa Bill Gates dulunya adalah salah satu orang dari kelompok hacker legendaris dunia.Biar lebih tahu tentang sejarah komputer dan hacker, maka baca lebih lanjut artikel ini!!

Sejarah serangan hacker di Indonesia

Pada tahun 1990, beberapa situs milik lembaga ternama seperti Departemen Pertahanan (lalu berubah jadi Kementerian Pertahanan), Mabes Polri, juga beberapa situs lain sempat dibobol hacker.

Saat gejolak reformasi terjadi tahun 1998, beberapa situs juga dibobol dan kemudiaan  dipasang pesan-pesan yang menebar kebencian. Begitu pula ketika beberapa sengketa perbatasan terjadi antara Indonesia dan Malaysia, hacker dari kedua negara beradu pintar saling menyerang.

Yang terakhir kemaren, ramainya berita serangan hacker terhadap situs Israel sebagai bentuk protes terhadap invasinya ke Palestina.

Serangan Hacker Terhebat Dunia

Memasuki tahun 2000-an, aktivitas para hacker semakin ganas saja. Situs radio Jerman, Deutsche Welle pada 4 Agustus 2011 melaporkan adanya 70 perusahaan multinasional, pemerintahan, serta institusi penting dunia menjadi korban hacker. Di antara nama situs yang masuk dalam daftar korban antara lain ASEAN, PBB, Sony, Citigroup, pemerintah Amerika Serikat, Taiwan, dan sebagainya.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: