Sakit otot, sembuhkan dengan pijat!


manfaat pijat payudaraSakit otot umumnya rasanya sangat menyiksa, apabila anggota tubuh yang bersangkutan digerakkan. Sakit otot ini biasanya sangat membandel, bisa bertahan selama berbulan-bulan jika tak diobati. Bahkan semakin lama akan semakin parah jika tak ada tindakan, sedangkan obat atau jamu tradisional seolah tak membawa hasil.

Apa penyebab sakit otot?,, sakit otot umumnya karena disebabkan oleh radang otot, yang diakibatkan karena kerja otot yang terlalu keras, karena keseleo, pegal dll. Biasanya orang akan mengambil pijat, selain obat atau suplemen untuk meredakan kondisi ini.

Benarkah pijat dapat menyembuhkan sakit otot yang sulit disembuhkan dengan obat?

Pijat atau massage sudah terbukti baik bagi kesehatan. Selain mampu meredakan pegal, Ternyata, pijat juga terbukti ampuh untuk menyembuhkan sakit akibat peradangan pada otot. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian diluarnegeri yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine.

Penelitian

Penelitian tersebut melibatkan 11 orang pemuda untuk mendapakan pembuktian. Kemudian 11 orang pemuda  disuruh untuk melakukan olahraga yang melelahkan. Setelah melakukan olahraga, setiap pria diberikan terapi pijat hanya pada sebelah kaki selama 10 menit.

Kemudian, peserta diminta untuk beristirahat. Setelah dua jam masa pemulihan, peneliti mengambil sampel jaringan biopsi pada kedua kaki partisipan untuk membandingkan otot yang dipijat dan tidak. Peneliti juga telah mengambil sampel jaringan biopsi sebelum peserta memulai penelitian.

Hasil penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pijatan dapat mengurangi efek sitokin, yaitu molekul sinyal sistem kekebalan tubuh yang berkontribusi menyebabkan peradangan.

Pada saat yang bersamaan juga ditemukan aktivitas gen yang meningkatkan mitokondira, sel yang bisa menjadi pembangkit tenaga.

Peneliti meyakini bahwa penurunan rasa pegal berhubungan dengan pijatan yang memiliki manfaat yang sama dengan pengonsumsian obat anti peradangan.

Lihat Juga :  Makanan yang baik untuk Kesehatan Otak

“Manfaat potensial dari pijatan bagi semua orang, termasuk orang lanjut usia, mereka yang menderita muskulosketal hingga penyakit peradangan kronis,” ungkap ketua penelitian Dr Mark Tarnopolsky, dari the Department of Pediatrics and Medicine, McMaster University di Kanada, seperti dilansir melalui Dailymail, Kamis (2/2).

Jadi jika Anda mengalami sakit otot atau peradangan otot jangan ragu lagi untuk melakukan terapi pijat, disamping memenuhi nasehat dari ahli pengobatan tentang obat yang harus Anda minum. Pijat yang dilakukan tentunya harus dilakukan oleh terapis yang benar-benar berpengalaman menangani pasien.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: