Apakah yang disebut dengan Rootkit?


resiko download software bajakanBeberapa istilah mungkim sering Anda dengan selain virus, Trojan, atau malmware. Tapi Apakah Anda sudah mengetahui apa yang disebut dengan Rootkit?… Jika belum mengenal istilah yang satu ini, maka setelah dari sini Anda akan mengenalnya.

Baca juga : Resiko Download Software Bajakan

Apa yang disebut Rootkit? berbahayakah, dan bagaimana bekerjanya?

Rootkit adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk menyembunyikan jika sistem operasi komputer telah diganggu/disusupi malmware, yang kadang-kadang dengan mengganti file executable penting. Bagian dari sebuah code ini memungkinkan virus dan malware untuk “bersembunyi didalam komputer” dengan cara menyamarkan file yang diperlukan untuk mencegah perangkat lunak antivirus mendeteksinya.

Bahayakah rootkit?

Rootkit sendiri sebenarnya tidak berbahaya; mereka hanya digunakan untuk menyembunyikan malware, bot dan worm. Namun yang membahayakan adalah ketika malmware atau virus yang menyerang komputer Anda ini tak terdeteksi oleh antivirus yang terinstal – karena peran rootkit.

Istilah rootkit

Sebutan Rootkit berasal dari istilah Unix untuk account administrator utama yang disebut “root” dan “kit”, yang mengacu pada alat bagian dari suatu perangkat lunak yang menerapkannya. Untuk menginstal rootkit, penyerang harus terlebih dahulu mendapatkan akses ke account root dengan menggunakan mengeksploitasi atau memperoleh password dengan cara cracking atau social engineering. Rootkit awalnya digunakan pada awal 1990-an dan ditargetkan untuk menyerang sistem operasi UNIX. Namun saat ini, rootkit telah tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi lainnya, termasuk Windows. Karena rootkit diaktifkan bahkan sebelum sistem operasi Anda booting, maka keberadaannya sangat sulit untuk dideteksi, dan karena itulah ia bisa¬† menyediakan cara yang ampuh bagi penyerang untuk mengakses dan menggunakan komputer yang ditargetkan tanpa sepengetahuan pemilik. Karena cara rootkit yang digunakan dan dipasang, ia umumnya sangat sulit untuk dihapus.

Lihat Juga :  Spesifikasi dan Harga Mito A300

Kesimpulan

Rootkit pada saat ini biasanya tidak digunakan lagi untuk mendapatkan akses yang tinggi, tetapi digunakan sebagai muatan untuk menutupi sebuah malware agar lebih efektif. Ia adalah bagian dari malmware, yang juga digunakan oleh penyerang supaya aksinya tidak terdeteksi oleh pengguna komputer sasaran.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: