Resiko kehamilan bagi wanita dengan Kista Ovarium


Resiko hamil dengan kanker ovariumSaat ini banyak wanita yang didiagnosis dengan kista ovarium. Ini kemungkinan terbanyak disebabkan oleh diet tertentu atau karena gaya hidup. Kista ovarium yang membesar akan menunjukkan berbagai komplikasi, terutama pada saat kehamilan. Pada saat hamil, Kista ovarium belum menunjukkan gejala, bahkan tak diketahui pada saat kehamilan masih dalm trimester pertama. Kondisi seperti ini cukup banyak dialami oleh setiap wanita. Kadang-kadang selama proses pembuahan, tidak ada telur yang dilepaskan. Dalam kasus seperti ini, folikel (corpus luteum) melepaskan hormon estrogen lebih banyak, dan mengisi kantung sehingga memperbesar kista.

Kista seringkali muncul dan menghilang pada waktu yang sangat singkat, bisa tunggal atau ditemukan dalam kelompok. Kista kecil terutama memerlukan pembedahan, namun seringkali program suplementasi dapat membantu tanpa harus dilakukan operasi apapun. Namun untuk folikel yang telah berkembang pada jaringan dan kulit, adalah hal yang berbeda yang memerlukan operasi pengangkatan.

Berikut adalah beberapa risiko yang bisa terjadi jika ada kista ovarium yang terjadi selama kehamilan.

Keguguran

Kista ovarium yang membesar biasanya disertai dengan rasa nyeri di rongga panggul. Hal ini karena disebabkan oleh peningkatan estrogen dalam tubuh karena hamil. Bisa meningkat menjadi lebih lanjut jika kurangnya frekwensi pembuangan limbah dari saluran pencernaan, trauma fisik dan mental, serta latihan yang berat.

Kista yang membesar akan mendorong terhadap rongga panggul, sehingga  menyebabkan nyeri. Dan jika kista ini tidak segera diobati tepat waktu, maka kista akan meletus dan cauran dan darah akan mengisi rongga panggul, yang dapat menyebabkan keguguran .

Sindrom Ovarium polikistik(PCOS)

Sindrom Ovarium polikistik atau PCOS adalah gangguan, di mana hormon laki-laki lebih banyak pada wanita. Selama kehamilan kemungkinan selalu menimbulkan peningkatan komplikasi. Hal ini akan menyebabkan peningkatan tumbuh rambut pada tubuh, kumis, jerawat, kulit berminyak, dll. PCOS adalah salah satu penyebab infertilitas/kemandulan pada wanita.

Lihat Juga :  Penyebab terlambat datang bulan

PCOS disebabkan oleh hormon androgenik pria, atau hormon luteinizing yang dilepaskan terlalu banyak oleh kelenjar hipofisis. Hal ini dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur, perdarahan berlebih, menopause dini atau bahkan kemandulan. Gejala lainnya adalah diabetes tipe 2 dan gangguan kardiovaskular.

Diabetes Gestational

PCOS juga dapat menyebabkan kadar glukosa tinggi, yang dapat menyebabkan diabetes gestational . Hal ini sering menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh tinggi, dan bisa menyebabkan bayi lebih besar, paru-paru yang belum matang, atau masalah selama pengiriman juga umum dalam kasus tersebut . Ini seringkali akan membutuhkan suntikan insulin sebelum bayi lahir, untuk mengurangi kerusakan.

Hipertensi

Diabetes sering menyebabkan depresi atau menurunnya mood. Oleh karena itu, PCOS bisa berakhir menjadi penyebab hipertensi pada wanita hamil, karena pasien mengalami resistensi insulin. Hal ini dapat karena ketidakseimbangan hormonal, atau aspek fisik lain seperti rambut rontok, jerawat, dan bahkan depresi karena keguguran atau kemandulan.

Pada kehamilan, wanita biasanya menghadapi suasana hati yang labil, dan jika dikaitkan dengan hipertensi maka bayi mungkin berisiko yang sama.

Kanker ovarium

Kista ovarium yang dapat terjadi selama kehamilan mungkin juga dapat berkembang menjadi kanker ovarium. Kanker ovarium adalah kanker yang paling didiagnosis pada urutan kelima di dunia,  dan telah menyebabkan banyak kematian karena terdeteksi setelah mencapai stadium akhir .

Dan karena gejalanya yang kurang jelas, maka sangat sulit  mendeteksi bahkan setelah bertahun-tahun dengan kista ovarium. Gejala yang mungkin dirasakan adalah mulai dari buang gas, nyeri di perut bagian bawah, gangguan pencernaan, diare dan akhirnya menjadi anemia. Sumber Gambar: http://www.mayoclinic.com/health/medical/IM03917

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: