Resep Agar Panjang Umur


Resep Agar Panjang UmurResep Agar Panjang Umur – Siapapun pastinya mengharapkan dalam hidupnya itu sehat, bahagia dan berumur panjang. Dan ini adalah khabar baiknya, bahwa menurut data Biro Pusat Statistik, harapan hidup orang di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan pada 2025 nanti, harapan hidup orang Indonesia diproyeksikan bisa mencapai rata-rata 73 tahun.

Dan untuk dapat mencapai usia ideal tersebut, banyak cara yang dapat kit lakukan. Tentunya menjaga hidup agar tetap sehat dengan jalan mengatur gaya hidup dan aktivitas adalah salah satu kuncinya. Namun tidak jarang orang yang melakukan upaya medis tertentu, yaitu yang diyakini dapat memperpanjang usia.

Di antara beragam upaya untuk memperpanjang harapan hidup, sebenarnya ada cara murah, mudah dan sederhana agar seseorang bisa mencapai umur ideal.

Berikut ini adalah enam cara yang bisa dilakukan agar hidup lebih sehat, aktif, dan terhindar dari penyakit,  yang pada akhirnya dapat memperpanjang umur :

1. Banyak bergerak: Akan menambah usia: 2-4 tahun

Para peneliti dari Belanda dan Australia menemukan bahwa latihan kardiovaskular intensitas sedang hingga tinggi, seperti berlari 30 menit 5 hari seminggu, dapat memperpanjang usia 2 hingga 4 tahun. Keuntungan lainnya, 1 hingga 3 tahun akan terbebas dari penyakit jantung. Hal ini karena lari akan memperkuat otot jantung dan otot-otot lain, serta menurunkan kadar kolesterol. Jika Anda tak kuat lari, cukup lakukan jalan sehat 30 menit sehari. Kegiatan ini dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga separuhnya.

2. Konsumsi makanan bermutu: Menambah usia 4 tahun atau lebih

Makanan yang bagus untuk melaksanakan resep panjang umur tentunya adalah mengkonsumsi makanan sehat dan bebas resiko atau memininalisir resiko penyakit. Makanan segat seperti itu adalah dark chocolate, kacang almond, buah-buahan, sayuran, bawang putih, ikan, segelas anggur merah. Jenis makanan sehat ini menurut riset yang dilakukan oleh British Medical Journal, akan  menambah usia hingga 4 tahun  karena kaya akan zat antioksidan, zat antiperadangan asam lemak omega 3, serat, dan zat gizi lain yang dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 76 persen. Makanan bermutu itu juga menurunkan risiko kanker payudara hingga 22 persen. Orang-orang panjang usia yang hidup lebih dari 100 tahun memiliki pola makan seperti ini. Percayalah, mereka jarang mengasup makanan kaya lemak seperti donat.

Lihat Juga :  Manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari

3. Berhenti merokok : Menambah usia 2 hingga 8 tahun

Semakin muda usia Anda untuk berhenti merokok, maka akan semakin baik. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Public Health menemukan bahwa,  perokok yang berhenti sebelum 35 tahun dapat meningkatkan harapan hidupnya 6 hingga 7 tahun.

4. Mengurangi kelebihan lemak: Menambah usia 3 hingga 4 tahun

Menurut penelitian National Cancer Institute dari AS, mengurangi kelebihan lemak berarti menurunkan risiko kematian 20 hingga 40 persen. Penelitian lain berhasil menemukan kaitan antara kelebihan berat badan dengan kadar kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

5. Lakukan permainan otak: Menambah usia  2 tahun atau lebih

Banyak ahli yang percaya bahwa latihan mental dapat menjaga sel-sel otak tetap aktif dan efisien saat kita bertambah tua. Terus belajar seumur hidup, ditambah melakukan kebiasaan hidup sehat dapat memperpanjang usia paling tidak 2 tahun. Satu permainan otak seminggu sekali saja bisa menambah ketajaman otak sebesar 7 persen. Semakin otak banyak dilatih, maka akan semakin besar persentasenya. Karena itu, sering-seringlah membaca, bermain sudoku, menyusun puzzle untuk menurunkan alzheimer, kata Gary Smal, kepala Memory and Aging Research Center dari University of California, Los Angeles.

6. Bercinta: Menambah usia 3-8 tahun

Berhubungan seks hingga dua atau tiga kali seminggu dapat meningkatkan usia,  karena dapat menurunkan risiko terhadap sakit jantung dan stroke hingga separuhnya!. Hal ini karena hubungan seksual dapat membakar hingga sekitar 200 kalori, jumlah kalori yang setara dengan berlari selama 30 menit. Berhubungan seks juga bermanfaat menurunkan tekanan darah, membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan kekebalan tubuh, dan produksi hormon oleh tubuh yang berfungsi melindungi jantung. Jika seks itu merupakan bagian dari perkawinan yang bahagia, usia Anda akan bertambah 5 tahun lagi.

Lihat Juga :  Gejala Autisme

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: