Rasa Pusing tiba-tiba saat berdiri dari duduk


Makanan buruk bagi jantungRasa pusing mendadak ketika berdiri atau saat bangkit dari duduk umumnya dikaitkan dengan darah rendah. Memang benar rasa pusing setelah bangkit dari duduk itu diakibatkan oleh menurunnya tekanan darah, atau yang disebut dengan istilah hipotensi ortotastik. Menurut hasil penelitian, hal ini ternyata harus diwaspadai!

Kenapa Rasa Pusing ketika tiba-tiba berdiri dari duduk perlu diwaspadai?

 

Mengembangkan gagal jantung

Namun jika kondisi seperti ini seringkali dirasakan, maka Ada perlu waspada. Menurut hasil penelitian terbaru, para ahli berasumsi bahwa orang yang mengalami gejala tersebut 54% sangat mungkin karena adanya gangguan jantung dibanding yang tidak. Dan dipertegas lagi bahwa, orang-orang dengan kondisi seperti ini beresiko tinggi terhadap gagal jantung. Dijelaskan lagi, orang yang berusia 45-55 akan lebih tinggi kemungkinannya mengalami masalah gangguan jantung.

Penelitian

Awal penelitian ini telah dilakukan oleh para tim ilmuwan dari University of North California, yang mengukur tekanan darah dari 12.000 pasien,  tak lama setelah mereka berdiri setelah bangun dari duduk. Dan sekitar 17,5 tahun kemudian, peneliti menemukan bahwa 11 persen orang yang mengembangkan gagal jantung mengalami hipotensi ortostatik pada awal penelitian, dibandingkan dengan hanya 4 persen dari mereka yang tidak mengembangkan gagal jantung.

Penjelasan pakar

“Hipotensi ortastik tampaknya berkaitan dengan perkembangan penyakit gagal jantung. Hipertensi, diabetes dan penyakit jantung koroner sudah dikenal berkontribusi terhadap risiko seseorang terkena gagal jantung,” penjelasan dari pemimpin penelitian, Dr Christine DeLong Jones, seperti dikutip dari Dailymail.

Lihat Juga :  Apakah Gejala dan Penyebab penyakit Angin duduk?

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: