Putih telur dan kuning telur, apakah sehat?


Khasiat telur ayam kampungAnda mungkin sudah berusaha sangat keras untuk sehat. Anda sudah mengatur asupan kalori Anda, berolahraga secara teratur, dan selalu membuang kuning telur ketika Anda membuat omelet. Sekarang mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkannya  kembali!.  Pada faktanya, Seluruh bagian telur termasuk kuning telur tidak meningkatkan risiko penyakit jantung , menurut penasehat gizi Liz Wolfe , NTP, yang menulis “Eat The Yolks , it may be worse for your health to not eat them”.

Terkait : Fakta dan Mitos gizi seputar telur

Telur adalah sumber gizi terbesar, dan tidak menyebabkan penyakit jantung!

Fakta sembarangan

Kuning telur sebagai  sumber lemak jenuh dan kolesterol, diawali dari penelitian yang dilakukan oleh Nikolai Anichkov pada pergantian abad 20. Anichkov memberikan makan kepada kelinci kolesterol murni, dan mencatat bahwa arteri kelici tersumbat oleh plak, yang mengarah ke hipotesis bahwa kolesterol mempromosikan penyakit jantung. Tapi sejak saat itu, telah ada pertanyaan yang diajukan tentang seberapa dekat keterkaitan antara keduanya(kelici dan kolesterol). Liz Wolfe menentang : ” Kelinci tidak memiliki kesamaan dengan tubuh manusia, dan pula kolesterol bukanlah bagian dari diet kelinci.”

TERKAIT: Makanan yang Dapat membantu Membakar Lemak Perut

Meski demikian, memunculkan temuan yang buruk dengan makanan tinggi lemak dan kolesterol. Peneliti Ancel Keys menjadi berita utama pada tahun 1950 dengan Studinya ” Seven Countries”, yang hampir seorang diri mengatur garis pemikiran tentang lemak jenuh yang berlaku hingga saat ini. Keys mengklaim, bahwa setelah ia melihat diet rata-rata populasi di tujuh negara yang berbeda, maka ia mampu menentukan bahwa mereka yang makan paling banyak lemak hewani, memiliki tingkat tertinggi penyakit jantung. Tapi analisis nya cacat . Meskipun data Keys memang menunjukkan adanya hubungan antara lemak dan penyakit jantung, namun ia tidak bisa menunjukkan bahwa hubungan itu kausal. Selain itu, sementara tingkat kematian penyakit jantung lebih tinggi di negara-negara yang populasinya paling banyak mengkonsumsi lemak hewani, kematian akibat penyebab sebelumnya nyaris yang lebih rendah – dan harapan hidup secara keseluruhan lebih tinggi.

Lihat Juga :  Tips Cara cepat mengecilkan perut Buncit

Terkait : Khasiat Telur Ayam Kampung yang luarbiasa

Hal lain

Untungnya, temuan yang lebih konkret telah terungkap di tahun-tahun semenjak itu. Pada tahun 2010, The American Journal of Clinical Nutrition menerbitkan temuan meta analisis  yang dikumpulkan dari 21 studi yang berbeda – yang menyatakan “lemak jenuh tidak berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, stroke atau penyakit pembuluh darah koroner” .

Awal tahun ini, Time Magazine dibalik argumen itu memuat cover tahun 1984, mengklaim bahwa telur dan makanan tinggi lemak lainnya berbahaya, dan bahkan mendorong pembaca untuk makan mentega di atas margarin.

Jadi apa sebenarnya penyebab penyakit jantung? ,, Wolfe menunjukkan bahwa itu terletak pada peradangan yang disebabkan olah hal lain “Tingkat stres kronis, dan konsumsi minyak nabati dan karbohidrat olahan yang berlebihan.”  Batasi makanan yang hadir dalam kotak dan tas”

Fakta kesehatan dari Telur

Sementara itu, jika Anda menghindari kuning telur, maka Anda telah kehilangan sumber gizi yang baik. Menurut Wolfe, “Telur adalah sumber tinggi vitamin A yang baik untuk kulit, vitamin B untuk energi, dan kolin, yang mendukung kesehatan otak, otot, dan diperlukan untuk kehamilan yang sehat. “Lemak jenuh dalam kuning telur juga diperlukan untuk memproduksi hormon dan membantu penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: