Perlukah minum air putih sebelum tidur


Minum air sangat penting agar badan kita tetap sehat, karena  60% dari tubuh kita adalah cairan. Orang perlu minum air putih untuk menyiram racun keluar dari tubuh serta untuk mengangkut nutrisi ke sel-sel dan untuk menjaga jaringan hidung, tenggorokan dan telinga agar cukup lembab. Minum air sepanjang hari adalah sangat ideal, akan tapi mungkin ada alasan untuk minum air putih sebelum tidur.

Berikut alasan minum air putih sebelum tidur

Hangover

Minum air ketika tiba di rumah setelah habis mengisi malam dengan minuman beralkohol dapat mencegah mabuk. Alkohol merupakan diuretik, yaitu yang akan membuat seseorang akan buang air kecil berlebih, dimana yang akan meningkatkan peluang orang mengalami dehidrasi. Minum 2-3 gelas air putih sebelum mencoba untuk tidur dapat mencegah dehidrasi, sakit kepala dan perasaan tak enak, menurut Go Ask Alice, sebuah layanan dari Columbia University.

Dehidrasi

Dehidrasi bisa membuat kita merasa capek, namun tidak akan membantu untuk mudah tidur. Minum air putih sepanjang hari hanya untu mengisi ulang cairan tubuh yang keluar melalui keringat, buang air kecil dan buang air besar. Pernapasan juga akan menyebabkan tubuh kehilangan air. Merasa haus adalah pertanda yang menunjukkan bahwa tubuh mengalami  dehidrasi. Jika Anda merasa haus di malam hari, itu berarti tubuh Anda sedang membutuhkan air, dan itu berarti Anda tidak perlu menundanya sampai pagi hari. Berapa jumlah air putih yang tepat untuk setiap orang per hari untuk mencegah dehidrasi adalah unik. Pedoman umum untuk minum air putih yanhg disarankan adalah delapan sampai sembilan gelas per hari. Baca: Ukuran minum air putih yang tepat perhari

Lihat Juga :  Agar pembuluh darah lancar, terhindar dari sakit jantung

Olahraga

Banyak orang yang bekerja hingga malam hari, atau melakukan olahraga dimalam hari. Kebutuhan tubuh akan air meningkat selama dan setelah olahraga. Minum air setelah latihan bermanfaat untuk rehidrasi dan re-energi. Alice merekomendasikan 8 ons air dalam waktu latihan selama 30 menit, tapi itu adalah asumsi minum air yang cukup sebelum atau selama latihan. Umumnya, Anda harus minum 8 ons air hangat setiap 10 sampai 20 menit saat berolahraga. Bahkan jika tiba saatnya Anda ingin pergi tidur, minumlah air putih terlebih dahulu.

Pertimbangan

Minum segelas air putih atau susu hangat dapat membantu untuk menenangkan Anda saat tidur, namun minum air putih adalah yang terbaik, menurut Dr Oz. Akan tetapi, minum air putih tepat sebelum tidur dapat menyebabkan Anda sering terbangun untuk buang air kecil pada malam hari, bahkan mungkin bisa lebih dari sekali. Hal ini bisa mengganggu waktu tidur, sehingga menyebabkan kurangnya waktu optimal untuk istirahat. Jika minum air putih sebelum tidur dapat membuat masalah seperti ini pada Anda, maka minumlah air putih yang  sepanjang hari dan minum pada saat dua jam sebelum waktu tidur hingga Anda sudah terhidrasi dengan baik ketika tiba saatnya untuk tidur. Untuk selanjutnya, minumlah segelas penuh air putih di pagi harinya. Minum air putih sesaat setelah bangun tidur dipagi hari, sangat baik bagi kesehatan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: