Pertumbuhan janin dari minggu-keminggu trimester pertama kehamilan(3 bulan)


Pertumbuhan janin dari minggu-keminggu trimester pertama kehamilan(3 bulan) – 3 bulan pertama janin didalam kandungan atau trimester pertama adalah merupakan masa-masa penting. Selain sang ibu masih harus lebih berhati-hati(termasuk berhubungan intim), pada usia janin ini ibu harus lebih memperhatikan kebutuhan gizi. Dimana Karena pembentukan organ penting seperti tulang belakang, kulit,rambut, jantung, hati dll,  terutama syaraf-sayaf dan otak dimulai. Pada masa-masa ini Jika ibu kurang berhati-hati dapat menyebabkan keguguran janin, dan jika kurang memenuhi asupan gizi sehat, maka janin dapat mengalami gangguan fungsi otak, syaraf dll.

Berikut Perkembangan janin setiap minggunya, hingga minggu ke 13 (3 bulan kandungan atau trimester pertama kehamilan)

Minggu ke-1

8 hari selepas proses pembuahan, blastocyst (kini mengandungi 200 sel) merembeskan mukus untuk memberitahu kehadirannya di dalam rahim.

Minggu ke-2

Blastocyst menggelembung dan sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira 2 kali dalam sehari, sehingga pada hari yang ke-12 jumlahnya sel telah bertambah dan akan membantu blastocyst menempel dengan kuat pada endometrium.

Minggu ke-3

Embrio telah terbentuk, namun masih sepanjang 0.08 inci/2 mm. Ini adalah awal Gen janin akan membentuk kedalam 3 lapisan sel organ tubuh yang akan bergabung.

Minggu ke-4

Janin sudah mulai membentuk struktur tubuh manusia, dimana awal sel-sel  bergabung, dan pada masa ini embrio sudah mulai memanjang hingga kira-kira 1/4 inci (6 mm). Pada masa ini sudah kelihatan pembentukan otak dan tulang belakang serta anggota lain seperti jantung yang memompa darah ke paru-paru dan aorta.

Minggu ke-5

Embrio akan terus membesar. Terdapat 3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm dan dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas. Ia akan membentuk sistem saraf pada janin tersebut, yang selanjutnya akan membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Pada lapisan mesoderm  yang berada pada lapisan tengah akan membentuk organ penting yang yaitu jantung, buah pinggang, tulang serta organ reproduksi. Sistem peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi. Terakhor adalah lapisan endoderm, yaitu lapisan yang paling dalam yang akan membentuk organ dalam manusia seperti usus, hati, pankreas dan kandung kencing.

Lihat Juga :  Cara Mengatasi Batuk dan pilek pada Anak

Minggu ke-6

Jika dilakukan pemeriksaan ultrasound, maka kita sudah akan dapat melihat bentuk badan dan kepala janin . Pada masa ini Biasanya detak jantungnya juga sudah dapat dirasakan.

Minggu ke-7

Pembentukan bayi sudah semakin jelas terbentuk. Kepala bayi telah terlihat seolah-olah tertunduk dan berada dalam  cairan (air ketuban), yang akan memberikan keperluan selama bayi  dalam kandungan.

Janin usia 8 Minggu Kandungan:

proses pembentukan janin

Seluruh organ tubuh utama bayi telah terbentuk, meskipun masih belum berkembang dengan sempurna. Mata dan telinga sudah mulai terbentuk. Jantung sudah berdetak dengan kuat. Dengan cek ultrasound,  kita sudah dapat melihat jantung janin yang berdenyut.

Janin usia 9 minggu Kandungan:

proses pembentukan janin

Telinga bagian luar janin mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang beserta jari mulai tampak. Janin sudah mulai bergerak, namun Anda masih belum bisa merasakannya. Dengan Doppler, Anda bisa mendengar detak jantungnya. Pada Minggu ini, panjangnya sudah sekitar 22-30 mm, dan beratnya sudah sekitar 4 gram.

Janin usia 10 minggu Kandungan:

Proses pembentukan janin hingga usia 3 bulan

Semua organ penting yang telah terbentuk sudah mulai bekerjasama. Pertumbuhan otak meningkat dengan cepat, hampir 250.000 sel saraf baru yang diproduksi setiap menit. Janin sudah mulai tampak seperti manusia kecil dengan panjang 32-43 mm dan berat 7 gram.

Janin usia 11 minggu Kandungan:

Panjang tubuh janin telah mencapai sekitar 6,5 cm. Baik rambut, kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh. Pada usia ini, sesekali janin sudah menguap.

Baca Juga :

Berikan komentar Anda: