Perbedaan Pria dan Wanita secara Psikologis


Perbedaan psikologis pria dan wanitaMenurut sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan, secara psikologi dan biologi antara pria dan wanita telah menunjukkan banyak perbedaan,  yang bisa  membantu kita untuk memahami mereka dengan cara yang lebih baik. Kadang-kadang alasan utama masalah komunikasi yang terjadi antara pria dan wanita adalah bahwa mereka tidak cukup memahami perbedaan yang ada diantara diri mereka dengan baik. Pria dan wanita yang memiliki perbedaan pemahaman  psikologis dan biologis,  masing-masing bisa memahami suatu masalah dengan lebih baik atau kurang daripada yang lain.

Baca juga :

  1. Tanda-tanda Pria yang jatuh cinta kepada wanita
  2. Tanda-tanda seorang Wanita yang mencintai Pria

Dalam artikel ini kita akan menunjukkan beberapa perbedaan utama psikologis dan biologis antara pria dan wanita .

 

1) Pusat komunikasi dan ketrampilan

Pusat Keterampilan komunikasi & bahasa tubuh didalam otak wanita jauh lebih besar daripada pusat komunikasi yang berada di dalam otak Pria. Dengan demikian Wanita umumnya lebih mampu mengolah kata-kata dan menggunakan bahasa daripada pria, asalkan semua faktor lain konstan. Wanita memberikan perhatian khusus terhadap kata-kata, dan bisa membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah orang lain dengan cara yang jauh lebih baik dibandingkan dengan laki-laki.

2) Sharing(curhat) vs pemecahan masalah:

Pria pada umumnya lebih mandiri daripada wanita, bahkan lebih memilih memecahkan masalah mereka sendiri tanpa perlu berbicara dengan siapapun.Wanita di sisi lain justru akan menjadi tertekan jika tidak berbagi masalah yang sedang mereka hadapi dengan teman-teman mereka, walaupun jika teman-teman mereka tidak mampu memberikan solusi. Namun ini biasanya justru bisa menjadi sumber konflik utama dalam sebuah hubungan,  dimana ketika seorang wanita memberitahukan kepada suaminya tentang masalah yang dihadapi dengan maksud ingin berbagi dengan dia – akan tetapi kemudian wanita menjadi terkejut dengan jawaban sepihak pria (yang dimaksudkan untuk memberikan solusi untuk masalah ini). Ini juga merupakan alasan kenapa wanita bisa pergi ke kamar mandi bersama-sama dengan teman-teman sesama wanita, mereka hanya ingin berbagi pengalaman bersama-sama disuatu tempat di mana yang paling dianggap tidak ada orang yang bisa melihat mereka

Lihat Juga :  Apakah Adrenalin? - Kegunaan dan Manfaat Adrenalin

3) Hasrat dan jenis kelamin:

Daerah di dalam otak yang bertanggung jawab untuk hasrat seksual jauh lebih besar pada otak Pria,  dan sebagai hasilnya:

  1.  Pria memikirkan seks lebih sering daripada wanita
  2.  Pria lebih jauh tertarik dengan melihat penampilan wanita
  3.  Pria bisa dengan mudah melekat pada seorang wanita, hanya karena penampilannya yang hot.

Wanita lebih tertarik dengan kepribadian dan sumber daya seorang Pria, sedangkan pria cenderung mengidolakan penampilan fisik wanita,  dan bisa mengorbankan banyak sifat lainnya hanya demi mendapatkan hal yang paling menarik dengan seorang wanita.

4) Agresi vs diplomasi:

Wanita secara biologis akan menghindari konflik,  kecuali beberapa faktor psikologis lain yang mempengaruhi sifat asli mereka (seperti membenci identitas mereka, melihat protes maskulin ). Disisi lain, Pria pada umumnya jauh lebih agresif. Penelitian menunjukkan, bahwa laki-laki lebih baik dalam hal mengenali wajah yang sedang marah, daripada wanita. Hal ini yang memungkinkan Pria dengan cepat bisa mengenali siapa lawan-lawan mereka. Seorang wanita yang khas akan mencoba untuk menghindari konflik dan menjaga perdamaian, sementara seorang pria yang khas tidak akan mundur jika seseorang sedang mengancam atau menantangnya.

5) Berpikir logis vs pemikiran emosional :

Pria pada umumnya bisa mengambil keputusan tanpa terpengaruh emosi, sementara itu kebanyakan wanita pada umumnya lebih mempertimbangkan faktor-faktor lain yang terkait dengan emosi yang umumnya diabaikan oleh pria. Pada intinya wanita lebih mengedepankan perasaan, sedangkan pria lebih mengedepankan logika dalam berfikir mereka. Misalnya sebagai contoh, Pria dan Wanita yang akan membeli barang :

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: