Perbedaan Antara Otak pria dan Wanita

Secara fisik, biologis, dan psikologis, wanita dan pria sudah diketahui berbeda. Namun apakah otak pria dan wanita memiliki perbedaan?.. Otak adalah organ vital yang berfungsi untuk mengatur segala macam fungsi tubuh, dan memberikan manusia kemampuan belajar, menganalisa dan berfikir. Kalau otak Pria dan wanita ada bedanya, lalu apa pengaruhnya terhadap mereka?, termasuk cara berfikir dan sebagainya.

Baca juga : Perbedaan Pria dan Wanita secara Psikologis

Baca lebih lanjut untuk memperoleh informasi tentang perbedaan otak antara Pria dan Wanita

Perbedaan koneksi

Sebuah studi perintis telah menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa otak pria dan wanita  memiliki koneksi  secara berbeda, yang bisa menjelaskan beberapa perbedaan stereotip dengan perilaku pria dan wanita.

Para peneliti menemukan banyak koneksi dalam otak laki-laki yang berjalan antara depan dan belakang dari sisi yang sama pada otak. Sedangkan pada wanita, koneksi ini lebih cenderung untuk berjalan dari sisi ke sisi antara belahan kiri dan kanan otak.

Perbedaan dalam cara koneksi saraf di otak yang “tertanam” ini terjadi selama masa remaja, ketika banyak dari karakteristik seksual sekunder yang muncul seperti rambut wajah pada pria, dan payudara pada wanita yang berkembang di bawah pengaruh hormon seks.

Para peneliti mempercayai bahwa perbedaan cara koneksi otak ini bersifat bawaan, dan  bisa memainkan peran penting dalam hal pemahaman, mengapa pria pada umumnya lebih baik untuk melaksanakan tugas-tugas spasial yang melibatkan kontrol otot,  sementara wanita lebih baik dalam hal tugas-tugas lisan yang melibatkan memori dan intuisi.

Tes psikologi secara konsisten menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua jenis kelamin ini, yaitu dalam hal kemampuan untuk melakukan berbagai tugas mental. Pria ternyata melebihi wanita dalam beberapa tes,  sementara wanita mengalahkan pria lain. Sekarang kelihatannya ada penjelasan fisik, kata para ilmuwan.

Arsitektur otak manusia

“Peta ini menunjukkan adanya perbedaan mencolok dan saling melengkapi dalam arsitektur otak manusia,  yang membantu memberikan potensi dasar saraf mengapa pria unggul dalam tugas-tugas tertentu, dan wanita pada orang lain,” kata Ragini Verma, profesor radiologi di University of Pennsylvania di Philadelphia.

 perbedaan otak pria dan wanita

“Apa yang telah kami gidentifikasi adalah bahwa, ketika memandang dalam kelompok, ada sambungan yang tertanam secara berbeda pada otak pria dan wanita. Tes fungsional telah menunjukkan ketika mereka melaksanakan tugas-tugas tertentu, dan pria dan wanita melibatkan berbagai bagian dalam otak, “kata Profesor Verma.

Penelitian yang  dilakukan pada 949 orang – 521 wanita dan 428 laki-laki, yang berrusia antara 8 dan 22. Studi ini menemukan bahwa perbedaan otak antara kedua jenis kelamin ini hanya terlihat  jelas setelah memasuki masa remaja.

Sebuah teknik scanning otak khusus yang disebut dengan difusi tensor imaging, dapat mengukur aliran air di sepanjang jalur saraf, membentuk tingkat konektivitas diantara antara hampir 100 daerah diotak, dan menciptakan peta saraf pada otak yang disebut dengan “connectome”, Kata Profesor Verma. “Ini memberitahu Kita apakah salah satu wilayah otak secara fisik terhubung ke bagian otak yang lain, yang bisa membuat perbedaan yang signifikan diantara kedua jenis kelamin,” lanjutnya.

“Pada wanita, sebagian besar koneksi berjalan antara sisi kiri dan kanan pada dua belahan otak, sementara pada pria, sebagian besar koneksi berjalan antara depan dan belakang otak. ” Tandasnya.

Wanita lebih baik dalam tugas intuitif (melibatkan insting)

Karena koneksi pada otak wanita menghubungkan otak kiri, yang berhubungan dengan pemikiran logis dan yang terkait dengan intuisi, ini bisa membantu menjelaskan mengapa wanita cenderung lebih baik daripada laki-laki untuk tugas-tugas intuitif, tambahnya.

Intuisi adalah berpikir yang tanpa berpikir, maksudnya apa yang dikatakan orang sebagai insting. Wanita cenderung lebih baik dibandingkan laki-laki pada jenis-jenis keterampilan yang terkait dengan menjadi ibu yang baik.

Kognitif dan Gangguan neurologis

Banyak penelitian psikologi sebelumnya telah mengungkapkan perbedaan yang signifikan antara kedua jenis kelamin dalam hal kemampuan untuk melakukan berbagai tes kognitif.

Pria cenderung mengungguli perempuan untuk tugas-tugas yang melibatkan spasial dan keterampilan motorik, yaitu seperti membaca peta. Sementara itu wanita cenderung lebih baik dalam hal tes memori, seperti mengingat kata-kata dan wajah, dan tes kognisi sosial, yang mencoba untuk mengukur empati dan “kecerdasan emosional”.

Sebuah studi terpisah yang diterbitkan bulan lalu menemukan bahwa gen dalam otak manusia diekspresikan berbeda pada pria dan wanita. Tes post mortem pada otak dan sumsum tulang belakang dari 100 individu menunjukkan adanya perbedaan genetik yang signifikan antara kedua jenis kelamin ini, yang bisa menjelaskan perbedaan gender yang dilihat pada gangguan neurologis, seperti autisme, menurut para ilmuwan dari University College London.

Misalnya salah satu teori,  autisme  mempengaruhi sekitar lima kali lebih banyak pada anak laki-laki daripada perempuan. Hal ini adalah menjelaskan manifestasi dari “otak laki-laki ekstrem”,  yang dilambangkan oleh kegagalan untuk bisa menunjukkan empati terhadap orang lain.

Penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, menunjukkan bahwa perbedaan laki-laki dan perempuan “connectomes” berkembang selama pada usia yang sama dari terjadinya perbedaan gender terlihat dalam tes psikologi.

Satu-satunya bagian dari otak, dimana konektivitas kanan kiri yang lebih besar pada pria dibanding wanita adalah di otak kecil, bagian evolusi otak kuno  yang terkait dengan kontrol motorik.

“Peta connectome Detil otak tidak hanya akan membantu kita lebih memahami perbedaan antara bagaimana pria dan wanita berpikir, tetapi juga akan memberi kita wawasan yang lebih dalam akar dari gangguan neurologis, yang sering berhubungan seks,” kata Dr Rubin Gur dari Pennsylvania University, penulis penelitian.

loading...

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Berikan komentar Anda: