Penyebab terlambat datang bulan

Penyebab terlambat datang bulanDatang bulan atau menstruasi jika sampai terlambat biasanya akan memicu kekhawatiran wanita. Perubahan siklus dan masa  menstruasi ini akan  membuat emosi wanita menjadi ikut labil.Walaupun bagi wanita yang selalu mengalami terlambat menstruasi sehingga terbiasa, sebaiknya mengetahui apa penyebab terlambatnya datang bulan tersebut.Untuk itu anda sebaiknya concern terhadap kalender haid Anda.

Berikut beberapa Penyebab utama terlambat datang bulan:

1. Stres Berat.

Stress dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh. Terkadang karena padatnya aktifitas dan tuntutan pekrjaan bisa bikin, sehingga stres menjadi sesuatu yang tak terelakkan. Sebaiknya Anda mencari cara agar dapat santai melepaskan semua pikiran agar terhindar dari  stres. Stres, banyak fikiran hingga depresi bisa menjadi alasan mengapa menstruasi Anda jadi sering terlambat.

2. Perubahan jadwal kerja.

Misalnya saja  Anda berganti shift kerja, dari yang biasanya masuk pagi lalu dirubah menjadi masuk malam. Bisa jadi menstruasi akan terlambat, karena tubuh masih dalam tahap menyesuaikan diri dengan jadwal yang baru. Hormon reproduksi wanita bisa menjadi sangat sensitif.

3. Terlalu keras/banyak olahraga.

Olahraga yang diforsir atau terlalu berat dapat menyebabkan Amenorrhea (keadaan ketika wanita tak mengalami menstruasi), hal ini masih belum banyak orang tahu lho,,,. Hal ini biasanya dialami oleh para atlet. Karena pada atlet,  amenorrhea terjadi karena latihan dan olahraga yang keras yang disertai denga penurunan berat badan yang terlalu cepat. Olahraga terlalu keras akan mempengaruhi siklus menstruasi, seiring meningkatnya metabolisme tubuh.

4. Mengkonsumsi Pil KB.

Pil KB juga bisa membuat siklus mens jadi  terganggu.Pil KB digunakan selain untuk mencegah kehamilan, juga digunakan untuk mengontrol menstruasi , misal agar menstruasi ringan dan tidak terjadi setiap bulan. Akan tetapi  biasanya terlambatnya datang bulan  juga bisa terjadi karena efek samping pil KB.

5. Hamil.

Terlambat haid merupakan pertanda bahwa Anda hamil, jika Anda memang sebelumnya berhubungan intim dengan pasangan.Untuk itu, ada baiknya diperiksa apakah memang terjadi hamil, dengan cara menggunakan alat tester kehamilan.Kalau perlu dilanjutkan pemeriksaan oleh dokter kandungan.

Terimakasih telah membaca artikel Penyebab terlambat datang bulan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Curhat, Gaya Hidup, Wanita and tagged , .

Komentar: