Penyebab telinga sering berdenging


Bolehkah membersihkan telinga menggunakan cotton bud?Telinga yang berdenging menurut mitos yang seringkali dipercaya oleh masyarakat, khususnya didaerah jawa adalah karena sedang dibicarakan orang. Terlepas dari segala mitos yang berkembang mengenai telinga berdenging, ternyata ada gejala medis yang mungkin menjadi penyebabnya.

 

Inilah penyebab, pencegahan dan pengobatan telinga berdenging menurut medis:

Menurut medis, suara-suara yang didengar seseorang tanpa adanya sumber bunyi adalah gejala awal dari timbulnya kondisi yang disebut dengan tinnitus. Suara-suara tersebut bisa terdengar bising seperti desiran ombak, suara kereta, beredengung hingga suara seperti berdenging. Untungnya suara-suara karena kondisi tinnitus ini hanya terjadi untuk sementara.

Ada tiga bagian dari telinga yang bisa mengalami gangguan, sehingga tinnitus bisa terjadi.

  1. Area luar, yang meliputi daun telinga dan liang telinga
  2. Area tengah hingga meliputi telinga bagian dalam , termasuk rumah siput atau koklea dan saraf pendengaran.
  3. Area yang terhubung langsung dengan otak

Tinnitus sih sebenarnya tak perlu terlalu dikhawatirkan, hanya saja penyebab/pemicunya yang perlu dikhawatirkan. Sebaiknya tetap harus melakukan pemeriksaan kedokter, untuk mencari tahu penyebab sebenarnya dari telinga sering berdengung. Dalam beberapa kasus terberat, tinnitus merupakan salah satu tanda awal dari gejala kanker otak.

Tinnitus bisa terjadi karena ada beberapa kondisi yang dapat memicu, di antaranya seperti:

  • Terdapatnya kotoran pada telinga bagian luar, atau adanya bengkak di liang telinga.
  • Kemungkinan adanya infeksi di area tengah telinga, atau adanya cairan yang memicu terjadinya tinnitus.
  • Tinnitus seringkali timbul karena adanya sel-sel saraf pendengaran yang berada di dalam rumah siput, dan mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa terjadi akibat suara bising, konsumsi obat, atau adanya penyakit metabolik. Usia lanjut juga memungkinkan adanya kerusakan pada telinga area dalam sehingga terjadi tinnitus.
  • Adanya pembuluh darah yang terletak di dekat telinga, sehingga terdengar suara seperti denyut nadi.
Lihat Juga :  Akibat Pola makan yang buruk saat hamil

Pencegahan dan pengobatan tinnitus

  • Untuk mengatasi tinnitus, bisa mengambl obat-obatan yang mengandung niacin atau gabapentin. Suplemen yang mengandung zinc atau ginkgo biloba juga bisa meredakan ketidaknyamanan yang ditimbulkan tinnitus.
  • Selalu memperhatikan obat yang dikonsumsi, berhati-hatilah jika akan meminum obat yang mengandung ototoksik karena dapat merusak saraf pendengaran.
  • Hilangkan kebiasaan merokok, serta batasi konsumsi garam dan kafein.
  • Coba untuk tidak memusatkan pikiran pada bunyi yang terus-menerus terdengar didisekitar tempat beraktifitas sehari-hari.
  • Usahakan untuk selalu mendapat istirahat yang cukup bagi tubuh.
  • Jika bunyi berdenging masih tetap mengganggu, hindari suasana sepi dengan mendengar bunyi-bunyian lain yang lebih nyaman didengar misalnya musik.
  • Supaya telinga terhindar dari tinnitus, jangan menggunakan benda tumpul yang didekatkan telinga. Benda tumpul di sini termasuk pembersih telinga/cotton bud.
  • Berhati-hati dengan suara-suara yang keras yang dekat, misalnya suara bising yang terus-menerus seperti di pabrik. Anda juga bisa melindungi rumah siput dan saraf-saraf y dalam telinga dengan menggunakan pelindung telinga seperti ear plugs atau ear muffs.

Dalam keadaan yang normal, tinnitus umumnya akan hilang dengan sendirinya, atau suara-suara yang ditimbulkan lama-kelamaan juga akan membuat pendengaran menjadi terbiasa.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: