Penyebab sperma berwarna kekuningan


Penyebab sperma berwarna kekuninganAda banyak faktor penyebab sperma berwarna kuning atau kekuningan. Penyebab yang ang paling umum adalah karena usia, yang secara alami sperma mengambil pigmen warna kuning. Untuk pria yang berusia lebih muda, diet bisa berperan terhadap warna sperma. Infeksi ringan atau urin didalam air mani juga memiliki efek yang sama. Penyebab yang paling serius dari sperma kuning adalah penyakit menular seksual (PMS). Untuk kondisi PMS memerlukan pengobatan oleh dokter, dan pastikan tidak menular ke pasangan.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi sperma encer

Berikut sedikit penjelasan dari penyebab sperma berwarna kekuningan :

Karena usia

Sperma kuning adalah tanda alami dari proses penuaan pada pria umumnya, karena terjadi penebalan  cairan semen secara bertahap seiring usia. Efek yang sama juga bisa terjadi pada pria yang lebih muda yang mengalami dehidrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh tidak akan menggunakan banyak air untuk ejak*lasi nya sehingga mengubah komposisi sperma secara keseluruhan. Sperma dan kesuburan pria tidak terpengaruh dengan cara apapun.

Baca juga : Ciri Pria yang memiliki Kualitas sperma buruk

Diet tertentu

Diet tertentu juga bisa membuat sperma menjadi kekuningan. Makanan yang mengandung kadar belerang tinggi, seperti bawang putih dan bawang merah, misalnya bisa memberikan sperma semburat kekuningan. Seperti pada contoh di paragraf sebelumnya, perubahan warna ini tidak mempengaruhi kesuburan. Jika seseorang ingin mengembalikan warna spermanya menjadi normal, maka minumlah banyak air dan / atau mengubah pola makan.

Tercampur urin

Jika tidak buang air kecil dulu sebelum berhubungan seksual atau m*sturb*si, urin mungkin bisa bercampur dengan ejak*lasi, yang menyebabkan sperma kekuningan. Selain bisa menyebabkan perubahan warna, urin yang tercampur tidak memiliki gejala lainnya. Kecuali urin selalu tercampur kedalam sperma, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli urologi.

Lihat Juga :  Tanda dan gejala umum infeksi vagina (Vaginitis)

Infeksi ringan

Infeksi ringan bisa  menyebabkan sperma kuning. Banyak pria mengalami prostatitis, atau infeksi prostat. Dalam beberapa kasus, prostatitis asimtomatik bisa menyebabkan seseorang mengalami ketidaknyamanan, rasa sakit, atau kesulitan buang air kecil. Sperma kuning bisa terjadi dengan sendirinya, atau karena kombinasi dengan gejala lainnya. Dengan memeriksa sampel air mani yang diambil selama pemeriksaan prostat, ahli urologi bisa menyatakan jika adanya infeksi. Pemberian antibiotik singkat bisa menyembuhkan infeksi ini, dan mengembalikan sperma berwarna normal kembali.

PMS

Penyebab paling serius adalah bakteri penyakit menular seksual (PMS), baik gonore atau klamidia. Selain menyebabkan warna sperma menjadi menguning, penyakit ini juga menyebabkan sensasi terbakar dan debit kuning. Pengobatan sangat diperlukan untuk menyembuhkan kedua kondisi ini. Meskipun sejumlah antibiotik masih efektif untuk klamidia,  gonore menjadi resisten terhadap semua antibiotik kecuali satu. Jika kedua kondisi ini sudah diobati lebih awal, maka tidak akan ada efek samping yang abadi.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: