Penyebab Sering Mengalami Kesemutan

Penyebab terlalu sering mengalami kesemutanPenyebab Sering Mengalami Kesemutan – Kesemutan adalah suatu hal  yang biasa jika terlalu lama menekuk kaki, tangan atau pada saat tidur miring dan tak merubah posisi.Pada dasarnya, kesemutan merupakan pertanda jika ada saraf tepi yang terjepit.Kesemutan atau Paresthesia ditandai dengan rasa panas, tebal, seperti ditusuk tusuk jarum, geli, bahkan jika kesemutan terjadi pada kaki, akan sulit dan terasa sakit digerakkan.

Bagaimana jika terlalu sering kesemutan atau mengalami kesemutan tanpa diketahui sebabnya?,,Para ahli kesehatan mengatakan,  jika kesemutan itu bisa juga diakibatkan oleh penyakit lain!.

Penyebab Sering Mengalami Kesemutan

Selain terjepitnya saraf tepi akibat dari duduk,berbaring tanpa berpindah posisi dalam jangka waktu lama, gangguan syaraf tepi juga bisa diakibatkan karena sebab penyakit.Menderita penyakit diabetes melitus, radang persendian/arthritis, mengkonsumsi alkohol, kekurangan vitamin B12 atau ada gangguan penjepitan syaraf tepi secara spesifik pada tangan(mengalami sindrom).

Apakah kesemutan merupakan pertanda menderita penyakit diabetes melitus?

Tidak bisa dikatakan begitu saja, jika sering mengalami kesemutan dikaitkan dengan menderita penyakit diabetes melitus.Jadi untuk meyakinkan, anda harus melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Pada orang yang normal, penekanan syaraf tepi bisa mengakibatkan kesemutan(paresthesia), dan selanjutnya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.Namun jika anda terlalu sering mengalami kesemutan, padahal tidak merasa duduk atau tidur yang lama tanpa berganti posisi sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan.Terutama jika Anda sudah berusia 40 tahun ke atas, pemeriksaan kesehatan umum atau general check up sangat dianjurkan untuk mengetahui penyebab secara pasti.

Terimakasih telah membaca artikel Penyebab Sering Mengalami Kesemutan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan and tagged .

Komentar: