Sering buang air kecil, Ciri infeksi saluran kencing?

Penyebab Sering buang air kecil, Ciri sinfeksi saluran kencing?Sering buang air kecil, Ciri infeksi saluran kencing? – Dikatakan terlalu sering buang air kecil , atau terlalu sering mendapat dorongan untuk kencing yang berulang kali, padahal tidak minum air banyak memang bisa terjadi karena  adanya gangguan. Sering buang air kecil seperti itu dalam istilah kedokteran dikenal sebagai urinary frequency,  yang berarti adanya dorongan untuk berkemih berulang kali dalam sehari, bisa juga di waktu malam, namun dengan jumlah urine yang normal. Gangguan seperti ini seringkali juga diikuti dengan sensasi ingin kencing dengan segera, atau sulit ditahan (urinary urgency). Gejala seperti ini juga harus dibedakan dengan apa yang disebut dengan polyuria, yaitu dimana jumlah urine yang keluar lebih banyak dari 3 liter per hari.

Penyebab Sering buang air kecil, Gejala dan Ciri infeksi saluran kencing

Gangguan kencing urinary frequency ini umumnya karena adanya masalah pada saluran kemih bagian bawah, misalnya terjadi peradangan pada area tersebut. Penyebab yang paling sering adalah adanya infeksi di saluran kemih. Penyebab paling banyak lainnya bisa juga adanya pembesaran prostat (umumnya pada pria lanjut usia), atau bisa juga batu saluran kemih.

Penyebab lain dari sering buang air kecil bisa juga dikarenakan efek obat, minum alkohol, kopi, masa kehamilan, dan bisa jenis gangguan  saluran kemih lainnya.

Cara mengenali gejala sering kencing dengan mengevaluasi riwayat perjalanan penyakit

Pertama, Lihat riwayat perjalannannya, misalnya berapa jumlah cairan yang diminum dan berapa cairan yang dikeluarkan melalui air seni. Ini untuk membedakan dengan gejala penyakit kencing polyuria).

Kedua, adakah gejala gangguan saluran kemih, yaitu misalnya sulit menahan untuk berkemih, rasa tidak nyaman ketika kencing, rasa tidak tuntas ketika selesai berkemih, dan lain-lain. Dan yang perlu juga diketahui lainnya adalah aktivitas seksual yang telah dilakukan.

Ketiga, Adakah demam, nyeri pada area kelamin, payudara membesar, atau  siklus haid yang terlambat (pada wanita).

Jika hal seperti ini masih berlanjut, tentunya harus segera untuk mengetahui secara pasti masalah sering buang air kecil ini dengan memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan nantinya akan difokuskan terhadap saluran kemih, dan pemeriksaan penunjang yang mutlak diperlukan adalah pemeriksaan urine.

Infeksi saluran kemih adalah keluhan yang paling sering dialami oleh wanita dan anak-anak. Konsumsi minuman kopi atau minuman mengandung kafein juga bisa menimbulkan gejala seperti ini pada orang yang sehat. (Sumber id.yahoo)

Terimakasih telah membaca artikel Sering buang air kecil, Ciri infeksi saluran kencing?. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Jenis jenis penyakit, Kesehatan and tagged , , , .

Komentar: