Penyebab rambut cepat beruban

Penyebab ubanan diusia diniPenyebab rambut cepat beruban – Mungkin Anda sering melihat orang disekitar Anda rambutanya sudah memutih semua alias banyak sudah ubanan, kalau memang sudah nenek atau kakek sih lumrah. Tapi ini beda, karena orang tersebut sebenarnya masih berusia sangat muda. Atau justru kebalikannya, usia sudah tua, namun rambut masih tetap hitam alami. Pertanyaannya, apa sih faktor rambut cepat beruban diluar faktor usia?. Jangan terlalu percaya tentang banyaknya mitos yang menjadi penyebab munculnya uban secara dini.

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan uban muncul sebelum waktunya

Rambut beruban diakibatkan oleh kondisi berkurangnya zat yang bernama melanin, sehingga warna hitam pada rambut menjadi berkurang. Berkurangnya zat melanin pada rambut terjadi karena beberapa faktor pemicu.

Karena usia

Sudah pasti, Faktor utama yang menjadi pemicu berkurangnya zat ini adalah faktor usia, karena semakin bertambahnya usia anda tentunya tubuh menjadi sulit memproduksi zat pigmen seperti melanin tadi. Jadi lumrah, jika orang semakin tua maka rambutnya akan semakin memudar menjadi putih.

Keturunan

Faktor penyebab kedua ubanan adalah karena faktor keturunan. Faktor keturunan juga merupakan salah satu penyebab munculnya uban pada rambut anda. Jika orang tua Anda memiliki riwayat beruban pada saat masih muda, kemungkinan faktor penyebab ubanan yang terlalu dini yang terjadi pada anda adalah faktor keturunan. Hal ini karena tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam membentuk suatu sel pigmen dalam tubuh. Dan jika dalam silsilah keluarga anda memiliki riwayat tumbuhnya uban lebih dini ,  anda juga akan memiliki resiko rambut beruban lebih cepat sebelum waktunya.

Stress

Penyebab lain munculnya uban sebelum waktunya adalah faktor stress yang sering dialami dalam kehidupan anda. Ketidak seimbangan emosional akan berdampak pada semakin kurangnya tubuh memproduksi zat pigmen rambut/melanin , dan ini tentu  akan berimbas pada lebih cepatnya  muncul  uban pada rambut anda. Agar terhindar dari stress, salah satunya adalah mengatasi kebosanan Anda

Kurang gizi

Kurang seimbangnya asupan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh juga dapat mempengaruhi  produksi zat melanin. Dengan demikian, ketidak seimbangan atau kurangnya asupan nutrisi dapat berpengaruh pada  warna pada rambut anda. Kurang seimbangnya asupan gizi tertentu juga menjadi penyebab rambut rontok.

Mitos yang mengatakan jika sering mencabuti uban, maka uban justru  akan semakin cepat meluas adalah salah. Karena  tubuh sudah tak mampu lagi memproduksi zat melanin, maka rambut yang telah dicabut tetap saja akan digantikan oleh rambut yang putih. Jikalau Anda memang sudah tua, berbanggalah karena anda ternyata bisa tua, dan tak perlu cabuti. :)

Sebagian orang ada yang mengukur tingkat kedewasaan dan kewibawaan dari uban yang muncul. Akan tetapi jika uban muncul sebelum saat yang tepat, tentu bisa menimbulkan krisis percaya diri. Untuk itu, menjaga pola makan, gaya hidup, tidak stress bisa anda lakukan sebagai antisipasi agar uban tak semakin cepat meluas.

Terimakasih telah membaca artikel Penyebab rambut cepat beruban. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kecantikan, Tahukah, Wanita and tagged , , , , .

Komentar: